Sabtu, 28 Januari 2017

Mendadak Chiang Mai!


Perjalanan gue kali ini berawal dari bercandaan bareng temen-temen pas lagi kumpul, yang awalnya nanya eh Januari ini pada kemana, berakhir beli tiket ke Bangkok dan ga beli tiket pulang. Sungguh ini memang langkah yang sangat berani, tapi ya udahlah ga ada salahnya dicoba.  Dengan tiket berangkat ke Bangkok akhirnya gue memulai perjalanan bertolak ke Thailand dengan tujuan utama ke Chiang Mai. Gue pilih Chiang Mai karena gue lebih ke nature person than city person, jadi pasti gue lebih pilih Chiang Mai dibanding Bangkok. 

Ada yang ngomongin lo? Ketawain aja. Bangkok 2017.

Bangkok

HOW TO GET TO CHIANG MAI FROM BANGKOK

Banyak cara menuju Chiang Mai dari Bangkok, bisa naek bus, kereta atau pesawat. Denger dari temen kalo naek bus lama, terus pas coba cek kereta harganya lebih mahal dari tiket pesawat, ya udah gue naek pesawat cuma sekitar 1 jam dari Bangkok. 

Blue sky in Chiang Mai is lovely

NGAPAIN AJA SIH DI CHIANG MAI

1. Makan 

Udah pasti makan ya, makanan thai tuh enak banget, yang gue suka dari makanan thai tuh karena rasanya yang kaya banget sama bumbu, asem, manis, gurih dan pedes. Kalo lo makan pork, coba cari yang jual pork legs dan penjualnya pake topi koboy di night market di pusat kota, enak gila tu makanan. Haha. Tapi udah pasti tom yum harus dicoba banget, ada yang beda makanan di Chiang Mai (Nothern Thai) sama Bangkok (Southern Thai) makanan disini ada pengaruh India-nya. 

Taken by Panasonic Lumix GX8 

Photo by @kabutipis
The best chicken rice I've ever had

2. Doi Suthep 

Ada banyak pagoda / temple di city tapi ada 1 yang iconic banget disini, dan agak lebih sedikit ke atas Chiang Mai lagi, sekitar 30 menit dari pusat kota lah, bisa naek motor sewa sekitar 100baht / 40rb rupiah per hari atau mobil 800baht / 320rb rupiah per hari, tinggal pilih aja. Harus naek tangga tak berkesudahan tapi its all worth it, soalnya emang bagus banget pagodanya di atas. Semuanya berwarna emas, beda banget ama Wat Pho di Bangkok deh, disini lebih berasa sakral dan menarik. Nama templenya adalah Wat Phra That Doi Suthep.

Wat Phra That Doi Suthep

3. Mae Sa 

Mae Sa ini terletak di luar pusat kota Chiang Mai, kaya semacem Bogornya gitu lah kalo dari Jakarta. Ada macem2 disini dari elephant sanctuary sampe Tiger Kingdom, tapi yang menarik perhatian gue adalah ada satu tempat namanya Baan Tong Luang Village disini masuknya agak mahal sih, sekitar 200rb rupiah / 500baht per orang, jadi disini kaya semacem tempat yang dijadiin lokalisasi beberapa suku yang ada di Thailand, menarik bgt kita bisa liat rumah dan keseharian mereka dan ada suku Kayan (Long Neck Women) ini yang emang gue pengen tau banget sangat menarik soalnya, nanti akan gue bahas sendiri tentang suku Kayan dalam tulisan terpisah ya, oh iya disini juga Mae Sa Waterfall, well ga sebagus air terjun yang ada di Indonesia, tapi okelah.

Kayan Woman and her friend

Weaving time

What a lovely girl

I'm amazed with her earings
Mae Sa Waterfall

4. Grand Canyon Chiang Mai

Lokasinya ada sekitar 30menit dari pusat kota Chiang Mai, tempat ini merupakan bekas kerukan gitu, tapi dikelola dengan baik, jadi menarik banget, hebat deh Thailand ini, sesuatu yang ga kepake dipake dan dijadiin atraksi yang menarik, ada kolam buatan yang lumayan gede dan dalem, semua disini kalo berenang harus pake pelampung (safety first) dan juga bisa loncat dari ketinggian 10-15 meteran lah, gue coba ini berkali-kali banget hahaha. Seru sih, adrenalin rush. Murah kok tiket masuk kesini, paling sekitar 20rb setara 50baht. 

Chill aja bro

loncat dulu sebelum diloncatin

Bahagia itu sederhana

Banyak banget yang bisa dilakuin di Chiang Mai sebenernya, tapi ga semua gue coba karena gue tiba-tiba ada message dari temen gue di Myanmar buat ngunjungin dia disana, kemana aja ya gue di Myanmar? Ada apa sih di Myanmar? Bakal gue tulis di tulisan selanjutnya yah. Chiang Mai sangat menarik buat dikunjungin, saran gue mungkin 4 hari 3 malem udah cukup banget di Chiang Mai, makan gampang, yang halal juga banyak, dan murah. Bisa jadi salah satu pilihan buat lo yang mau ke Thailand, tapi bosen ke Bangkok atau Pattaya doang, kalo ada yan mau ditanyain, boleh tulis komen di bawah, atau langsung kontak ke email gue yah, thanks for following my journey! 
The morning after Anne's bday 

Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan! 


Cheers, 



Febrian 


10 komentar:

  1. Total budget yang dihabiskan selama di sana berapa kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar 4jutaan lah kalo chiangmai doang

      Hapus
  2. 20ribu setara 50baht, Mas Feb. ;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya deng, makasih udah koreksi hehehehe

      Hapus
  3. Wah, pas banget lagi mau explore Thailand.

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Wah terima kasih ehehehe, jadi sepatu yang bagus buat naek gunung yang mana?

      Hapus
  5. langsung gw share ke suami biar mau kesana :p

    BalasHapus
  6. Kak klo dari bandara chiang mai mau ke Baan Tong Luang naik apa ya kalo backpackeran? Thank youu

    BalasHapus