Senin, 24 April 2017

Pesona Pulau Bangka!

Akhirnya ada cerita baru lagi nih sepulang dari Bangka, kita tau banget tentang Pulau Lengkuas di Belitung, tapi tau gak di Bangka ada apa? Gue juga kalo ga kesana sendiri ga akan pernah tau. Jadi Bangka dan Belitung itu termasuk ke Provinsi Bangka Belitung atau Babel, nah Bangka dan Belitung itu beda pulau, jadi ya beda Bangka sama Belitung. Kali ini gue mau share pengalaman gue di Bangka, karena kalo Belitung semua pasti udah banyak yang tau. 


Pantai Lampu

HOW TO GET THERE 

Pesawat ke Bangka itu tujuan yang dicari itu Pangkal Pinang, dengan durasi sekitar 40-50 menit dari Jakarta, deket ya? Bahkan kadang Jakarta Bogor kalo macet bisa lebih lama. Haha. 

Menuju Pulau Kelapan
Ada apa sih di Bangka? Jawabannya adalah banyak yang bisa di explore dari pantai sampe kuliner. Nah gue mau share kemana aja pas gue di Bangka dan ngapain aja, here we go:

1. Wisata kebun dan petik lada

Sesampenya gue di Pangkal pinang, keesokan harinya gue langsung diajak buat ke kebun lada, baru pertama kali liat kebun lada, sedikit ngobrol sama Ibu kepala desanya, katanya lada itu pertama ditanam sekitar 2 taun baru akan berbuah dan berikutnya setiap 8 bulan baru akan bisa dipanen, biasanya kalo pohon merambat ini bagus, bisa sampe sekitar 7 - 8 kali panen, karena waktunya lama. Jadi biasanya warga sini tumpang sari sama pohon karet atau sawit, abis dipanen diproses sampe jadi lada putih bubuk itu lama ternyata, jadi kalo harga lada mahal jangan protes ya. 
Lada yang siap dipetik
Kebun lada

2. Snorkeling di Pulau Kelapan

Seperti yang lo semua tau, gue suka banget nyebur dimana-mana, cuma lautan asmara aja yang kurang gue suka, abis suka dikecewain terus, jadi cape. Tq. Nah di daerah Bangka Selatan ada yang namanya Pulau Kelapan sekitar 2 jam naek kapal dari Pelabuhan Sadai, ada area di sekitar Pulau Kelapan yg banyak koral dan ikan  warna-warninya, tapi sayang sebagian areanya banyak koral yang udah mati, mudah-mudahan ke depannya diadain penyuluhan tentang pentingnya buat jaga ekosistem laut, soalnya kan buat keuntungan penduduk sekitar juga kalo tempat ini jadi makin bagus dan terjaga, bisa datengin banyak turis dan sumber pemasukan tambahan buat warga sekitar. 

Hi Nemo!

Walau keujanan, tetep seru!
Hello from the other side!

3. Gogoleran di Pantai Lampu, Desa Tanjung Labu. 

Selesai snorkeling dan kebetulan hujan gede banget, gue menuju ke Pulau Lepar tepatnya Pantai lampu, Desa Tanjung Labu buat makan siang, dan abis itu gue gogoleran di pasir yang empuk banget dan lembut kaya kasur spring bed (lebay deng) tapi sumpah enak banget, sepi bersih dan airnya biru banget, ada ayunan juga sih tapi ya udah aja sih kalo ayunannya, tapi pantainya seenak itu buat gogoleran dan nikmatin suasana, highly recommended.


Chillin


Golar goler asik

4. Makan kepiting di Wisata Mangrove

Ada wisata Mangrove yang bukan di Tukak ya, ada lagi yang baru dibuka Januari 2017, this place is really nice, selain ada hutan mangrove dan dianter masuk ke dalem pake kapal dan lewatin sungai yang kanan kirinya seru banget berasa di amazone, disini juga bisa ambil udang dan kepiting sendiri di kaya kolam alami gitu dan langsung dimakan, kepitingnya enak banget dan seger, gila sih fresh dan manis gitu, padahal cuma direbus doang. 


Amazon? Bukan, Bangka.

Kepiting super enak
Bajunya beli di Bangkok
Keren yah, Bangka emang mengejutkan.

5. Adrenaline rush di Danau Kaolin Bangka Tengah 

Danau Kaolin terbentuk karena bekas tambang timah dan airnya biru banget sama sekelilingnya putih jadi kaya danau biru yang dikelilingin es, keren deh, dan selama ini gue taunya di Belitung yang ada danau kaolinnya, ternyata di Bangka juga ada, dan malah menurut gue lebih keren, cuma emang yang belum banyak yang tau aja. Menuju Danau Kaolin gue naek motor trail, seru banget deh.


Sebiru itu airnya

Bahagia nemu tempat sebagus ini

Kaya tebing es kan?
But first, lemme take a selfie!

6. Seseruan di Pantai Parai 

Pantai Parai selain ada resortnya, ada juga pantainya yang baguss banget, ga terlalu jauh dari pusat kota Pangkal Pinang juga. Jadi harus banget kesini walau cuma buat seseruan foto atau chill aja. 


Rock island, Pantai Parai.

Sepanjang jalan kenangan
As hot as me? lol.

7. Makan Pempek dan Otak-otak di Graha Otak-otak

Lokasinya di pinggir sungai di pusat kota Pangkal Pinang, strategis banget, dan enak banget sumpah gue kalap makan disini, otak-otaknya enaaaak banget, gue bisa ngabisin 20 sendiri, jadi kalo ke Pangkal Pinang jangan lupa mampirin. 


Enak banget!
Bangka ternyata banyak yang bisa dikunjungin dan dieksplor, tapi mungkin ya aksesnya yang agak susah ditempuh kalo ga pake kendaraan pribadi, jadi saran gue kalo mau berwisata di Bangka mending sewa mobil aja rame-rame, karena potensi pariwisata di Bangka ini bagus banget, gue yakin beberapa tahun lagi akan makin bagus dan berkembang, karena emang dasarnya udah menarik jadi tinggal dipoles dikit aja infrastrukturnya, ayo berkunjung ke Bangka, karena Bangka itu kaya harta karun yang lagi nunggu buat ditemuin. Ga disangka-sangka ternyata Bangka itu indah dan kaya banget. 


my fave swimshorts!

Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan! 

Cheers, 


Febrian



4 komentar:

  1. K3rennnn euyyy...
    Terimakasih mas febrian...sudah mengeksplore bangka...
    Luph you poll dah...
    Hahayyy...
    Lebayy...gpp deh..mas arigato..habis kayak jepun deh gaya iket kepalanya...aisshhh...
    Pokoknya thanx a lot lah ats story ny...
    Fitri..

    BalasHapus
  2. mantap nih danau kaolin, di Belitung juga ada kan ya? haha

    -M.
    http://www.inklocita.com/2017/04/yantra.html

    BalasHapus
  3. bener danau kaolin di bangka lebih spektakuler sebenernya

    BalasHapus
  4. Keren kak.. Semoga kita bisa papasan saat jalan2 ya..

    BalasHapus