Kamis, 25 Agustus 2016

4 Tips Traveling murah!

Traveling sekarang bisa dibilang merupakan kebutuhan primer semua orang sih, dimana sekarang banyak yang emang kerja dengan tujuan buat ngumpulin uang buat liburan, ya gak sih? Tapi kadang ya memang masih cari caranya gimana buat liburan tapi ngehemat biaya, gue akan share pengalaman gue nih yang pernah gue alamin. 




1. Transportasi 
Pilih naek yang lebih murah dong udah pasti, misalnya pilih naek bus, kereta, kapal daripada pesawat, apalagi helikopter. Makin merakyat transportasi yang kita pake, makin murah lah harganya. Contoh ya, naek bus ke Kuningan (Jawa barat) 35ribu dengan 6-8 jam perjalanan, naek kereta 100ribu dengan 3 jam perjalanan plus naek elf 1 jam 10ribu, well pesawat ga ada sih ke Kuningan, tapi pasti paling mahal. Intinya ya paling murah naek bus, tapi emang waktu akan lebih lama (gue pernah nulis pengalaman gue ke Bali dengan Rp148ribu, coba dicek)





2. Akomodasi
Nih ini yang paling penting biasanya, karena memang biasanya kita cuma mau tidur di tempat yang nyaman kaya di rumah, bahkan kalo bisa lebih bagus. Well, itu ga salah sama sekali tapi kalo mau yang murah, ya jangan harap bisa tidur mewah dong ya, pengalaman gue biasa selalu bawa sleeping bag kalo lagi traveling murah, karena kalo bisa ya ga keluar uang sama sekali buat tidur, misalnya nenda atau nebeng di rumah warga (kaya yang pernah gue tulis tentang desa mantar, gue tidur di ruang tamu kepala desanya) Jadi ya kalo mau murah banget ya nebeng atau nenda, tapi kalo ga ya cari tempat dorm, atau yang bisa sharing gitu, tergantung pergi kermana sih, kalo ke remote area, ya numpang aja, tapi kalo ke tempat yang emang ada hotel budget yang bisa rame-rame gitu, pilih itu aja. Gue pernah ngelakuin ini di Singapore waktu itu. Eh sekarang kan udah ada couchsurfing atau air bnb, lebih enak lagi.


3. Rame-rame
Kalo niat solo traveling, tips ini ga bisa dipake ya, jadi kalo kita pergi lebih rame lebih murah, misalnya bisa ikut open trip yang diadain sama trip planner ( kan banyak tuh ya, misalnya @travacello atau @budgettour.id) pasti jauh akan lebih murah, karena rame-rame jadi sharing cost, untuk apapun. Misalnya ya kita pergi sendiri, makan sendiri kan, tidur sendiri, apa-apa sendiri jadi ga bisa patungan (cian :p) Jadi ya kalo lebih rame, lebih bisa patungan. Gue pernah nih ke Baluran rame-rame ama temen-temen cuma patungan 175ribu karena rame-rame dari Malang.




4. Oleh-oleh
Say NO to oleh2 buat minimalisir budget, ya mungkin beli seperlunya aja, ga perlu beliin semua orang yang kita kenal, bisa bangkrut nanti, haha! Lagian ya ini biasanya ada di biaya tak terduga kalo liburan, tapi kalo banyak banget, ya bangkrut juga, so jaman gini, cinderamata buat orang yang kita sayang bisa cukup dengan sebuah cerita, video dan foto serta pengalaman dan pelajaran hidup yang didapet pas kita abis traveling ke suatu tempat, because sharing is caring.



So kira-kira itu yang bisa gue share untuk menghemat biaya liburan lo, karena liburan itu ga selamanya harus mewah, kita bisa liburan dengan hemat kok, tanpa harus ngeluarin uang banyak banget, asal mau susah, mau berkorban (baik waktu ataupun tenaga) karena ya memang, semua butuh pengorbanan. Mau murah ya harus mau susah, mau enak ya harus mau mahal. Jadi ya mau liburan mewah atau liburan berkesan, itu semua terserah lo. Tapi bukan berarti liburan mewah juga ga berkesan ya. Yang penting kita harus selalu inget buat ngehormatin adat atau peraturan dari daerah yang didatengin, karena kalo kita sopan, mereka akan segan. Ha!


Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!


Cheers, 





Febrian

1 komentar: