Minggu, 16 April 2017

Larantuka yang terkemuka!

Kalo denger nama Flores pasti yang langsung muncul di benak kita ya cuma Labuan bajo atau Wae rebo, mentok-mentok Ende deh karena ada Danau Kelimutu. Kali ini gue mau bahas Flores di bagian ujung timur, yaitu Larantuka, yang terkenal dengan sebutan Kota Ratu, kenapa gitu ya sebutannya? 

Pulau Solor dan Adonara dari kejauhan
Jadi setelah nanya-nanya sama beberapa penduduk asli Larantuka, gue tau kenapa Larantuka disebut kota Ratu, karena sekitar 500 tahun lalu ditemukan patung Bunda Maria disini di lautan, ada yang bilang itu akal-akalan misionaris aja jaman dulu nyimpen patung itu disitu, ada juga yang bilang yang nemuin nelayan tadinya rupanya seorang wanita, pas manggil orang diliat udah jadi patung, tapi yang pasti inilah asal muasalnya kenapa ada Semana Santa di Larantuka. Semana Santa itu berasal dari kata Semana yang artinya Minggu dan Santa yang artinya suci, jadi Semana Santa itu Minggu suci sebelum paskah. Iya gue dateng ke Larantuka kali ini buat ikutan festival Semana Santa bareng tim Jurnal Indonesia Kaya

Seorang suster sedang mengikuti prosesi
Mater Dolorosa depan Kapela Tuhan Anak

Acara Semana Santa dilakuin setiap tahun udah sekitar 5 abad secara turun temurun setiap paskah, jadi tiap paskah pasti Larantuka rame banget didatangin para peziarah baik dalam pulau maupun luar pulau, kemaren ini aja ada sekitar 2500 peziarah yang terdaftar, yang ga terdaftar bisa 2 kali lipetnya, karena emang rame banget tapi tertib dan tetep damai, keren ya. 

Mohon berkat dan berdoa di Patung Tuhan Anak
Sakramen Ekaristi di Katedral Larantuka
Tuhan Ma
Para panitia di upacara pembukaan pintu Kapela Tuhan Ma
Semana Santa ini banyak prosesi yang dilakuin ada Sakramen Ekaristi dari Rabu Trewa, Kamis Putih, Jumat Agung dan sebagainya. Gue dateng di hari Rabu dimana ada Misa Rabu Trewa dan dilanjutin pembunyian seng di sepanjang jalan yang melambangkan suara prajurit dimana malam Tuhan Yesus ditangkap, menarik ya. Tapi dari semua prosesi yang gue ikutin dari mulai Cium Patung, arak-arakan, jalan salib dan lain-lain. Ada satu yang paling menarik buat gue yaitu Prosesi laut Tuhan Meninu. 

Semua ikut serta mengantar Tuhan Meninu di Prosesi Laut
Prosesi Laut Tuhan Meninu
Prosesi laut Tuhan Meninu ini dilakukan pas Jumat Agung dimana Patung Tuhan Meninu dianter ke Armida lewat laut pake kapal, dan hampir semua kapal di Larantuka ikut nganter Patung Tuhan Meninu ini ke Armida lewat laut, apa sih Armida? Armida itu salah satu tempat pemberhentian pas jalan Salib. Disini gue ngeliat dimana beberapa kapal yang berisi ibu-ibu terlihat berkabung dan sambil baca doa Salam Maria sepanjang perjalanan, bener-bener keren dan bikin merinding. Bisa diliat juga para peziarah dan panitia semua saling membantu dan gotong royong, bener-bener keren. 

Antrian para umat yang mau berdoa dan memohon berkat serta mencium Tuhan Anak
Selain gue ikut Festival Semana Santa, gue juga sempet berkunjung ke beberapa tempat yang menarik di sekitaran Larantuka, kaya Pantai Kawaliwu yang ada mata air panasnya pinggir pantai, Pemandian air panas di sekitar Mokantarak beach yang masih alami banget, sampe berkunjung ke Pulau Solor timur liat ibu-ibu menganyam dan ke Ladang Sorgum di Likotuden. 

Tertawa sebelum celana gue dimasukin serangga
Ladang Sorgum
Solor timur from the top
Sudio Vasa Bla earphone bluetooth menemani perjalanan gue
Pantai Kawaliwu
Air Panas Mokantarak
Mama Rosa yang ahli menganyam
Larantuka itu bener-bener damai, orang-orangnya ramah dan sangat terbuka sama orang luar, mampir ke Larantuka deh karena orang-orang disini pasti nerima lo dengan tangan terbuka, kondisi alam yang masih alami dan suasana damai yang menenangkan selalu ngangenin buat ada di Larantuka, buat yang beragama Katolik, harus banget cobain rayain paskah di Larantuka, kalo penasaran gimana perayaan paskah disini, tunggu Jurnal Indonesia Kaya episode Larantuka ya! 

Senja yang sangat cantik di Katedral Larantuka saat Misa Rabu Trewa

Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan! 

Cheers, 



Febrian

1 komentar:

  1. Selalu tertarik untuk membaca hingga titik kalimat terakhir nih kalo cerita tentang indahnya Indonesia dan keberagamannya. Thanks for the story. GBU.

    BalasHapus