Rabu, 12 September 2018

Coron VS Raja Ampat, pilih mana?

Philippines udah jadi salah satu tempat yang pengen banget gue datengin sejak lama, dan akhirnya bisa kesini juga setelah denger cerita dari banyak orang kalo tempat ini bagus banget, selain banyak temen gue yang orang sini, gue juga denger dari Teh Trinity idola kita semua kalo salah satu negara favorit dia adalah Philippines padahal dia udah kemana mana banget, jadi makin penasaran kan yah, ya udah pas akhirnya ada waktu luang, langsung lah gue kesini aja daripada mati penasaran, lol. Karena waktu gue terbatas ga bisa lama, jadi ya udah gue memutuskan untuk ke Coron aja, well ke Manila juga sih, cuma ya sekedar buat transit aja sih, jadi di blog kali ini gue akan ceritain perjalanan gue ke Coron, Palawan dan perbandingannya sama Raja ampat / Misool.

Taken with Lumix GX8 with 42.5mm f 1.2 lens

HOW TO GET THERE

Gue naek pesawat ke Manila dapet tiket PP 2,2jt an, lalu dari Manila lanjut naek pesawat domestik sekitar 2,3jt an PP ke Busuanga (Coron) kemaren ini gue naek Skyjet tapi ada Cebu pacific juga sih, Jakarta - Manila sekitar 3,5 jam perjalanan direct, dari terminal internasional ke domestik ada bus yang bisa kita naekin seharga 20 pesos atau sekitar 6.000 rupiah lah, bandara domestiknya kecil banget kaya bandara-bandara di kota kecil lah, perjalanan Manila - Busuanga cuma 50menit aja sih, ga lama, nah sampe di bandara yang ga ada conveyor beltnya ini, pas keluar langsung banyak yang nawarin tour macem-macem, saran gue sih ambil aja brosurnya, terus abis gitu nanti pas sampe Coron town, cari lagi terus bandingin yang paling murah, soalnya lokasinya ya sama-sama aja juga, kemaren gue ambil paket yang Ultimate Coron tour, itu sekitar 1200 pesos atau 360rb termasuk makan siang dan entrance fee.
Mirip banget kan ama Misool Raja ampat?
RAJA AMPAT ATAU CORON?

Wah ini nih yang jadi pertanyaan berjuta-juta orang karena contour Raja ampat atau Misool itu mirip banget sama di Coron sini, jadi gue bakal bandingin beberapa bagian yang terlihat dan gue rasakan, dari segi harga, penginapan, makanan dan juga pemandangannya. 
Ini Coron ya bukan Raja ampat, hehe.

1. Pemandangan
Menurut gue pemandangannya mirip bagian atas lautnya, banyak bukit dan gunung gunung batu, cuma kalo bawah lautnya sih dibandingin sama Raja ampat atau Misool sih, Coron ga ada apa-apanya sama sekali, disini Coral garden yang dibanggain pun, udah pada mati dan warnanya udah pudar cenderung pucet, cuma bedanya emang di Coron itu udah well organized, tangga proper, security juga udah sangat memadai, tapi ya problem sampah dimana-mana pun bikin jadi jelek, sampah itu bukan cuma karena orang gak bertanggung jawab yang buang sampah sembarangan di laut, tapi juga orang yang buang sampah sembarangan di darat, karena ujungnya dari hulu akan ke hilir dan berakhir di laut, yuk kita bikin sesuatu yang berguna, misalnya dengan ga pake lagi sedotan dan kurangin penggunaan plastik, supaya ngurangin adanya sampah di laut.


Nah kalo ini di Misool Raja ampat, ini gue ga kena coral sama sekali ya, foto di ambil dari atas alias top shot.
Ya mau pemandangan gimana juga kalo sama orang yang tepat mah, seru aja.
One for all, all for one, location : Twin lagoon. 
2. Harga
Nah ini dia nih ya, banyak yang bilang kalo mau ke Raja ampat low budget, ke Coron aja, hey kata siapa? Nih gue beredelin budgetnya yah, apalagi sekarang udah ada opentrip banyak kan tuh ke Raja ampat dan Misool. Tiket ke Coron PP dari Jakarta adalah 4,5jt lalu kalo mau ke Raja Ampat ke Sorong PP cuma 3jtan terus open trip biasanya 4-5jtan juga tapi udah 5 hari 4 malem. Nah di Coron itu biasanya apa-apa harus pake tour, yang berkisar dari 400 - 800rb rupiah per hari tergantung lokasi yang mau kita datengin, okay kita ambil tengahnya aja ya 600rb per hari, belum termasuk makan dan hotel juga, nginep bisa 300rb per hari, sekali makan bisa 50rb an, jadi total per hari di Coron yang harus dikeluarin adalah sekitar 1jt an lah ya, kalo disini 3 hari ya 3 juta gitu, kalo sama tiket pesawat in total Coron trip itu sekitar 7,5jt kalo ke Raja ampat ya sekitar 8,5jt an, kalo dibilang low budget ke Coron ya enggak juga ternyata cuma beda sejuta doang nih ternyata guys. 
Kayangan lake
3. Penginapan dan Makanan
Di Coron town udah bisa dibilang mirip banget sama Labuan bajo jadi cari makanan gampang banget, penginapan dari yang hostel sampe yang mahal banget juga ada, bahkan kalo mau airbnb juga bisa, jadi akses buat makan dan nginep serta transportasi pun gampang banget, bedanya kalo Misool atau Raja ampat ya untuk akses kemana-mananya jauh, tapi ya kalo udah ikutan opentrip mah ga perlu mikirin makanan sama nginep dan transportasi lagi sih. 
Beuki hideung nya urang teh.
Gatel, garuk aja lah.
Jadi kalo ditanya Coron atau Raja ampat Misool, gue masih lebih pilih Raja ampat Misool, karena based on my experience yang suka banget underwater, disini bawah lautnya b aja, atau kalo dibanding Raja ampat ya mungkin bisa c atau d bahkan e, lol. Tapi ya kalo pengelolaan sih lebih bagus disini, semua ada plus minusnya sih, tidak ada yang sempurna di dunia ini, tinggal lo pilih mau yang mana? your call. Oh iya terus karena Coron tuh aksesnya gampang jadi siap-siap aja berlomba foto sama turis lain yang jumlahnya kadang kalo lagi rame ya kaya bintang di langit, tapi ya kalo mau liat banyak bintang dan sepi ya ke Misool atau Raja ampat aja, lol.
Ya gitu aja sih underwaternya, tapi warna airnya sih toska banget.
Taken with Gopro 6
Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!

Cheers, 


Febrian

2 komentar:

  1. Thank for sharing ..bermanfaat bgt btw aman gak di philipine?

    BalasHapus
  2. Blog yang keren... .... semoga terus berkembang.... Saya ingin berbagi article tentang Montmartre di Paris di https://stenote-berkata.blogspot.com/2018/06/paris-di-montmartre.htmll
    Lihat juga video di youtube at: https://youtu.be/FOC5LhoiCz4

    BalasHapus