Senin, 06 November 2017

Ayo Liburan ke Banyuwangi!

Banyak banget destinasi wisata yang bisa didatengin di Indonesia, salah satunya ya Banyuwangi, sebuah kita di ujung Jawa Timur, nyebrang dari Bali bisa naek kapal, kalo dari Jakarta sih naek pesawat aja, sekarang Garuda Indonesia udah ada pesawat yang direct ke Banyuwangi tanpa transit dulu, nah kemaren ini gue baru abis dari Banyuwangi ikutan program #AyoLiburan, seru banget sih eksplor daerah Banyuwangi dan sekitarnya.

Baluran National Park 

Banyuwangi tuh memang belum terlalu dikenal sama banyak orang, tapi gue dulu pertama kali kesini sekitar 3 tahun yang lalu dan langsung jatuh cinta sama daerah ini, ternyata banyak banget tempat-tempat yang bisa didatengin dan bagus disini. Nih gue ceritain perjalanan gue ke Banyuwangi dan sekitarnya kemaren ini kemana aja dan ngapain aja.

Masker alami, location : Taman Nasional Baluran

1. Ngelepas tukik di Pantai Cemara

Pantai Cemara emang terkenal banget sebagai tempat penyu bertelur dan ada penangkaran penyu juga disini, ada beberapa jenis penyu yang suka bertelur di area sini ada penyu lekang, penyu hijau dan penyu tempayan, nah yang kali ini dilepasin itu penyu lekang. Konservasi penyu disini udah ada dari tahun 2013. Gue baru tau juga buat ngelepas tukik tuh waktu terbaiknya adalah pagi atau sore hari biar ga terlalu panas dan ga terlalu banyak predator. Penyu yang dilepas biasanya akan balik lagi ke tempat dia dilepas buat bertelur, menarik ya, semacem kacang yang ga akan pernah lupa ama kulitnya, harusnya kita sebagai manusia belajar juga ya sama penyu.

Pantai Cemara
Tukik gemes
good luck dear tukik!

2. Makan nasi tempong Mbok Nah

Siapa sih yang ga suka pedes? Kayanya sih jarang ya orang Indonesia yang ga suka pedes, kalo gue pribadi sih suka banget makan pedes, nah buat lo yang suka pedes, pasti suka bangt makan di nasi tempong Mbok Nah. Jadi sambelnya tuh emang pedes banget, tapi enak sih, katanya saking pedesnya tuh kaya berasa ditampar, nah tempong itu artinya katanya tampar, jadi ini kaya makanan pilih-pilih ayam goreng, bakwan jagung, gitu gitu, enaaak pokoknya.

Sambelnya enak banget sih, pedesnya belakangan.

3. Taman Nasional Baluran dan Pantai Bama

Lokasinya memang bukan di Banyuwangi tapi di Situbondo, tapi masih bisa ditempuh pake kendaraan sekitar 1,5 jam lah. Baluran disebut-sebut juga sebagai Africa Van Java, soalnya ada sabana yang luas banget, dan ada Pantai Bama yang dikuasain sama Monyet, ati-ati ya kalo ke Pantai Bama, soalnya monyetnya pada iseng, di area sini juga ada Mangrove yang ga kalah kece juga, pas gue lagi di Baluran, kebeneran banget lagi ada kerbau yang nyari minum, juga beberapa rusa yang lagi nyari minum juga, keren deh. Selain hewan-hewan itu, disini juga ada merak dan banteng, juga berbagai jenis burung, tapi emang keren banget sih, apalagi pas musim kemarau, rasa gersangnya tuh kaya di Nat geo wild, haha.

eh ada travel blogger favorit gue Mas Ariev, blognya keren banget.
Africa Van Java

4. Kawah Ijen

Kawah Ijen memang jadi ikon wisata kota Banyuwangi, soalnya emang keren banget sih, yang pasti mau kesini ya harus siapin fisik soalnya harus tracking sekitar 2-3 jam lah, biasanya berangkat dini hari biar bisa liat blue fire dan juga bisa liat sunrise di atas. Kemaren ini gue kesana berangkat jam 11.30an lah, seru banget sih ke Ijen karena emang di atas tuh pemandangannya bagus banget, tapi kalo kesini siap-siap semua yang lo pake bakalan bau belerang ya, dan ilangnya suka lama banget, ya ga selama move on sih, haha, tapi cukup lama harus beberapa kali cuci.

Look at the blue color!
Pur your mask on!

Pengalaman gue ke Banyuwangi mungkin akan beda pengalamannya kalo gue ga ikut program #AyoLiburan Garuda Indonesia yang kerjasama sama BNI sih, karena enaknya semuanya udah diurusin, jadi dari mulai tiket pesawat, check in, bagasi, trip semua udah diurusin, terima beres, kalo lo mau dapetin pengalaman seru yang ga terlupakan sekalian ketemu temen-temen baru juga bisa cek trip #AyoLiburan lainnya disini, dijamin seru deh, kapan lagi liburan ga ribet, bisa dapet potongan juga kalo pake Kartu Kredit BNI Titanium (ini cara dapetinnya juga ga ribet, bisa cek disini), liburan gue ke Banyuwangi ini emang ga terlupakan sih, mudah-mudahan gue bisa balik lagi ke Banyuwangi suatu hari nanti, amin!

#AyoLiburan bareng Garuda Indonesia!

Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!


Cheers,


Febrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar