Rabu, 29 Juli 2015

Jalan seru ke Semeru

Siapa yang ga tau Gunung Semeru? nampaknya ga ada sih ya. Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa dengan ketinggian 3676 mdpl. Banyak banget orang yang pengen ke kawasan ini soalnya ada ranukumbolo, danau yang indah banget.





Jadi kemaren ini pas bulan puasa gue dan 6 temen berangkat ke semeru (kalo mau liat foto-foto kami disana cek hashtag di instagram #SaptaKsatriaBhinneka). Kenapa kita pilih pas puasa, soalnya kalo puasa biasanya sepi ga serame hari-hari biasanya. Kalo pas hari biasa, kita harus daftar online dulu, karena kuota untuk mendaki ke semeru dibatasi karena saking ramenya yang mau mendaki ke gunung ini.



HOW TO GET THERE
Perjalanan ditempuh dari kota Malang, gue naek motor sampe ranupane sekitar 3 jam, lanjut jalan kaki sekitar 4-5 jam ke Ranukumbolo ngecamp semalem abis itu lanjut ke kalimati sekitar 4-5 jam juga dari ranukumbolo, malemnya jalan ke puncak sekitar 6-7 jam perjalanan. Gue saranin kalo niat mau summit / muncak, siapin peralatan yang super lengkap, soalnya harus bener-bener siap peralatan dan terutama mental.


Bunga verbena yang boleh dipetik karena parasit

Jalur yang ditempuh sampe Ranukumbolo ga terlalu sulit walau kalo buat pemula memang cukup berat, dari Ranukumbolo ke Kalimati lumayan sulit karena banyak nanjaknya, dari Kalimati ke puncak itu cukup sulit, terutama karena pasir yang lumayan dalem.

Ranukumbolo
Danau yang ada di kawasan semeru ini jadi salah satu danau yang paling pengen dikunjungin oleh para pelancong dalam negri terutama, karena emang tempat ini bagus banget, pemandangan yang indah juga gampang buat dapet air buat yang suka ngecamp.


Taken with Panasonic Lumix GF7

Danau ini ada di ketinggian 2400mdpl, kalo lagi beruntung lo bisa liat danau yang berasep di pagi hari pas matahari terbit, karena emang dingin banget sih, pas gue kesana itu pas malem sampe -8'C suhunya.




OOTDEH LOL

Saran gue kalo mau kesini, bawa perlengkapan yang bikin lo anget, karena dingin banget. Pesen gue kalo kesini jangan nyampah ya, supaya danau ini masih bisa tetep indah sampe anak cucu kita nanti bisa nikmatin juga, jadi bawa balik sampah yang udah lo bawa dari bawah, jangan ditinggal. Kalo mau ambil air/cuci piring/sikat gigi, ambil air dan lakukan kegiatan di samping danau, jangan lo celupin kaki lo ke danau buat ambil air, ambil dari arah samping kanan danau yang ada batang kayu tumbangnya.



Perjalanan ke Puncak Mahameru
Perjalanan gue tempuh dengan semangat dan santai serta rasa percaya diri buat bisa sampe puncak, tapi ga mau maksa. Dari Ranukumbolo gue jalan melalui tanjakan cinta dan menyusuri oro-oro ombo, lalu ke cemoro kandang. Perjalanan sampe cemoro kandang cukup biasa aja, karena lebih datar dan turun dikit, nanjak pas di tanjakan cinta aja, nah lalu dari cemoro kandang agak lumayan sulit karena nanjak terus sampe jambangan, di jambangan gue bisa liat dengan jelas puncak gunung semeru yang seolah-olah manggil dan bikin gue makin semangat, lalu dari jambangan ke kalimati lumayan santai karena turunan. Sesampainya di kalimati, waktu itu angin lagi kenceng banget jadi kita langsung bikin tenda. Istirahat sampe sekitar jam 11 malem, dan perjalanan ke puncak pun dimulai. Yang tersisa sekarang cuma gue, Gamal dan Egy, karena Seno, Krishna, Kevin sama Harwin nunggu di ranukumbolo. Semua perlengkapan yang ga dibutuhin buat summit, kita simpen di tenda di kalimati. Jadi naek ke puncak cuma bawa ransel kecil aja. Ga perlu takut ilang barang, kalimati aman kok. Jalanan gelap banget dan angin lumayan kenceng pas kita naek, jam 1 malem sampe di batas vegetasi arcopodo, dan kita lanjut ke puncak yang pasir semua.



Akhirnya sampe di puncak sekitar jam 6.30 pagi, gue pas sampe puncak mewek, cengeng? cobain dulu, mungkin lo kuat, gue sih terharu. haha. Sayang banget cuma bisa bentar di puncak soalnya anginnya meninggal, kenceng banget, lagipula ga boleh ada di puncak lewat dari jam 10 pagi karena katanya suka ada gas beracun yang membahayakan. Di atas bagus banget pemandangannya, gue bangga sama diri gue bisa sampe atas, tapi gue banyak belajar dari perjalanan yang gue tempuh sampe puncak.




Perjalanan yang ditempuh ke Semeru ga gampang, banyak pengorbanan, usaha dan canda tawa. Tapi emang bener sih, bukan puncak yang kita tuju, tapi diri kita sendiri. Dengan naek gunung biasanya kita bisa lebih kenal diri kita lebih lagi. Yang pasti jangan pernah tinggalin apapun di gunung selain jejak kaki kita.



Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!

Cheers,


Febrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar