Jumat, 26 Mei 2017

Nyobain jadi orang Toraja sesaat!

Halo teman-teman akhirnya jumpa lagi dengan cerita baru gue, as you know terakhir gue baru aja pulang dari Toraja. Ini bukan yang pertama kali gue ke Toraja, tapi kedua kalinya, pertama kali gue ke Toraja waktu itu bareng sama tim Jurnal Indonesia Kaya, videonya bisa diliat disini. sekarang gue mau share pengalaman gue ke Toraja kemaren bareng @endeso.id.

Rumah Tongkonan di Kete Kesu saat pagi hari.


HOW TO GET THERE


Ke Toraja dari Jakarta itu biasanya naek pesawat sampe Makassar lalu bisa dilanjutkan naek bus atau mau naek pesawat lagi juga bisa, kalo naek pesawat sekitar 300rb-an dengan waktu tempuh sekitar 1 jam, sedangkan gue kemaren ini naek bus sekitar 130-150rb dengan waktu tempuh sekitar 8-10 jam, tapi busnya nyaman sih, sleeper bus gitu, ngingetin waktu gue naek bus di Myanmar, nyaman kok bisa tidur, saran gue sih mendingan kalo mau naek bus itu malem, berangkat sekitar jam 8-9 malem, sampe Rantepao (Toraja) sekitar jam 6 pagi.

Pas terbang dari Jakarta, dapet sunset yanng keren banget di atas pesawat.


NGAPAIN AJA DI TORAJA?


Berhubung gue ke Toraja bareng @endeso.id, jadi ga perlu bingung mau ngapain disana dan kemana, soalnya bisa langsung nyobain kearifan lokal yang udah dipilih sebelum berangkat di website mau ngapain aja pas di Toraja, jadi ngapain aja pas gue kesini? ini dia si jali-jali.


Gue dan @bismoaryow

1. Belajar Membatik

Pagi itu sesampenya gue di Toraja, langsung menuju homestay yang gue book di @endeso.id, lalu langsung menuju SMK di daerah Kete Kesu untuk membatik, seru banget membatik kali ini, karena harus ngegambar motifnya sendiri, terus abis gitu motifnya khas Toraja, dilanjutin dengan proses membatik menggunakan malam dan canting, dijemur, pewarnaan sampai jadi, prosesnya ga terlalu lama karena kainnya kecil juga sih ga terlalu gede, tapi seru juga bisa ngikutin dan tau proses buat batik, ga cuma bisa pake pas jadi aja.

Pas lagi proses ngewarnain, pake tuak juga lho.

Rapih juga ya hasil gue pake canting hehe.

2. Belajar Mengukir dan Melukis

Selain Jepara, Toraja juga terkenal sama ukirannya lho, liat deh rumah - rumah Tongkonan khas Toraja itu, bener-bener cantik banget. Nah akhirnya gue tau proses pembuatan ukiran tersebut, kalo belajar mengukir kayu dari 0 banget sampe bisa, katanya gue harus minimal sebulan lah, wow lama yah. Akhirnya ya gue cuma liatin aja dan belajar mewarnai ukirannya, seru juga karena belajar sesuatu yang baru yah, dan pewarnaannya pake pewarna alami, kaya batu, kapur dan dicampur tuak, nah kece juga ya tuak ini, katanya bisa bikin warnanya lebih keluar, pewarnaan batik disini juga begitu.

Warnainnya pake pewarna alami nih.

Captured by @bismoaryow

3. Belajar menenun

Belajar tuh emang ga ada abisnya, dan gue suka banget buat belajar hal yang baru, misalnya belajar mengenal sebuah budaya baru, belajar menghargai diri sendiri (PENTING BANGET) lol. Nah kali ini gue belajar menenun di daerah Sa'dan, ternyata menenun itu susah sekali, dan dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan, nah gue sebagai orang yang agak kurang sabar kurang telaten, tapi sabar menunggu sih, agak sedikit kesulitan untuk menenun, biasanya menenun ini dilakukan oleh wanita juga kan, cuma ya namanya belajar kan ga ada salahnya, kalo ga dilanjutin ya udah, yang penting kan udah tau, proses pembelajaran juga namanya kan. Sebuah kain tenun bisa diselesaikan dalam waktu 7 hari bahkan ada yang bertahun-tahun, jadi kalo tenun harganya mahal, jangan protes ya, itu kan sebuah karya, karena menurut gue karya itu harus dihargain, berapapun harganya tergantung dari si pembuat karya, kalo ke Toraja beli tenun buat oleh-oleh ya, buat orang yang terdekat atau yang lagi deket.

Susah juga ternyata, untung nek kevin sabar, hehe.

Bersama dengan Nek Kevin.

4. Kete' Kesu

Ada sebuah tempat yang otentik banget namanya Kete Kesu, dimana terdapat Tongkonan dan juga kubur batu, kebetulan banget gue tinggal di homestay yang sebrangnya persis, jadi tinggal jalan kaki kesini, rumah-rumah adat khas pun berdiri kokoh, ada yang umurnya udah ratusan tahun lho, menarik banget kan, harus banget kesini ya kalo ke Toraja.

Kete kesu.

5. Batutumonga

Dua jam dari pusat kota Toraja, ada daerah yang namanya Batutumonga, tempat ini lebih tinggi lagi lokasinya dari pusat kota yang memang juga udah tinggi, dingin dan seru banget tempat ini, dan berkat booking homestay dari @endeso.id jadi gue dapet penginapan yang bentuknya Tongkonan, sunrise dan sunset disini bagus sekali karena katanya seperti lagi ada di atas awan, tapi pas kemaren gue kesana, sayang banget lagi berkabut, tapi tetep indah sih, gue sekali tempat yang berkabut. 

Depan kamar di penginepan di Batutumonga.

Pagi itu di Batutumonga, cari sunrise malah dapet kabut.

6. Belajar masak

Salah satu cultural experience yang bisa dicoba di Toraja via @endeso.id adalah belajar memasak makanan lokal, nah kali ini gue belajar masak papiong ayam bareng sama Mbak Bunga, menarik banget bikin makanan ini, dan hasilnya enaaaak banget, sekalian bisa langsung disantap juga, dari siapin bahan sampe masak dan mateng, rasanya bangga, bisa masak dan hasilnya enak, padahal sih yang ngebumbuin ya bukan gue, tapi ya seru aja. haha.

Bersama Kak Bunga yang sabar.

Papiong masaknya dimasukin ke bambu lho.

Pas lagi motong-motong.
Kok bisa sih gue ke sebuah daerah dan nyobain macem-macem, gimana caranya? Gampang banget caranya bisa langsung aja klik endeso.id dan pilih lokasi, homestay, juga cultural experience yang dimau disebuah daerah, contohnya gue kan ke Toraja, nah gue pilih langsung apa aja yang pengen gue cobain dan harganya pun terjangkau. Jadi kalo pergi ke sebuah tempat itu ga cuma tau permukaannya doang, tapi bisa terjun langsung nyobain dan tau kearifan lokalnya kaya gimana. Toraja ngajarin gue banyak hal baru, dan gue yakin masih banyak daerah yang nunggu gue datengin dan akan ngajarin gue banyak hal juga, thanks for the lesson, Toraja!

Kamar homestay di Kete kesu, book homestay-nya via endeso.id

Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!


Cheers,


Febrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar