Sabtu, 22 November 2014

Taman nasional baluran

Salah satu keinginan gue adalah melihat keindahan hamparan rumput kering dan sedikit pohon besar di dataran luas dan dilatarbelakangi oleh gunung, dan keinginan gue tersebut sudah terwujudkan, dengan melihat itu di taman nasional baluran yang berada di ujung kanan pulau jawa kalau diliat di peta.
















Taman nasional baluran merupakan salah satu taman nasional yang terbesar yang ada di Indonesia, luasnya mencapai ... googling aja sendiri ya, gue males nyeritain begituan, ga asik. Pokoknya kalau mau kesini dan ngeliat savana kaya di afrika, dateng aja pas musim kemarau atau antara bulan juni-agustus, niscaya lo akan menemukan hal seperti yang ada di foto berikut.



































Waktu itu ga berencana untuk ke baluran sebenernya, jadi waktu itu gue lagi maen aja ke Malang berkunjung ke teman-teman asoy yang ada disana, eh taunya malah ke sempu, abis itu surprisingly tercetus untuk pergi ke baluran, kalo mau nanya cara kesana gimana, lagi-lagi googling aja ya, gue cuma bakal ceritain gimana gue ke baluran dari malang, yaitu patungan sewa elf beramai ramai belasan orang patungan 100-200rb per orang berangkat subuh dan sampe malang lagi subuh, perjalanan dari Malang ke Banyuwangi gak lama kok, cuma 8 jam, hehe. Sebentar kan, menurut gue sih. hehe.


Dari pos masuk yang cuma sekitar 10rb per orang ke savana lumayan jauh kalo jalan kaki, tapi kalo naek mobil jauh juga sih, karna jalanan sangat kurang baik, jadi disarankan pake sendal yang kalo mau jalan kaki ke dalem, kecuali kalo pengen kaki lo luka-luka. Banyak hewan yang seliweran gitu aja, seperti monyet, merak, rusa, kerbau, dan burung-burung, konon katanya ada banteng, tapi susah untuk ketemu banteng, jauh lebih susah dari ketemu gue, sedih ya, iya. Jadi gue ga liat banteng pas gue disana, huft.
















Nah sampe di savana bakalan terkesima banget sih, karena indah banget (walau panas banget) bawa minum yang banyak ya, beli aja di minimarket depan pintu masuk sebelum belok. Kata orang-orang ini Africa van Java, kata gue ini adalah Baluran, ya kan emang itu namanya. Ada semacem gardu pandang, dari atas situ lo bisa liat baluran keseluruhan, bagus deh, jadi walau capek kepanasan, lo harus naek kesitu ya kalo pas lagi mampir kesini.






























































Di paling dalem ada pantai bama ga pake o, pantainya bagus deh, foto-foto disitu keren, kaya asli-asli, yang paling keren ada KANTIN, hahaha. Pas elf parkir, yang kami serbu adalah kantin bukan pantainya karena kami haus dan lapar. hahaha. ironis, enggak sih realistis, abis itu baru deh ke pantainya. Pantainya bagus, tenang tanpa ombak, enak banget nikmatin sunset sambil tiduran dibatu-batu gede.






























Taman nasional baluran indah, tapi masih harus dikelola dengan baik, misalnya pembetulan jalanan dari loket ke savana, oh iya di dalem sini ada penginepan tapi gue ga tau harganya, googling aja jangan males, pokoknya lo harus banget kesini, kalo ga, ga lengkap hidup lo. :D



Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan.

Cheers,



Febrian










1 komentar:

  1. lebih detail dong mas biayanya buat yg baru mulai traveling ada patokan biayanya heheh,makasih foto di ignya jg mantep mas

    BalasHapus