Jumat, 26 Agustus 2016

Rinjani yang gampang gampang susah

Pertanyaan yang biasa muncul kalo mau naek gunung adalah bakal bisa kuat sampe puncak gak yah, hal ini yang menurut gue justru bikin orang jadi meragukan kemampuan sendiri dan udah jadi tujuan yang salah, yaitu puncaknya. Sementara yang paling penting itu adalah proses nya, karena itu yang akan jadi proses pembelajaran diri kita. Bukan hasilnya apa nantinya, tapi lebih ke prosesnya aja yang dinikmatin.

Jadi sekitar beberapa waktu lalu gue naek ke Gunung tertinggi di Lombok, yaitu Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726mdpl (meter di atas permukaan air laut). Gunung Rinjani ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, dan lokasinya ada di Nusa Tenggara Barat (NTB). Susah gak sih naek Rinjani? Jawabannya gampang-gampang susah. Kalo gue sendiri emang bukan  gunung pertama yang gue daki nih, gue pernah ke Semeru, Ciremai, Merbabu dan beberapa gunung kecil lainnya. Jadi bisa disimpulkan bahwa gue bukan anak gunung tapi suka naek gunung dan lebih suka gunung daripada pantai.

PROSES PERJALANAN
Ada beberapa jalur buat naek ke Rinjani, yang gue tau ada jalur Sembalun, Senaru, Torean dan Sajang. Nah gue ga tau kalo emang ada jalur lain untuk naek kesini ya, biasanya orang yang pengen muncak berangkat lewat sembalun dan pulang lewat dari senaru atau torean. Nah kalo kemaren gue lewat jalur Sajang rekomendasi dari temen yang anter kesana, Ayip (082340524749) nah kalo mau ke Rinjani bisa hubungin dia langsung tuh, informasi lengkap semua ama paket-paketnya.

Kalo lewat jalur Sajang itu memang motong jalan banget karena katanya kalo dari Sembalun tuh dari bawah banget kalo Sajang tuh jalan 2 jam an udah sampe pos 2 Sembalun langsung, memang tergantung dari kondisi masing-masing sih jalannya cepet atau lambat, kalo gue kemaren ini sekitar 2 jam sampe di pos 2. Karena berangkatnya udah sore, jadi ya akhirnya nginep semalem di pos 2.

Besok paginya gue berangkat sekitar jam 8 pagian dan sampe Plawangan Sembalun jam 12-1an gitu (ini lewat bukit penyesalan, gue ga menyesal sih, lebih ke tersiksa haha), terus bikin tenda disitu dan istirahat buat malemnya naek ke puncak. Dari tempat gue ngecamp ke dua ini memang pemandangannya indah banget (well sepanjang perjalanan emang indah banget sih, jadi siapin batre kamera banyak-banyak deh tuh) dari sini bisa keliatan puncak Gunung Rinjani dan juga Danau Segara anak yang indah banget sambil kadang-kadang ketutup kabut.

Setelah istirahat cukup, malem itu anginnya kenceng banget, untung cerah akhirnya gue jalan ke puncak, barang-barang ditinggal di tenda soalnya ada porter juga yang jagain jadi aman, gue pernah denger dari temen gue yang ke Rinjani ga pake porter barang-barangnya pada ilang, jadi ya lebih amannya ya pake porter aja sih, dimasakin lagi kan, enak! Nah ga disangka gue dan team sampe puncak sebelum sunrise, kaget sih karena ternyata cuma 4 jam udah sampe puncak, akhirnya nunggu kedinginan sampe sunrise, terus turun deh baru.

Di puncak Gunung Rinjani pemandangannya indah banget kita bisa liat pemandangan Gunung Agung dari jauh (kalo lagi cerah ya) terus udah pasti bisa liat pemandangan danau segara anak yang indah banget juga, terus gue pengen kasih saran nih kalo naek gunung please silahkan kalo mau bawa kertas ucapan apapun buat difoto, tapi sampahnya bekas itu bawa turun lagi yah, karena kan indah nih yah, simple aja sih kalo ada sampah kan jadi ga indah lagi, jadi mari kita jadi seorang yang ga cuma cinta keindahan alam, tapi juga ngejaga keindahan itu biar anak cucu kita tetep bisa nikmatin keindahannya.

Singkat cerita gue turun setelah puas di atas foto-foto dan nikmatin pemandangan yang super duper ajaib dan ciamik, perjalanan turun ke tenda ga sesulit pas naek sih, bahkan cuma setengahnya naek, waktu tempuhnya. Setelah sampe tenda dan istirahat sebentar, gue turun ke danau buat nenda lagi semalem sebelum pulang disana, perjalanan ke danau sulit, bebatuan dan terjal turun ke bawah, lebih capek daripada naek, ini nih dimulai kesengsaraanya menurut gue, setelah sekitar 2-3 jam sampailah di Danau Segara anak, indaaaah banget, tapi bukan itu tujuan gue buat nenda, gue lanjut jalan lagi sekitar 15 menit buat sampe di lokasi air panas, dan nenda lah disitu, enak banget jadi rendeman langsung di depan tenda, spacenya kecil banget sih, cuma cukup buat 2 tenda, dan gue beserta tim bisa dapet, yazzzz! Abis itu gue tidur 14 jam, hahaha. Capek banget sih, asli!

Setelah tidur cukup dan sedikit menikmati waktu di Danau segara anak, dimulailah penderitaan yang sesungguhnya, jalur pulang gue itu ga melalui jalur torean, sembalun atau senaru, tapi gue lewat jalur pipa sajang yang katanya lebih cepet sampe ke bawah (ternyata enggak), jadi ada sedikit salah perhitungan yang jalur itu udah lama ga dilewatin jadi tanaman liar yang banyak durinya sekitar sepaha gue, sekitar 11 jam gue melalui jalur yang di pinggir tebing gitu, jadi pemandangannya emang indah banget ya, tapi lo bayangin deh tuh kambing-kambing di animal planet yang hidup di tebing, gitulah gue kira-kira, naek turun tangga seadanya, beberapa kali sempet gue mau jatoh, sebelah kanan tebing pegangan ke rumput dan sebelah kiri jurang, lalu setelah itu kalo ga salah 6-7 jam, baru deh masuk hutan, bener-bener tersiksa, tapi pengalaman sih jadi buat lo yang baca tulisan ini dan mau ke Rinjani, jangan pulang lewat sini, cari jalur lain aja. haha. Bahkan ya saking gue berasa "wah sekali lagi gue jatoh, gue mati nih" gue telepon orang-orang terdekat untung ada signal tuh, soalnya udah perjalanan pulang kan. Ya pengalaman juga sih yah, tapi emang pemandangannya bagus banget kalo lewat jalur mematikan ini.

Akhirnya gue bisa selamat kembali dan dilanjutkan ke Gili Trawangan, wolls wolls disana (bahasa ponakan gue :D) Puji Tuhan banget akhirnya bisa kembali selamat dan bisa sampe puncak Gunung Rinjani juga, kalo mau kesana bisa langsung hubungin Ayip (082340524749) tuh, tapi inget jangan pulang lewat jalur pipa sajang ya, haha. Perjalanan ke Rinjani ini sebuah proses pembelajaran buat gue mengasah kepercayaan terhadap kemampuan gue untuk survive dalam kondisi apapun, karena seperti sering gue bilang bahwa naek gunung itu kita belajar pengenalan diri, kalo kita percaya ama diri kita bahwa kita bisa, kita bakal bisa sampe puncak, tapi kalo kita enggak percaya diri, ya bakal turun lagi ke bawah, itu bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, jadi ya yang penting itu proses, karena proses yang menentukan hasil.

Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!