Selasa, 26 Juli 2016

Palembang part 1

Salah satu makanan favorit gue adalah Pempek yang asalnya darimana lagi kalo bukan dari salah satu daerah di Sumatera selatan, yaitu Palembang. Palembang itu selain terkenal sama pempeknya yang enak banget, juga terkenal sama jembatan ampera dan Sungai Musi yang merupakan sungai terpanjang yang ada di Sumatera, eh adalagi deng ya tentang kerajaan Sriwijaya-nya.



Nah kemaren ini gue diundang sama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumatera Selatan buat dateng kesana dalam rangka Pembukaan Festival Sriwijaya. Tapi gue dateng sehari sebelum Festival Sriwijaya dimulai, buat nge-eksplor Palembang, tentunya ga cuma lokasi wisatanya aja tapi juga kearifan lokalnya, gue mau cerita dikit nih, mudah-mudahan bisa bermanfaat ya buat yang baca.




Hari pertama setelah gue dateng, langsung gue diajak buat sarapan di Pasar Kuto, sarapan apa hayo? Maunya sih pempek, tapi ya memang ternyata iya, haha. Pempek dos dan kerabatnya, pagi itu gue makan pempek dos (pempek yang dibuat tanpa ikan) terus burgo, laksan dan celimpungan. Pempek dos dimakan pake cuko (kuah pempek yang coklat enak banget itu lho), kalo burgo, laksan dan celimpungan dimakan dipakein kuah kuning gitu, kalo gue ga salah, itu rasanya ada santennya dan enak banget, gue sih suka, gurih gitu. This is my first time nyobain makanan ini, dan bisa jadi salah satu pilihan sarapan kalo lagi berkunjung ke Palembang, kalo kesini cobain ya!




Lalu abis itu langsung berangkat ke tepian Sungai Musi, buat ke Pulau Kemaro, naek perahu, saat itu panas banget, jadi kalo kesini siapin aja sunnies atau sunblock. Perjalanan ditempuh lewatin kolong the famous Jembatan Ampera.



Pas gue pos foto disini ke instagram kok ga ada yang ngira itu di San Fransisco ya, emang ga mirip sih, kerenan disini hahaha. (padahal gue juga belum pernah ke SF) Eh tapi gue pernah liat di IGnya mbak Titi Rajo Bintang (cek aja disini), dia pas foto di jembatan di SF itu ada yang komen, nanyain "lagi di Palembang ya kak?" terlepas pertanyaan itu serius apa enggak, tapi terima kasih ya yang komen, udah menghibur gue ampe ngakak.


Setelah sekitar 30 menit naek kapal di Sungai Musi, sampelah di Pulau Kemaro, Pulau ini ada apa coba? Ya ada Pagoda dan Vihara, dan pulaunya panas, ya iyalah kalo dingin, pulau kulkas namanya, krik. Jadi di Pulau Kemaro juga terdapat makam dari putri Palembang, Siti Fatimah. Menurut legenda setempat yang tertulis di sebuah batu di samping Klenteng Hok Tjing Rio, di jaman dulu, datang seorang pangeran dari Cina, bernama Tan Bun An, dia datang ke Palembang buat berdagang. Pas dia minta izin ke Raja Palembang, dia bertemu sama putri raja yang bernama Siti Fatimah. Nah Pangeran ini langsung jatuh hati, gitu juga dengan Siti Fatimah. 




Merekapun ngejalin kasih dan berniat buat nikah. Tan Bun An ngajak Siti Fatimah ke daratan Cina untuk melihat orang tua Tan Bun an. Setelah beberapa waktu, mereka balik lagi ke Palembang. Bersama mereka disertakan pula tujuh guci yang berisi emas. Sesampai di muara Sungai Musi Tan Bun an ingin melihat hadiah emas di dalam guci-guci tersebut. Tapi pas dia liat kok isi gucinya sayuran sawi-sawi asin. Tanpa berpikir panjang dia buang guci-guci itu ke sungai, tapi guci terakhir jatoh diatas dek terus pecah. Eh taunya di dalemnya terdapat emas. Tanpa berpikir panjag lagi dia terjun ke sungai buat ngambil emas-emas dalam guci yang udah dibuang tadi. Seorang pengawalnya juga ikut terjun buat ngebantuin, tapi mereka kok ga balik-balik. Siti Fatimah akhirnya nyusul dan terjun juga ke Sungai Musi. Nah buat mengenang mereka bertiga dibangunlah sebuah kuil dan makam untuk ketiga orang tersebut. Panjang juga ya ceritanya, tapi seru. 


Nah lanjutin nanti ceritanya di tulisan berikutnya ya, udah kepanjangan kesian jari gue ngetik dan dan mata lo juga yang baca, biar penasaran jadi gantung aja deh ceritanya, yang pasti Palembang tuh nyimpen banyak banget cerita yang bisa jadi pelajaran buat kita, dan makanannya enak-enak!


Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!


Cheers,


Febrian




1 komentar:

  1. ada om goenrock jugaaaaaaaaaaaaaaaa......!!! terbaik ini pasti.

    BalasHapus