Kamis, 09 Maret 2017

Menjelajah kota Balikpapan dan sekitarnya!

Balikpapan memang bukan ibukota Kalimantan Timur, karena ibukotanya itu Samarinda, tapi Bandara yang besar ya adanya di Balikpapan, bagus banget pula. Jadi kalo yang gue liat kok malah lebih bagus Balikpapan jadinya ya, well itu cuma pendapat gue doang sih. Kali ini gue ke Balikpapan bareng tim Jurnal Indonesia Kaya (tunggu tayangnya ya, sementara nonton episode Singkawang disini).

Bpn from the top

BISA NGAPAIN AJA DI BALIKPAPAN? 

1. Makan / Kuliner

Coba kalo ke Balikpapan pasti semua temen lo akan suruh lo makan kepiting Dandito / Kenari ya gimana enggak, orang enak banget kok. Kepitingnya seger-seger banget, bahkan meskipun maskot kota Balikpapan itu beruang madu, tetep aja makanan yang favoritnya ya kepiting, ati-ati kolesterol yah, harus tau batasannya. Haha. Terus bisa juga makan soto banjar, duh enak banget gue sih suka banget sama rasa kuahnya yang seger banget, coba cari Soto Banjar Kuin Abdhu, mantep tuh bisa sekalian makan sate juga disini. 

Soto Banjar Kuin Abdhu
Sate Kuin Abdhu
takis sampe abis
Kenikmatan tiada tara

2. Ngasih makan buaya 

Emang sih agak jauh, kaya sekitar 1 jam lah dari pusat kota, but it's totally worth the journey though. Jadi ada penangkaran buaya di Teritip, disini ada lebih dari 1500 buaya hidup yang menyeramkan dan siap menerkam. Nah kita bisa kasih makan buaya-buaya ini, seru abis sih. Dengan 10rb / ayam mati (yang bau) kita bisa liat kaya di Natgeowild gitu, rusuh dan seru abis liat mereka rebutan ayam, sayang masih ada banyak sampah. Mudah2an lo yang mau kesini nanti, ga nyampah yah. Oh iya masuk sini bayar per orang 15rb rupiah. 

Captured by Lumix GX8

Cukup menggelikan

Ayamnya bau banget, fokus pada jari gue

3. Ketemu beruang madu

Untung-untungan buat ketemu beruang madu di Enklosur beruang madu yang letaknya 23km dari pusat Kota Balikpapan ini. Kalo lagi beruntung ya bakalan bisa liat, kalo ga beruntung ya gigit jari aja foto bareng patungnya. Haha. Beruang madu jadi maskot kota yang udah nyabet 15 piala adipura ini, ada 7 beruang madu yang sekarang ada di enklosur ini, dan ga dipungut biaya buat masuk ke tempat ini, jadi siapin aja sedikit uang (banyak juga boleh) buat di kotak donasi di deket enklosur beruang madu-nya. Beruntung pas gue kesana ketemu sama beruang madunya, gemes banget dia males-malesan di atas pohon. Andaikan bisa dipeluk, udah lama nih ga ada bahan pelukan. Eh gimana? haha. 

Ini dia nih Adipuranya Bpn
Ya kalo ga ketemu ama yang asli, poto ama dia aja, haha.
Gemes banget kan si beruang madu

4. Liat Bekantan

Di area Balikpapan, ada sebuah Mangrove Centre, dan di hutan bakaunya ada bekantan yang merupakan hewan endemik Kalimantan yang populasinya lebih dari 500 ekor. Untuk liat bekantan, harus naek perahu sekitar 1 jam lah sampe kembali lagi ke darat seharga 300rb rupiah per kapal bisa muat sampe 7 orang, ini kali pertama gue liat bekantan yang hidup di habitat aslinya, mereka beda dari primata lainya agak sedikit pemalu, jadi kalo emang pengen foto bekantannya mending bawa lensa tele, sayang banget gue ga bawa lensa tele jadi ga terlalu bisa moto secara close up. 

Bekantan bukan mantan
RCTI oke
Balikpapan ternyata menarik banget buat dieksplor yah, masih banyak tempat lain yang bisa dikunjungin disini, sayang waktu gue ga banyak di Balikpapan, jadi cuma segitu yang bisa gue share, mudah-mudahan berguna buat lo yang mau berkunjung kesini yah, inget kalo makan kepiting jangan kebanyakan, karena yang bisa kontrol badan kita ya diri kita sendiri, siapa lagi?

Mangrove Centre Balikpapan

Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan! 

Cheers, 


Febrian


Tidak ada komentar:

Posting Komentar