Kamis, 12 Februari 2015

Bromo experience

Enggak semua gunung harus didaki untuk sampai ke puncak, salah satunya gunung Bromo. Gunung ini cuma membutuhkan jeep, motor atau kuda dan menaiki beberapa tangga untuk sampai ke puncaknya dan melihat kawahnya. Bromo merupakan kawasan dari Taman nasional tengger semeru, gue udah beberapa kali ke Bromo, tapi baru sekarang gue tulis cerita pengalaman gue kesana.





HOW TO GET THERE
Gunung bromo terletak di daerah Jawa timur sekitar 3-4 jam berkendara dari Surabaya atau Malang, jadi bisa naek kereta, pesawat atau mobil sampe ke Surabaya/Malang baru deh jalan ke kawasan bromo, banyak penginapan sekitar bromo yang tersedia, biasanya penginapan yang sederhana dan nyaman tapi ada juga penginapan yang memang harganya relatif mahal.



Kalo ga mau pake nginep di daerah sini, disarankan berangkat sekitar jam 11-12 malam dari Surabaya/Malang jadi sampe Bromo bisa langsung liat sunrise. Tapi kalo emang mau praktis ya enakan berangkat siang/sore untuk bermalam di penginapan sekitar bromo dan besok paginya tinggal dijemput oleh jeep yang bisa dipesan sebelumnya. Penyewaan jeep berkisar antara 650-750rb rupiah per mobil yang bisa dinaiki oleh 6-7 orang, jadi bisa patungan yakan.


PILIHAN WISATA
1. Pasir berbisik
Hamparan lautan pasir yang sangat indah ini merupakan kawasan wajib dikunjungi jika berkunjung ke Bromo. Bagus banget, kalo masih pagi dan beruntung biasanya bakalan bisa dapet fog dan bener-bener kaya di film-film tanpa efek buatan.






2. Bukit teletubies
Kenapa dibilang bukit teletubies karena ada mirip bukit di acara teletubies, warnanya ijo banget dan enak diliat mata (kalo lagi musim hujan) kalo lagi musim kemarau ya agak kuning, tapi tetep bagus juga sih.



3. Sunrise point
Biasanya tempat ini rame banget kaya pasar, karena dari tempat ini bisa keliatan jelas matahari timbul  di pagi hari, tapi karena saking ramenya jadi ya kadang cuma bisa liat sunrise dan tongsis orang-orang yang kini makin mewabah, foto keramean ini diambil oleh mas Andre.



4. Bukit kingkong
Karena di sunrise point udah rame parah, gue sarankan liat sunrise disini aja, tanya sama supir jeep dia pasti tau, minta anter aja kesini, lo bakal puas dapet pemandangan indah disini.






5. Kawasan kawah
Kalo udah pernah kesini lo kayanya males untuk kesini lagi, karena cape naek tangganya bro, hahaha. Cukup sekali aja dah, tapi ada pilihan sih dari parkiran lo bisa naek kuda sampa titik awal tangga naek ke kawah, harganya berkisar 50-100rb aja kok. Di atas lo bisa liat kawah bromo yang berasap.











Sebenernya dengan pilihan wisata di atas bisa selesai sebelum makan siang, tergantung lamanya lo ambil foto di tempat-tempat tadi, jadi semua tergantung lo. Tapi Bromo merupakan salah satu pilihan wisata di pulau jawa yang bisa dikunjungi kapan aja, musim hujan atau musim kemarau, tempat ini tetep kece dan bisa bikin temen lo iri, hahaha. Nah biasanya orang kalo abis dari bromo ngunjungin air terjun Madakaripura, gue juga udah kesana, nanti akan gue bahas juga di cerita Febrian ya, mudah-mudahan informasi ini berguna, lo juga bisa cek hashtag #bromobrothers di instagram kalo mau liat foto-foto gue pas kesana sama temen-temen.


Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan.



Cheers,



Febrian

1 komentar:

  1. Sedang mencari paket wisata bromo. kami menyediakan paket wisata bromo gratis dokumentasi drone

    BalasHapus