Senin, 25 Juli 2016

Hari Rebo ke Wae Rebo

Wae Rebo, hmm nama yang udah sangat ga asing bagi pecinta jalan di tanah air, tempat ini adalah salah satu tempat yang jadi impian gue buat didatengin, dari sekitar 2 tahun lalu gue udah pengen banget ke Wae Rebo, tempat yang dibilang orang Negeri di atas awan ini adanya di Flores.


Nah selesai perjalanan living on board di Taman Nasional Komodo, gue lanjut untuk ke Wae Rebo, kali ini gue dan temen-temen milih buat sewa motor dari Labuan Bajo ke Wae Rebo, nah ada banyak jalan dari Labuan Bajo ke Wae Rebo, nah gue mencoba buat lewat Nangalili, jadi dari Lembor ga lurus ke Ruteng tapi belok kanan, memang bisa dibilang perjalanan yang tadinya mau motong jalan eh malah dapet cerita yang seru, hahaha. Intinya waktunya sama aja jatohnya gara-gara jalanannya rusak banget dan jembatan-jembatan yang rusak sampe akhirnya di jembatan terakhir harus ngebopong motor lewatin sungai, 5 motor buat 5 orang, lumayan ya, tapi ya seru jadi ada cerita, itung-itung pemanasan sebelum tracking ke Wae Rebo yakan, haha.



Setelah ngelewatin jalanan biadab Nangalili, sampe lah kita di Kombo dan makan siang di rumah Pak Martinus dengan view ciamik, abis itu lanjut tracking kurang lebih 4 jam sampe Wae Rebo. Trackingnya bisa dibilang susah-susah gampang, karena setengah nanjak dan setengah datar-datar aja kaya muka lo. (kidding :p) Nah perjalanan ini memang melelahkan, tapi sampe di Wae Rebo semua rasa capek itu ilang, bukan cuma karena pemandangannya yang indah banget, tapi juga keramah tamahan orang-orang disana.



HOW TO GET THERE
just simply contact Filan +6282359585613

Sampe disana kita harus masuk ke rumah adat ketua adatnya dulu buat dikasi wejangan-wejangan dan siapin uang seikhlasnya ya asal jangan 2000 perak aja, ya minimal 50rebu lah buat sumbangan, terus gue dikasi tau Mas Filan yang dikatakan sama ketua-ketua adat ini adalah bahwa sebagai tamu setelah keluar dari rumah adat itu, anggap aja di kampung sendiri, karena kita udah bagian dari Wae Rebo. Asik ya, eits tapi jangan salah, bukan berarti bisa seenaknya, ada peraturan disini, ada tulisannya di depan rumah tempat kita nginep disana, nanti kalo kesana bisa baca sendiri, termasuk dilarang ciuman di depan umum, soalnya banyak anak-anak kecil. Jadi ya tau diri aja.


Tempat nginep disini adalah salah satu dari rumah-rumah yang ada di foto-foto Wae Rebo biasanya, dalam satu rumah mungkin bisa sekitar 20-30 orang isinya, dan bisa gue bilang tempatnya nyaman kok, kamar mandi ada disediain di belakang rumahnya, dan kamar mandi yang proper, cuma emang airnya dingin banget nget aja, makan pun dikasih, jadi kita tidur sama-sama tapi tiap orang punya space masing-masing, berkeliling muter gitu, jadi aman kok dan nyaman. Makanan yang disediaiin pun cukup kok, cukup buat ngajarin kita caranya bersyukur dan mau berbagi dengan orang lain, bahkan orang yang ga kita kenal sebelumnya.


Wae Rebo tuh indah banget, bahkan sangat indah di pagi hari, pas matahari mulai muncul atap rumah yang kerucut itu mulai berasep karena dingin yang kena panas, para penduduk mulai ngejemur kopi hasil panen mereka, ada yang jemur pakaian bahkan anak-anak kecil mulai keluar rumah dan bermain-main di lapangan terbuka dimana letak rumah-rumah adat ini melingkar.



Suatu hari gue berharap bisa balik lagi kesini dan kembali ngerasain vibe asik disini, karena yang indah bukan cuma pemandangan dan keunikan arsitektur rumah adatnya aja, tapi juga keramah tamahan warga asli disini yang sangat terbiasa untuk kedatangan orang baru. Mungkin Wae Rebo ini udah lama jadi impian gue buat didatengin, dan akhirnya gue bisa kesini ngewujudin impian gue itu, dan setelah impian gue jadi kenyataan, impian anak-anak disini buat belajar dengan fasilitas yang memadai pun mudah-mudahan bisa terpenuhi secepatnya, karena sekarang anak-anak di Wae Rebo harus bersekolah di desa terdekat yaitu di Kombo. Wae Rebo itu indah, terlebih lagi keramah tamahan warganya, mudah-mudahan ini bisa terjaga terus, Amin!


Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!


Cheers,


Febrian

1 komentar:

  1. Bnag, kapan jalan jalan lagi, kayaknya asik dengan kenekatan dan kegokilan abang wkwkwkkw

    BalasHapus