Kamis, 09 Februari 2017

Sarapan ala Jopang di Pontianak!


Dalam rangka mau shooting Jurnal Indonesia Kaya di Singkawang pas perayaan Cap Go Meh, gue berangkat subuh menuju bandara Soekarno Hatta dan terbang ke Pontianak yang nantinya dilanjutkan perjalanan darat naek mobil ke Singkawang. Dari berangkat Jopang (salah satu team Jurnal Indonesia Kaya) yang asli orang Pontianak udah bilang ga boleh ada yang diet, dan pas gue tanya ke netizen, semua rekomendasi yang dikasih juga makanan, siap-siap longgarkan ikat pinggang yakan. 

Outer @bybinzu 
Jopang alias cuncun
anak minimarket
Eh bener baru aja 4 jam di Pontianak gue udah berpindah ke 3 tempat yang berbeda buat kulineran, kemana aja gue? Nih dia gue kasih tau pengalaman gue berkuliner pagi di Pontianak. 

1. Bubur Ikan Ahian

Gue adalah orang yang ga terlalu suka ikan sebenernya, tapi mau ga mau ya cobain ya, orang udah sampe sini dan diajak sama orang asli sini masa ga makan ya. Jadi semua toppingnya ikan, ada sayurnya juga, kuahnya gurih dan ga ada bau amisnya sama sekali. Tapi gue bingung deh, kenapa sih isinya bukan bubur tapi nasi, ada yang tau ga kenapa? Kalo tau kenapa tulis komen di bawah ya. Lokasinya ada disini.
Ikan dipotong-tong
ini dia nih bubur tapi nasi

2. Che Hun Tiau

Setelah makan bubur ikan, gue jalan kaki sekitar 100-200m untuk diajak makan Che Hun Tiau, semacem dessertnya orang sini, wah enaknya gila sih, apalagi karena gue suka banget ketan item, bongko, pake santen, nah Che Hun Tiau sendiri kaya semacem ager2 bening bentuknya kaya bihun, enak abis deh. Ga terlalu manis juga jadi dessert yang pas buat gue sih. 

santennya ya Allah
ini enak banget asli

3. Kopi Susu Asiang

Unik banget kedai kopi ini dan sangat terkenal di Pontianak karena yang bikin kopi ga pake baju, cuma pake celana pendek. Kopi susunya sih enak banget ya gue cobain rasanya kaya permen kopiko, serius. Hahaha. Kalo kata beberapa orang sih karena campur keringet yang buat ewwww. Tapi ya udahlah ya, orang enak juga dan ga bikin miskin, ya minum aja. Haha. Tempat ini bukanya cuma dari jam 3 pagi sampe jam 1 siang, terus buka lagi dari jam 6 sore sampe jam 9 malem. 

Kopi rasa Kopiko
Kopi acem?

4. Pengkang sambel kepah

Menuju ke Singakawang kita berhenti di daerah Peniti di rumah makan yang namanya Pondok Pengkang, sekitar 1 jam dari Pontianak. Yang paling otentik dari tempat ini udah pasti Pengkang-nya. Pengkang itu semacem bacang terbuat dari ketan yang dibungkus daun dan dibakar gt, isinya ada udang kecilnya, nah dimakannya pake sambel kepah, kepah itu kerang, rasanya enak sih pedes manis dan gurih, saran gue kalo emang mau ke Singkawang dari Pontianak, mampir deh disini.

Ini enaaaaaak banget
Sambel Kepah (kerang)
Pengkang
Setelah sarapan di Pontianak yang kayanya sebenernya menunya kaya makan siang ya, dari bubur sampe kopi susu, akhirnya perjalanan sesungguhnya dilakukan naek mobil sekitar 3 jam menuju Singkawang untuk shooting Jurnal Indonesia Kaya disana, kayanya emang seru banget disana ada makanan apalagi ya? Lama-lama gue alih profesi jadi food blogger kali ya, haha. Tapi walaupun gue bukan food blogger, tapi gue emang suka banget makan sih, ya gapapa kan ya, yang penting jangan makan temen. Sampai jumpa di tulisan berikutnya ya, hopefully gue akan nulis pengalaman gue pas Cap Go Meh di Singkawang!

3 jam perjalanan yang super bermakna
Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!

Cheers, 



Febrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar