Sabtu, 30 April 2016

Apa sih yang bikin Raja Ampat mahal?

Raja Ampat tuh semua orang pasti pengen deh, yakan? Gue aja dulu sebelum bisa kesini, gue pengen banget buat ke Raja Ampat, bahkan ada di top list lokasi yang pengen gue datengin suatu hari nanti. Akhirnya puji Tuhan gue bisa ke Raja Ampat beberapa waktu lalu bareng tim Jurnal Indonesia Kaya, suatu hari gue pengen balik lagi kesini sih.





Nah gue mau share pengalaman gue disana, buat lo semua yang kira-kira bertanya-tanya dan menerka nerka, gimana caranya kesana, berapa budgetnya, apa aja yang harus disiapin, nih gue mau share pengalaman gue, because sharing is caring, mudah-mudahan bermanfaat yah.


BUDGET
Tiket Pesawat : Jakarta - Sorong - Jakarta : Rp 3,7 jt PP
Kapal : Sorong - Waisai - Sorong : Rp 500rb PP
Penginapan : 400rb - 1jt per malem per orang tergantung dimananya (biasanya udah termasuk makan)
Kapal : Hoping island : Rp 8jt - 20jt tergantung mau kemana aja.
Mobil : 500rb per hari


Jadi bisa dikira-kira sendiri ya, berapa uang yang harus disiapin buat liburan ke Raja Ampat, menurut gue lebih banyak yang berangkat, ya lebih murah pastinya. Salah satu yang bikin mahal adalah kapal buat hoping island tuh. Jadi ya kalo kita minta ke wayag, itu jauh kan, jadi ya lebih mahal pastinya.


Gue sendiri kemaren nginep di Waiwo Dive Resort dengan harga 750rb per kepala per malem, termasuk breakfast dan makan malem, bisa dicek disini. Nah di resort ini juga nyediain activity buat scuba dan snorkeling trip, jadi bisa langsung tanya-tanya sendiri. 


KEMANA YA DI RAJA AMPAT?
Nah waktu kemaren yang gue kunjungin antara lain:

1. Pulau Kelelawar / Paniki / Bat island



Pulau ini keren banget menurut gue buat dikunjungin, sepulau kecil isinya kelelawar gelantungan di pohon, di pohon loh ya bukan di goa, terus bisa snorkeling di area pulau ini juga.

2. Pianemo


Pianemo disebut juga mini wayag (sayang banget gue kemaren ga sempet ke wayag, next time harus ke wayag) ada 300an anak tangga yang harus dilewatin buat sampe ke atas dan liat pemandangan indah yang legendaris disini, jadi siapin ya stamina, gue udah pernah share tentang ini di tulisan gue yang sebelumnya sih.

3. Sarpokren


Tempat ini sekitar 20 menit naek mobil dari tempat gue nginep, disini ada apa? Disini lo bisa liat cenderawasih yang hidup bebas di alam, ya memang dari parkiran harus jalan sekitar 1 jam lah, tapi disini ada guest house juga, namanya Mandos GuestHouse, murah cuma 400rb per malem per kepala udah dapet makan 3 kali, kalo mau nginep sini, bisa langsung telepon Bpk. Orgenes di 081247071594, sayang gue ga fotoin, tapi gue sih suka, walau tanpa AC dan kamar mandi di luar, gue berniat kalo balik lagi ke Raja Ampat, gue mau nginep disini. Karena gue suka banget sama concern Pak Genes tentang edukasi sampah buat anak-anak dan masyarakat sekitar supaya Raja Ampat tetap bersih dan indah. Oh iya nih bisa dicek di Facebook mereka disini.

Ini dia Bapak Orgenes

4. YenKorano


Tempat ini katanya sih ada tempat nginep juga, tapi gue kesini kemaren cuma feeding shark doang, beda ya sama shark yang ada di karimun jawa yang dikurungin (kasian ya, sedih). Jadi di dermaga kecil dengan air jernih itu, dikucurin lah darah dari ikan hasil pancingan yang udah dibawa di kapal, tiba-tiba datenglah beberapa hiu blacktip, baru deh dilemparin potongan-potongan ikan, seru deh, bisa ngeliat hiu tapi di habitat aslinya. 



5. Pulau Friwen


Ada sebuah pulau yang namanya Pulau Friwen yang berlokasi di kawasan Raja Ampat pastinya, enak banget buat santai-santai maen di pantai, bisa minum kelapa dengan harga 10rb per butir. 


Airnya bening, tapi sayang udah mulai banyak sampah plastik disini, gue sedih banget liat ini, bahkan di tempat yang paling indah di Indonesia pun udah mulai banyak sampah, ayo dong kita jadi orang yang peduli akan lingkungan, gampangnya aja deh, kan kita suka liat indahnya tempat ini, ya jangan nyampah, jadi tetep indah. Soalnya ya kalo bukan kita yang mulai, siapa lagi.


Sekian info tentang Raja Ampat yang bisa gue share buat lo semua, mudah-mudahan bermanfaat yah, kalo ada yang mau ditanyain silahkan tulis komen di bawah, sebisa mungkin kalo gue tau, akan gue jawab kok.


Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!

Cheers, 


Febrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar