Senin, 15 September 2014

Sempu sempurna

Jadi mari kita mulai cerita tentang pulau sempu. Adalah sebuah pulau di daerah malang. Pulau ini konon merupakan pulau konservasi, jadi ga semua orang bisa masuk seenaknya, tapi dari beberapa cerita temen, pulau ini masih sangat alami dan sangat indah. Dan ternyata memang indah sangat.
































1.HOW TO GET THERE
Dari kota malang, harus naek motor atau mobil (terserah mau pilih yang mana bisa sewa di malang, karena susah angkutan umum) ke pelabuhan sendang biru dekat TPI (tempat pelelangan ikan) sekitar kurang lebih 3 jam perjalanan, lalu dilanjutkan dengan naek kapal ke pulau sempu hanya 10 menit perjalanan, lalu terakhir kita harus tracking selama kurang lebih 1,5 jam melalui hutan dan jalan setapak, lalu sampailah di pantai yang keren ini.
























2. WHAT SHOULD YOU BRING
Kalo mau nginep dan ngecamp ya bawa tenda dan perlengkapan makan dll. Yang pasti harus bawa banyak air bersih, karena di pulau sempu ga ada air tawar kecuali kalo mau tracking lg kurang lebih satu jam ke pantai pasir panjang. Disarankan pake sendal gunung aja, biar ga ribet buat tracking atau maen di pantai. Juga karena medan yang dilalui lewat air semata kaki dari turun kapal ke pos menuju pantai.




3. WHY YOU SHOULD GO HERE
Pulau sempu bukan pulau yang sudah banyak diketahui orang, dan terkadang gue seneng, karena ga semua orang yang mau nikmatin keindahan alam dan ngejaga alam untuk tetap indah. Dari tenda yang gue dan temen2 bikin, langsung menghadap ke pantai yang indah ini. Kalo pagi2 airnya masih sangat surut, siang jam 11an baru airnya naek. Pantainya dikelilingin oleh hutan dan batu karang yang besar, sehingga masih sangat alami. Air laut masuk melalui sebuah bolongan karang, sungguh indah. Setiap ombak dari luar karang menghantam karang, air masuk ke pantai seperti air terjun dari karang. Bawah air didominasi pasir, kalo beruntung lo bisa liat sedikit ikan laut dan coral, harus hati2 kalo mau berenang juga, karena banyak batu karang yang tajam. Di sepanjang pulau sempu ada sekitar 9 sampe 10 pantai yang bisa diliat, pantai paling ujung namanya pantai penyu, membutuhkan waktu 3 jam perjalanan jalan kaki melalui hutan dan tebing. Tapi gue cuma bisa mengunjungi 4 pantai kemaren, itu aja udah bikin pengen balik lagi dan nge camp lebih dari sehari, supaya bisa liat semua pantai yang ada disana. Batu karang yang besar2, menjadi hiasan hamparan laut yang disertai ombak yang sangat besar. Tempat ini masih sangat alami dan memanjakan mata siapa aja yang ngeliatnya. Gue saran kan kalo mau kesini mending nginep minimal satu malem, di malem jam 8-11an bisa liat bintang yang jumlahnya sangat banyak, sekitar jam 1 maleman akan ada bulan yang muncul menerangi, sangat indah pokoknya.



  




















Buat liat keindahan alam yang luar biasa itu ga gampang dan banyak rintangan yang dihadapin, tapi sesampainya di tujuan, pasti semua rasa cape ilang, gitu juga dengan hal apapun, jangan pernah menyerah dalam menghadapi masalah, karena setelah masalah itu bisa dilewatin pasti kita dapet sesuatu yang luar biasa.

Selalu ada hal yang baru dalam perjalanan yang baru. Selamat jalan-jalan semoga kita berapapasan. 

Cheers,


Febrian

6 komentar:

  1. That's cool.. Hopefully i can travelling with you bro.. hmm

    BalasHapus
  2. Eh Sempu ini bukannya cagar alam ya? Saya dari dulu menghindari berkunjung ke sini gara-gara takut mengganggu ekosistemnya, soalnya pernah baca berita kalau banyak banget yang ke sini sampai-sampai sampahnya menggunung ;'(

    Keep on travel bro. Salam lestari :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang betul kawasan ini tidak dibuka untuk pariwisata, tapi kami kesini sekalian kerja bakti memungut sampah sekitar dan waktu kami kesana, tidak banyak sampah dan bersih, salam lestari (:

      Hapus
  3. Ceritain perjalanan ke taman nasional baluran dong, saya mau kesana tapi budget backpacker, terimakasih

    BalasHapus
  4. Selamat datang di kota ku Kak Febrian. Sempu memang sempurna bak mini Raja ampatnya Kota Malang. Bisa dong kita travelling bareng. Kapan explore Jawa lagi. Gue tunggu, Good Job Kak.

    BalasHapus