Sabtu, 16 April 2016

Apa sih Jurnal Indonesia kaya ?

Apa kabar saudara? itu sapaan buat para penonton setia #JurnalIndonesiaKaya "saudara". Banyak yang tanya kenapa saudara, karena dulu ada 1 crew Idenesia Metro TV yang suka bilang "saudara", eh lucu juga ya akhirnya kita pake buat sapaan, kalian yang suka nonton Jurnal Indonesia Kaya (yang belum nonton, bisa ditonton disini).

JIK Belitung
Shooting pembuatan Sagu

APA SIH JURNAL INDONESIA KAYA?
Jurnal Indonesia Kaya itu sebuah acara edukatif juga informatif di youtube (web series) yang dibuat oleh Indonesia Kaya yang biasa mengangkat kearifan lokal dan juga budaya di suatu daerah, tim Jurnal Indonesia Kaya (JIK) selalu berangkat berbarengan dengan tim Idenesia Metro TV, tapi biasanya sebuah daerah itu banyak yang bisa diangkat dan belum banyak orang tau, jadi ya semua itu ada di JIK, makanya kalo mau liat BTS (behind the scene) dari Idenesia, ada juga di JIK, hostnya adalah seorang yang mungkin lo kenal, iya gue.

Wefie selalu
Wefie with Idenesia and JIK tim
Feeding shark di Yenkorano, Raja Ampat
Ga kerasa banget ternyata JIK udah pernah ke ujung barat Indonesia yaitu daerah Aceh dan Pulau Weh (bisa ditonton disini) dan juga terakhir kemaren kalo yang follow social media gue pasti tau kalo gue baru pulang dari Papua (pulau di ujung timur Indonesia) lebih tepatnya ke Sorong dan juga Raja Ampat. (video belum tayang, sabar ya)

JIK Papua
JIK Aceh (Pulau Weh)
Gue bersyukur banget bisa jadi host JIK, kenapa? Karena selain gue bisa keliling Indonesia, wawasan gue jadi makin luas, dan banyak tau hal-hal yang baru, yang gue belum pernah tau sebelumnya. Gue jadi makin sering berbagi dan mau berbagi pengalaman serta wawasan sama orang lain, terutama anak-anak kecil yang ada di daerah. Mereka punya asupan gizi yang cukup baik bahkan sangat baik, tapi fasilitas belajar masih kurang memadai, makanya gue pengen banget suatu hari nanti fasilitas pendidikan di Indonesia bisa merata ke seluruh Nusantara. Karena mereka lah cikal bakal majunya bangsa kita.

JIK Sorong
JIK Ternate
Gue berharap ke depannya akan banyak program-program serupa JIK yang ada, bukan cuma tentang jalan-jalan, tapi juga edukatif dan informatif. Ketemu sama banyak orang yang inspiratif dan mau ngebangun daerahnya itu berkat buat gue, dan mudah-mudahan yang gue share bersama tim di JIK bisa menginspirasi siapa aja yang nonton buat ngelakuin sesuatu buat daerahnya pada khususnya atau buat Nusantara pada umumnya.

Batik Go Tik Swan, Batik Indonesia
JIK Kendari (Wakatobi)
Sekian penjelasan mengenai Jurnal Indonesia Kaya (JIK) yang nextnya kita akan shooting di Bengkulu, jangan bosen-bosen buat share ini ke siapapun ya, karena program ini mendidik. Subscribe di youtube channelnya Indonesia Kaya ya disini, supaya lo ga ketinggalan kalo ada episode baru dari JIK. Nah karena Indonesia itu kaya banget, cari informasinya disini. Ayo terus jadi orang Indonesia kaya! Dari kulit gue putih, item, ungu, dari rambut gue biru, gimbal, sampe balik lagi item, dari kurus, gendut sampe kurus lagi, dari gigi dipagerin, sampe udah bebas gue tetep masih bersemangat buat ngegali kekayaan Indonesia bareng tim JIK, ayo ada apalagi yang bisa gue gali? Kalo ada ide, boleh komen di bawah ya!

JIK Kendari
JIK Raja Ampat
Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan! :))


Cheers,


Febrian

3 komentar: