Jumat, 26 Agustus 2016

Toraja tempat orang di negeri atas!

Toraja bukan lagi nama yang asing di kuping kita, bahkan banyak kedai kopi dimana-mana yang jual Kopi Toraja. Toraja adanya di Sulawesi Selatan, ya sekitar 8 jam lah kalo naek mobil dari Makassar, makanya banyak orang ke Toraja tapi ambil jalan malem, ya soalnya karena waktu tempuhnya lamaaa banget. Tapi pas kemaren gue kesana ga jalan malem, tapi jalan pagi menjelang siang, karena ngejar waktu dan supaya bisa istirahat dulu, soalnya kan mau shooting #JurnalIndonesiaKaya. Sebenernya ada pesawat kecil sih buat ke Toraja, tapi jarang banget beroperasi, karena katanya medan yang dilaluin itu agak sulit, dan berbukit-bukit. 


Tongkonan
Toraja itu dibagi 2 bagian sekarang, kalo dulu sih cuma 1, Tana Toraja doang, sekarang dibagi 2, yaitu Toraja utara dengan Rantepao sebagai pusatnya dan Tana Toraja (bagian selatan) dengan Makale pusatnya. Gue ini baru pertama kali banget ke Toraja, dan merupakan salah satu tempat yang pengen banget gue kunjungin dari dulu banget, makanya gue bersyukur banget bisa akhirnya ke Toraja, wohoooo. 

Udah pasti kalo kesini cari upacara kematian, karena itu menarik banget buat diliat, kebetulan pas lagi ada yang meninggal dan akhirnya gue pun berkesempatan buat liat upacara kematian yang namanya Rambu Solo', nah di acara ini biasanya mereka potong kerbau dan babi buat dijadiin suguhan ke tamu yang dateng. Makin banyak motong kerbau, makin terpandanglah keluarga itu berarti. 

Kubur batu di tebing, Lemo.
Gue agak sedikit mikir sih, ni orang Toraja kok kaya-kaya amat yah, bisa potong banyak kerbau dengan harga satu kerbau bisa puluhan bahkan ratusan juta, gimana kalo yang kurang berada yah, ternyata pertanyaan gue itu terjawab sudah, dikasih tau sama driver yang nyetirin, kalo orang Toraja ini biasanya ada utang piutang turun temurun. Maksudnya kalo misalnya nih ya keluarga kita ada yang meninggal, nah nanti orang-orang di kampung itu pada dateng bawa kerbau 1 misalnya, nanti berarti kita utang 1 kerbau ke yang bawa kerbau itu, nanti kalau ada keluarga mereka yang meninggal, ya kita bawa kerbau minimal 2, supaya utang kerbau kita lunas, terus gantian kita punya piutang kerbau, kaya arisan ya, tapi turun temurun dan ga berkesudahan, unik banget sistemnya ya.


Banyak juga yang nanya tentang mayat berjalan sendiri, jawabannya kata orang Toraja sendiri pun itu udah ga ada dari dulu, jadi bahkan mereka juga cuma denger cerita aja, katanya dulu sih ada orang yang punya ilmu bisa gerakin mayat jalan sendiri masuk ke dalem kubur batunya, sekarang sih udah ga ada lagi ceunah. Jadi ya kalo sekarang sih cuma ada upacara penggantian baju aja, nah karena biaya yang dikeluarin banyak, jadi kadang jasadnya bisa disimpen sampe bertaun-taun baru dikuburin. Gue juga mikir sih kok foya-foya banget ya keluarin banyak uang buat sebuah upacara, nah pas gue interview salah seorang ibu yang biasa dipanggil Nenek Aldy, katanya ya emang buat memperat tali persaudaraan juga, dan yang jauh jadi bisa dateng dan bertatap muka, jadi ya apalah artinya uang dibanding memperat tali persaudaraan. Iya juga ya, bener banget nih Nenek Aldy.


Nah banyak banget sih yang bisa dipelajarin di Toraja, disini juga banyak yang bisa dikunjungin, misalnya mau liat kubur batu, bisa ke Lemo. Mau liat rumah adat toraja (Tongkonan) bisa liat di Pallawa atau Kete kesu. Atau mau liat patung Yesus tertinggi di dunia ada di daerah Makale.

Aerial shot by Jovian Pangestu
Patung Yesus tertinggi di dunia iya ada disini di Toraja dengan ketinggian 40m, ngalahin yang ada di Rio setinggi 30,1m. Cuma kurang exposure aja sih, kenapa ya? Hmm. Jadi penasaran, apa yang jadi masalah. Ah never mind. Pokoknya Toraja itu gak serem, serius. Lebih ke menarik dan adat istiadatnya kentel banget, gue sih suka banget kesini, dan kalo pulang dari Toraja jangan lupa beli kopi dan tenun ya! 


Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!

Cheers,


Febrian






2 komentar:

  1. Eh busyet itu serius patung jesus nya tertinggi, ngalahin di rio ??? waduh bentar lagi syuting fast & furious bakal di toraja hehehe

    Waktu aku ke toraja terakhir, ini masih tahap penyelesaian blm kelar manja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, ga nyangka ya, kurang publikasi aja nih kayanya hehehe

      Hapus