Jumat, 03 Februari 2017

The Magical Bagan

Jauh sebelum gue berangkat ke Myanmar, gue dulu pernah ketemu sama seorang blogger Indonesia ternama koh @kopertraveler di Senayan city, dan pas ngobrol dibilang bahwa gue harus banget berkunjung ke Bagan, itu pertama kali nya gue denger nama Bagan, setelah akhirnya denger nama Bagan pas sampe Yangon dikasih tau sama Ingrid temen gue yang udah 1,5 taun tinggal di Yangon ini. Bagan itu terkenal banget dengan kota dengan 10.000 candi, well sekarang kalo menurut penduduk setempat sekitar 2000 - 3000 candi yang masih utuh dan bisa diliat. 

Taken by @kabutipis

HOW TO GET TO BAGAN FROM YANGON

Banyak jalan menuju Roma, tapi ga banyak pilihan menuju Bagan, cuma ada bus, well banyak bus yang bisa dipilih sih, dari bus biasa sampe bus VIP atau mau naek pesawat bisa juga ke Mandalay tapi tetep harus nyambung naek bus lagi, daripada pindah-pindah repot, mending langsung aja naek bus dari Yangon gak sih? Saran gue naek bus JJ Express namanya, itu satu-satunya bus paling nyaman dan paling bagus, dan harus book jauh-jauh hari yah, karena busnya terbatas dan daripada dapet bus lain yang ga nyaman, mending ketika beli tiket pesawat sekalian beli tiket bus juga disini. Harganya 27.000 kyats atau setara 270.000 rupiah ($25), berapa lama? 10 jam aja kok, makanya enakan naek bus malem aja, subuh-subuh udah sampe disana deh. Busnya itu akan berhenti beberapa kali untuk toilet dan makan, jadi saran gue sih kalo lo emang mau tidur, bilang dari awal ke mbak/masnya ga usah dibangunin pas berhenti. Busnya senyaman itu kok, bisa diselonjorin, dapet selimut dan bantal juga, jadi inget yah harus JJ Express kalo mau nyaman. 

Chill aja, ga usah ribet

ADA APA SIH DI BAGAN?

1. Balon Udara 

Jadi di Bagan ini selain kaya yang tadi gue bilang bahwa Bagan dikenal dengan kota dengan 10.000 candi, Bagan juga terkenal banget dengan Balon udara yang ada dari bulan Oktober - April di saat sunrise, Jadi bulan sebelum Oktober atau setelah April ya ga ada balon udaranya. Gue sampe disana dan rental mobil bisa share sampe ber 4 sekitar 500 ribu rupiah tapi kan bisa share dan dari sunrise sampe sunsuet jadi it's totally worth it buat harga segitu, termasuk driver dan mobil berAC serta bensin, lagi-lagi lo harus mastiin kalo mobil yang lo sewa itu AC dinyalain, ada sewa e-bike juga sih dari 80ribu - 100ribu rupiah harganya sehari. Nah si balon udara ini tentunya bisa lo naekin dong yah harganya sekitar 3,5 jt an per orang, mayan mahal sih, jadi gue ga sempet nyobain naek balonnya, cuma bisa dadah-dadah aja sambil ngerasain di "good morning" in dari atas balon udara. 

Liat ini, gue mewek banget sih
isn't it magical?

2. Candi-candi / Pagoda

Seperti gue bilang sebelumnya kan ya Bagan emang terkenal dengan Kota dengan 10.000 temples, tapi udah tinggal 2.000 - 3.000an sekarang, tapi tetep aja masih banyak banget, jadi siapin kalo mau kesini, siapin mental buat mabok candi, karena ya isinya emang candi-candi semua, tapi one of my fave is Ananda temple. Oh iya pake baju yang sopan yah, dan sendal is more than enough, karena setiap masuk temple / pagoda lo harus bare foot banget alias nyeker, jadi repot kalo harus pasang copot sepatu tiap masuk temple, siapin aja tissue basah buat lap kaki lo, karena debuan banget. 

Beginilah kenapa gue saranin lo buat nyeker
Cuma pake shampo kok, hahaha.
Berapa temple? Ratusan, lebih.
Selfie with locals
Kedipin dulu ah

3. Mount Popa

Jadi sekitar 50km dari  Bagan, ada tempat yang namanya Mount Popa, kalo lo udah sewa mobil pun, kalo kesini tetep harus bayar tambahan, karena semacam kaya keluar kota gitu kan, dari kejauhan sih emang bagus banget ni tempat, jadi ada sebuah pagoda di atas gunung batu gitu, yang kalo mau kesitu harus lewatin 777 anak tangga  dan monyet-monyet nakal (@kabutipis berantem tuh ama monyet nya pas kesitu, haha) dari jauh memang bagus, tapi pas kesana naek tangga capek banget dan banyak monyet, sampe atas gitu doang, jadi ga bagus dan saran gue sih ga perlu kesini, well kalo penasaran sih coba aja, tapi not recommended at all. Itu pendapat gue ya, kalo pendapat orang lain ga tau deh. 

Monyet nakal yang berantem ama @kabutipis hahaha
The view from top
Mount Popa dari kejauhan, cakep, disitunya sih ya gitu aja
Hey, aku sendiri aja nih, temenin dong?

Jangan ditiru, ampir jatoh ketiup angin.

Hotel kalo disini banyak banget, kalo mau yang murah di daerah New Bagan, kalo mau yang deket ya di Old Bagan, banyak kok di website-website pencari hotel, kalo gue kemaren nginep di Aung Mingalar Hotel, enak, murah dan bersih kok, harga taksi dari bus station ke hotel gue sekitar 50rb per orang lah, tapi sharing sama yang lain, kalo ada yang nawarin naek andong, mending ga usah, dingin kalo subuh, lain kalo siang-siang yah. 

Nah kalo siang naek ginian gapapa deh tuh yah

Buat lokasi Sunrise yang bagus ada di 2 tempat, yang deket ama balon dan yang jauh ama balon, tinggal lo pilih aja mau yang mana, orang-orang sana pada tau kok, dan bisa tanya hotel, tapi kalo mau tau lokasi pilihan gue, email aja atau komen, ntr gue bisikin, haha. Kalo Sunset sih bisa di lokasi Sunrise yang jauh dari balon udara atau di Sungai yang semua orang juga tau. I prefer sunset around the river though. 

Liat ga balon2 itu yang bikin gue mewek

Super kegirangan karena emang girang banget liat ginian, mau tau lokasinya? Tanya aja ntr gue bisikin spot ini dimananya.
Bagan is really magical, sumpah gue mewek pas liat sunrise dan balon udara berterbangan depan mata, sekaligus view yang bagus banget, dan gue tuh emang ga plan sama sekali buat berangkat kesini, emang yah sesuatu yang ga direncanakan dan ga ada ekspektasi apapun di awal itu selalu mengejutkan dan bikin kaget, kejutannya memang bisa bagus atau jelek, tapi puji Tuhan banget kejutan yang dikasih sama Bagan ke gue ini in a good way. So come to Bagan and feel the magical moment of this magical city. Kalo ada yang mau ditanya lebih lanjut silahkan komen di bawah, atau bisa email gue langsung, sebisa mungkin kalo gue tau dan bisa, pasti akan gue jawab, abis ini gue bakal pindah ke kota terakhir yang gue kunjungin sebelum pulang ke tanah air, Inle Lake. Banyak juga yang pengen gue share tentang kota terakhir yang gue kunjungin ini, sampai jumpa di tulisan berikutnya ya!


Ini nih yang bikin gue paling mewek dari spot pertama liat sunrise, ramenya audubilah sih.

Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!


Cheers,



Febrian

5 komentar:

  1. Kak feb ya Tuhan, ak yg liat fotonya aja pengen mewek bagus banget sik, mw tanya itu yg foto terakhir, buat moto balon udara dari atas mesti naik tangga sampe 777 anak tangga juga? (ak anaknya cemen duluan kalo capek duluan) ahaha infonya ya kak, makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha kalo mau naek balon udara ya ga harus naek 777 anak tangga lah, kan balonnya diterbangin dari bawah. makasih udah mampir yah. :))

      Hapus
  2. Akhirnya bagan publish.. liat fotonya aja meleleh. Kece parah !! Makasih ya kak buat ceritanya. :)

    BalasHapus
  3. Makasih ceritanya Feb..Memang nggak pernah bosan baca ttg Bagan..
    Feb..Untuk telp..kamu beli nomor lokal? Kalau iya ..Belinya pas di airport atau dimana?....tqs infonya/tipsnya..

    BalasHapus
  4. njirrrr foto terahir keren amat

    BalasHapus