Minggu, 01 Mei 2016

Cara Foto Ala Febrian

Jadi pertanyaan yang sering muncul adalah yaitu tadi, bang pake kamera apaan sih kalo moto, kok bagus? Pertanyaan yang sering muncul ini akan gue jawab sekarang di tulisan ini ya, juga mungkin ada beberapa tips buat yang suka foto, gue bukan ahli foto, tapi cuma mau sharing aja yang gue biasa lakuin kalo moto, hehe, karena memang kalo lagi traveling udah pasti foto-foto kan.

Taj Mahal, Taken with Panasonic Lumix GH4, edited with Pomelo
Puncak Gunung Semeru, taken with Panasonic Lumix GX7, edited with Pomelo

Pake kamera apa kalo moto bang?
Well, gue biasa pake Panasonic Lumix GH4 untuk sekarang, sebelumnya pake Panasonic Lumix GX7, dan kadang cuma pake Handphone doang (Iphone 6s). Kalo buat underwater udah pernah gue bahas di tulisan waktu itu ya, jadi monggo dicek tentang pembahasan itu. Gue juga masih kadang pake kamera analog gue Nikon FM sih, tergantung moment sih.

source : google
Ini dia nih Nikon FM gue

Editnya pake filter apa bang?
Gue actually udah setting di kamera gue tadi untuk warna yang gue mau, contrastnya seberapa, dll. Jadi kebanyakan gue jarang banget pake filter lagi buat foto yang udah jadi dari kamera. But alias tapi alias namun gue suka banget ama satu apps yang gue juga dikasih tau sama temen gue si kribo @bismoaryow, namanya Pomelo. Lo bisa download di android atau apple disini. Gue suka banget sama filter-filter ini karena warnanya menyerupai warna roll film, filter favorit gue adalah portra. Jadi gue ga pake vsco, hehe. Snapseed? Kadang-kadang.

Ranukumbolo, Taken with Panasonic Lumix GH4, No Filter

Kalo edit video pake apa bang?
Ya gue belakangan suka banget bikin-bikin video 15s buat instagram (Sekarang instagram gue udah bisa semenit sih, haha. Kalo penasaran kenapa instagram lo belum juga bisa, cek deh apa kata benakribo disini) Gue biasa cuma edit video itu di iphone gue, menggunakan imovie (diajarin @denmaseno) , atau di laptop pake premiere (diajarin @gamal1990), jadi ya simpel dan gampang dan ga sulit, gue belum pernah coba sih edit video pake android, kapan-kapan cobain deh ah. Nah kalo mau liat hasil videonya, bisa cek disini.

Pianemo Raja Ampat, Taken with Gopro Hero 4 Silver, No Filter
Derawan, Taken with iphone 6s, No Filter

Tips foto biar keren dong bang?
Menurut gue sebuah foto itu bagus atau jelek, relatif. Tergantung dari perspective masing-masing, tapi kalo saran gue sih ada beberapa hal yang harus diperhatiin dalam mengambil sebuah foto, diantaranya:
  • Garis vertikal dan horizontal, gampangnya ya lurus jangan bengkok-bengkok, biar enak diliat.
  • Think out of the box, ya coba cari perspective yang ga biasa.
  • Story, setiap foto itu biasanya bercerita, ada cerita dibalik moment yang diabadikan.
  • Komposisi, jadi ada yang namanya rule of third, dimana posisi objek foto enak buat diletakan, mau disamping, tengah, bawah atau atas, lagi-lagi ya ini selera juga enaknya gimana.
Bromo, Taken with Panasonic Lumix GH4, edited with Pomelo
Fewa Lake Nepal, Taken with Panasonic Lumix GH4, No Filter

Gue rasa gitu aja sih kalo tips foto, again gue bukan fotografer tapi gue cuma suka foto aja, dan kebetulan ada beberapa orang diantara lo semua yang suka dengan hasil foto gue, jadi mohon maaf kalo emang ada yang baca dan ngerasa gue sok tau, gue bukan mau sok tau, tapi mau sharing aja, because sharing is caring.

Jakarta, Taken with iphone 6s, edited with pomelo

Tips terakhir deh, ya gue ga pernah traveling buat cari foto, tapi gue traveling buat nambah pengalaman dan wawasan, karena hasil akhir itu bukan segalanya, tapi proses yang menentukan hasil akhir. Banyak pengalaman yang gue dapet dari traveling selama ini, proses yang harus dinikmati, gue ga pernah berhenti bersyukur buat apa yang udah gue dapet, dan gue ga pernah mau sombong, karena di atas langit, masih ada langit. Okay, mudah-mudahan bermanfaat, silahkan dibagikan ke yang lain, dan kalo ada yang mau ditanyain bisa komen di bawah ya, sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!


Cheers,


Febrian

2 komentar:

  1. bang pake, lensa fix bukaan besar terus? biar bokeh gitu?

    BalasHapus
  2. Terima kasih mas Febrian, udah jadi Inspirator. haha LoL

    BalasHapus