Minggu, 23 April 2017

Ada apa dengan Nara?

Seperti janji gue di tulisan gue sebelumnya bahwa gue mau ngebahas tentang Nara secara tersendiri, ini dia tulisan tentang Nara. Nara itu merupakan ibukota Jepang tapi udah duluuuu banget sebelum sekarang Tokyo, jadi bisa dibilang Kota Nara ini menyimpan berjuta cerita, gimana enggak, orang Sake aja berasal darisini lho, maskot atau ikon dari Nara itu adalah rusa, karena emang rusa disini jinak dan populasinya banyak banget sekarang aja katanya populasinya sekitar 1500an dan setiap tahun sekitar 100 rusa kehilangan nyawanya karena ketabrak mobil, kasian ya. Tapi gapapa, gugur satu tumbuh seribu yah. Nara ini cantik banget kotanya, gue sih suka.


Kacamata ini udah rusak, sedih.

HOW TO GET THERE

It's really easy to get to Nara, bisa dari Kyoto cuma sejam-an lah kurang lebih, dari Osaka juga bisa segituan juga waktunya, kalo naek Shinkansen ya, tapi naek bus juga waktu tempuhnya mirip-mirip juga sih. Kalo udah punya JR Pass sih enak yah, ga perlu beli tiket lagi yah kesini-nya. Keretanya juga nyaman kok, sebenernya bisa one day trip ke Nara terus nginepnya di Kyoto kaya yang gue lakuin kemaren ini, tapi kalo mau nginep juga bisa kok, banyak penginapan atau bisa air bnb juga.

ADA APA SIH DI NARA?

1. Nara Park

Nara park memang paling terkenal di Nara, karena sesuai sama maskot kotanya rusa, di Nara park ini terdapat banyak banget rusa jinak yang hidup berdampingan ama manusia. Jadi yang bikin lebih menarik lagi adalah karena di Nara Park ada tradisi pemanggilan rusa pake terompet gitu, nah ini free of charge buat turis di 2 minggu terakhir bulan Februari sampe awal Maret, dan Juli akhir sampe Agustus, diluar waktu tersebut per grup harus bayar sekitar 2,4jt lah kalo di rupiahin. Cara ke Nara park ini gampang banget, bisa naek taksi dari stasiun JR sekitar 200rb an, atau naek bus umum (cari bus nomor 2) seharga 30rb rupiah lah, tradisi ini jam 10 pagi mulai, jadi kalo mau liat magical momentnya, jangan sampe telat yah.


Deers whisperer?

2. Harushika Sake Testing

Harushika Sake testing seru banget, karena di tempat ini cuma bayar sekitar 50rb rupiah aja kita bisa cobain sekitar 5 jenis sake yang ada, dari yang kadar alkoholnya rendah sampe tinggi, terus serunya lagi ada yang jelasin tentang masing-masing sakenya, oh iya tau gak sake itu asalnya dari Nara lho ternyata.
Yang paling gue suka yang nomor 2 

3. Naramachi toy museum

Jalan kaki sekitar 10 menit sampelah di Naramachi toy museum, tempatnya gak besar dan gratis masuknya, tempat ini menarik banget udah berdiri sekitar 120 tahun an, wah lama juga yah macem nyonya meneer, lol. Tapi dalemnya menarik banget dan masih terjaga maenan-maenan sederhana yang kebanyakan terbuat dari kayu ini.


Unik kan maenannya?
4. Todai-ji temple

Di temple ini ada Birushana Budha yang gede banget terbuat dari logam setinggi 80 meter, dan katanya udah direkonstruksi 3 kali, nah ada kepercayaan kalo mau permintaannya dikabulkan, harus keliling 100 kali di patung Budha itu, kalo menurut gue sih daripada keliling 100x disitu mending waktunya dipake buat usaha supaya bisa dapetin yang kita mau itu gak sih? lol. Nah temple ini bersebelahan sama shrine jadi menarik banget menurut gue mereka bisa hidup berdampingan dan damai. 

Ini Budha-nya


Ini dia templenya
Selain tempat-tempat di atas di Nara juga lo bisa makan Okonomiyaki, semacem telur dadar yang isinya macem-macem, kemaren pas gue kesana gue makan itu di sebuah restoran, nama restorannya adalah Okaru di area Higashimuki shopping street. Selain itu gue coba naekin Jinjigisha sekitar 30 menit lah keliling-keliling dengan harga sekitar 500ribu rupiah-an. 
Okonomiyaki yang enak banget
Like a boss lol
Gue suka banget di Nara, selain karena semua yang udah gue tulis di atas, karena Nara juga ada di Kansai area, jadi ya ga jauh dari Osaka Kyoto, jadi selain Tokyo, Osaka, Kyoto coba deh kalo lo ke Jepang ke Nara juga, gue yakin lo bakalan suka sama tempatnya, dan ga nyesel karena Nara kotanya enak banget. 


Sake testing
Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!

Cheers, 



Febrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar