Selasa, 26 April 2016

Curug Sengkuang Bengkulu

Curug tuh kirain bahasa sunda doang loh, ternyata di Bengkulu disebut curug juga. Kemaren ini kalo yang follow social media gue tau pasti kalo gue baru aja abis dari Bengkulu bareng tim Jurnal Indonesia Kaya (JIK). Bengkulu itu terkenal banget sama Rafflesia Arnoldiinya (beruntung banget gue bisa liat secara langsung, pas lagi ada yang mekar, soalnya biasanya cuma mekar sekitar 5-7
harian).



Jadi di hari terakhir di Bengkulu yang panas banget ini (iyalah, kan dilewatin garis khatulistiwa), gue ke daerah Kapahiang, sekitar 2 jam dari pusat kota Bengkulu. Berangkat subuh-subuh bermodalkan google maps dan waze buat ke air terjun yang entah apa namanya, akhirnya nyasar dan nemu Curug Sengkuang ini. Selama perjalanan ke daerah pegunungan ini, banyak banget kebun kopi, dan gue baru tau bahwa Bengkulu ini salah satu penghasil kopi juga lho. Mantap!



Akhirnya karena ga sampe-sampe, di sebelah kiri jalan tiba-tiba ada tulisan, Curug Sengkuang, langsung aja belok dan parkir, dari lokasi parkir ke air terjun itu sekitar 10 menitan lah jalan kaki, jalannya sih udah bagus walaupun masih tanah liat.





Curug Sengkuang ini dipake sama warga sekitar buat perairan mereka, airnya jernih dan bersih, air terjun ini indah banget, bisa berenang juga disini, sayang waktu gue sempit banget kemaren, jadi ga sempet buat berenang-berenang, tapi ya ada beberapa foto yang gue ambil, hehe.





Kalo kapan-kapan lo berniat ke Bengkulu, selain buat ke rumah pengasingan Soekarno dan benteng Marlborough, jadi ada pilihan lain juga nih, buat ke daerah Kapahiang ini, lo bisa ke Curug Sengkuang ya, oh iya kata warga sekitar udah ada 2 orang yang baru meninggal karena loncat dari air terjun, jadi hati-hati ya kalo lagi di alam bebas gini, jangan banyak tingkah.



Oh iya lagi-lagi gue ga bosen-bosen buat ngingetin kalo dampak sampah selain banjir itu juga penyakit, jadi yuk kita kurangin sampah terutama plastik yang susah buat diuraikan ini dengan cara kalo beli apapun bawa canvas bag sendiri, jadi ngurangin pemakaian kresek yg merupakan salah satu sumber jadi sampah plastik juga kan. Ayo lakuin sesuatu buat alam kita supaya bisa terjaga dan dinikmatin anak cucu kita nantinya, soalnya kalo bukan mulai dari diri sendiri, siapa lagi?



Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!



Cheers,




Febrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar