Selasa, 15 Agustus 2017

Harta Karun dari Ibu Pertiwi

Indonesia sangat kaya dengan budaya dan juga tradisinya, dari Sabang sampai Merauke kita punya beranekaragam harta karun yang bahkan masih banyak yang belum tau. Kemaren ini gue baru aja pergi bareng sama 9 travel blogger dari mana-mana, kaya UK, India, Canada, USA dll buat jelajah harta karun berupa budaya dan tradisi yang masih banyak dari kita yang belum tau, gue berjalan dari manortor di kawasan Toba, pake baju adat jawa di Surakarta, nelusurin sejarah di Lawang sewu, liat rumah adat Toraja yang disebut Tongkonan, sampe berakhir ngeteh bersama Raja dan Ratu Bali di Puri Agung Peliatan di daerah Ubud. Gimana lengkapnya, nih gue jelasin per kota yang gue datengin ya. 

View Danau Toba dari TB Silalahi

1. Danau Toba

Danau yang merupakan danau vulkanik terbesar di dunia ini lokasinya ada di Sumatra Utara, kalo mau kesini bisa naek pesawat ke Medan atau langsung ke Bandara Silangit dan ngelanjutin perjalanan darat, kalo dari Silangit pastinya jauh lebih deket. Yang paling terkenal disini udah pasti cerita rakyat dan kepercayaan masyarakat bataknya, dari museum TB Silalahi sampe manortor dan Si gale-gale, semuanya bener-bener menarik buat ditelaah, gue jadi tau kalo jaman dulu itu orang batak kanibal lho, tapi tenang aja sekarang udah enggak lagi. Orang batak hebat banget ya masih sampe sekarang tali persaudaraan mereka kuat banget karena emang tradisi dari nenek moyangnya masih dijalanin sampe sekarang.

Tarian batak di Museum TB.Silalahi
sunrise di Danau Toba

2. Solo/Surakarta

Udah pernah ke Solo? Pasti banyak yang udah kan, selain terkenal sama Pasar Triwindu  dimana banyak barang-barang antiknya, disini juga terkenal banget sama sentra batiknya, gue dan yang lain liat proses membatik, ke museum batik dan udah pasti belanja batik. Jadi batik ini macem-macem banget ada yang tulis dan ada juga yang cap, kalo yang print itu buka batik ya, karena yang namanya batik itu harus  ngelewatin proses pelilinan, jadi motif yang digambar itu dibatik pake canting atau cap baru nanti setelah macem-macem proses yang panjang, jadilah sehelai kain batik. Menarik, makanya batik tulis itu harganya ga murah, apalagi yang pake pewarna alami dari alam bukan buatan, emang ya harga tuh ga pernah bohong. Gue jadi makin bisa ngehargain lagi warisan budaya Indonesia yang satu ini.

Batiknya bagus banget!
OOTD
How do I look?
Roemahkoe, Solo.

Membatik
Museum Batik Danar Hadi

3. Semarang

Walaupun cuma punya waktu singkat di Semarang, tapi selain lumpia, Semarang punya cerita sejarah yang banyaaak banget, dari mulai Lawang sewu yang dulunya stasiun kereta api sampe kawasan kota lama Semarang yang terkenal sama Gereja Blenduknya yang merupakan peninggalan dari jaman Belanda, disini gue jadi tahu bahwa akibat dari penjajahan Belanda ga cuma ninggalin bekas sakit hati di masyarakat aja, tapi juga ninggalin peninggalan gedung-gedung yang cantik dan cerita sejarah yang menarik banget.

@jovitaayu at Lawang Sewu

Gereja Blenduk

4. Toraja

Sebuah daerah yang merupakan salah satu tempat favorit gue ini nyimpen banyak harta karun baik secara terlihat ataupun tidak. Toraja dingin dan nyimpen banyak budaya dan tradisi yang sampe sekarang masih terjaga, terutama upacara-upacara adatnya. Dari Rambusolok (upacara kematian) sampe kubur batu yang masih terjaga keasliannya sampe sekarang, kalo ke Toraja jangan lupa cobain juga kopinya ya. Tenun Toraja juga bagus banget dan pembuatannya ga gampang. Pulang dari Toraja gue jadi makin kagum sama keanekaragaman budaya dan tradisi yang ada di Indonesia, kebayang kan gimana orang Toraja ngawetin mayat dari jaman dulu.

Ke dalem kuburan pake petromax.
Kete Kesu

Di dalem kuburan batu, Londa.


Menenun

5.Bali

Udah ga perlu diraguin lagi kalo Bali jadi tujuan utama para turis luar atau dalem negeri, dari mulai pantai dan air terjunnya pasti orang udah banyak yang tau, mungkin orang juga tau tentang budaya dan tradisi yang kentel banget di Bali yang mayoritas beragama Hindu ini, tapi gue baru tau kalo biasa yang ada di foto-foto, ibu-ibu Bali yang bawa macem-macem buah-buahan makanan di atas kepala tinggi itu dinamain gebogan dan itu persembahan buat sembahyangan, itu ga maen-maen sih beratnya lebih dari 5kg, hebat ya ibu-ibu itu.

Belajar main alat musik Bali
Membuat gebogan
Wanita Hebat

Indonesia memang kaya banget sama kekayaan alamnya, tapi ga cuma itu, Indonesia juga kaya sama budaya dan tradisi, perjalanan gue bareng #TripOfWonders kali ini bikin gue makin kenal lagi sama Ibu pertiwi secara lebih dalem, ga cuma di permukannya aja. Bikin gue makin penasaran sama harta karun yang udah disiapin sama Ibu pertiwi buat kita temuin, gue jadi makin pengen nyari harta karun itu dan ngebagiin ke semua anak-anak Ibu Pertiwi yang ga punya banyak waktu buat ngejelajah Tanah Air kita ini, mudah-mudahan gue dikasih kesempatan dan kesehatan buat terus nyari harta karun itu. Perjalanan kali ini juga bikin gue berpikir untuk selalu ngeliat hal baik dari apapun yang dialamin, jangan cuma hal buruknya aja. Cinta budaya, cinta Indonesia.

Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!

Cheers,




Febrian

1 komentar:

  1. gue pengen banget keliling Indonesia! thanks udah sharing bang. semoga kita berpapasan.

    BalasHapus