Selasa, 23 Agustus 2016

Desa Beutaran

Indonesia bagian timur selalu punya daya tarik tersendiri buat selalu dikunjungin, dari mulai langit yang indah tanpa polusi, keindahan alam yang ngehipnotis juga masyarakatnya yang hangat, kalo yang follow social media gue pasti tau gue baru aja pulang dari daerah Flores timur.



Nah gue pengen ceritain pengalaman gue disana kemaren pas di remote area, tanpa signal, tanpa listrik dan daerahnya itu curah hujannya sedikit banget cuma sekali dalam setaun, kata penduduk setempat sih. Nama Desa yang gue kunjungin itu Desa Beutaran di daerah Lembata. Untuk kesana bisa aja lewat Larantuka dulu terus naek kapal lambat selama kurang lebih 4 jam terus lanjut naek ojeg sekitar 1 jam (jalur ini yang gue pake), pake kapal cepet kurang lebih 1 jam dari larantuka terus naek ojeg, atau naek pesawat sampe di Lewoleba baru lanjut ojeg / mobil bak.


Disana gue tinggal sama seorang Ibu inspirasi yayasan kopernik, yang punya tujuan buat ngedistribusiin teknologi tepat guna ke daerah-daerah terpencil buat juga ngeberantas kemiskinan, nama Ibu yang gue datengin adalah Mama Rovina, yang biasa dipanggil Kaka Nona ( kalo mau tau kaka nona siapa, bisa cek hashtag #BantuKakaNona di twitter) 


Daerah ini bener-bener jauh berbeda dengan tempat tinggal kita di Kota besar atau daerah yang sudah bisa dibilang maju, bayangin aja coba, disana ga ada listrik sama sekali, air bersih susah, dan kering plus berdebu banget. Jadi kalo mau air bersih harus ke sumur yang sekitar 1 jam jalan kaki jauhnya, naek turun bukit, atau beli 15 ribu per drum. Hujan aja jaraaaaaaaaang banget, pokoknya kalo sekarang mandi, terus 1 jam kemudian pasti udah berasa kotor lagi. 


Pas lagi disana karena emang kering dan banyak banget debu, gue kena flu dan jadi agak susah buat nafas, untung aja gue selalu bawa obat pribadi kalo lagi traveling, nah kalo obat flu gue pake Afrin (bisa didapet di apotek terdekat mana aja) tinggal 2 kali semprot aja sehari dan bikin nafas plong terus tidur nyenyak, praktis banget, tapi ya memang ga boleh seirng-sering karena efeknya bisa bertahan sampe 12 jam. Ini penting banget nih gue kasi saran ya, karena kalo lagi di remote area misalnya kaya daerah yang gue datengin ini, susah banget buat cari obat, sementara kalo flu tuh bikin bad mood lah, bikin perasaan jadi campur aduk, nah Afrin ini ngebantu banget, udah mah ukurannya kecil jadi bisa masuk kantong pula, sedia payung sebelum hujan, karena emang lebih baik ngejaga daripada ngobatin, tapi kalo udah kena flu ya pake Afrin aja soalnya ga perlu cari air buat minum obat, tapi tinggal semprot aja.


Nah perjalanan gue ini berfaedah banget, dari mulai diajarin buat bersyukur karena kita masih sangat beruntung bisa punya kehidupan yang layak dan akses mudah buat apapun, sampe harus selalu siap sedia obat flu karena emang penyakit yang paling gampang kita kena tuh ya flu, tempat berdebu lah, kurang tidur lah, makanya selalu sedia Afrin, nafas plong tidur nyenyak liburan ga terganggu.


Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!

Cheers,


Febrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar