Selasa, 11 September 2018

Ke Jepang pertama kali kemana aja sih?

Jepang merupakan negara favorit gue sepanjang masa, dari semua list tempat yang pernah gue datengin, Jepang masih jadi negara nomor 1 yang ada di benak gue, kenapa? Karena banyak banget yang bisa di datengin disini, juga menurut gue Jepang tuh lengkap banget, apapun yang lo mau, ada disini, lo suka apapun semua ada disini, nah di blog kali ini gue mau share pengalaman baru gue ke Jepang kemaren bareng beberapa temen gue dan kita pake Klook untuk book semua kegiatan yang dilakuin disana, bahkan menurut gue sih jadi bikin lebih gampang, oh iya beberapa dari mereka baru pertama kali ke Jepang, jadi kalo ke Jepang pertama kali tuh sebaiknya kemana aja sih? 


Jepang dari Indonesia biasanya sekitar 7-8 jam penerbangan ada yang direct ada yang transit, jadi biasanya penerbangan akan tengah malem dan sampe di Jepang di pagi hari, mata uang yang dipake itu adalah Yen setara sama 130 rupiah per yen nya (per Mei 2018), perbedaan waktu dengan di Jakarta adalah 2 jam lebih cepet di Jepang, terus disana meskipun bersih, susah banget nyari tempat sampah di pinggir jalan, jadi ya biasain ngantongin sampah sampe nemu tempat sampah, itulah kira-kira sedikit perkenalan tentang Jepang ya. Oh iya biasanya sih orang akan ke Tokyo, Osaka dan Kyoto buat pertama kali ke Jepang.


BERIKUT INI YANG BISA DILAKUIN DI JEPANG BUAT FIRST TIMER KE JEPANG
1. Cobain Naek Shinkansen (Kereta cepet banget, super cepet bahkan) 
Jadi selain pesawat, transportasi umum di Jepang adalah Shinkasen ini, Shinkansen ini merupakan kereta cepet banget yang kecepatannya bisa mencapai 300km/jam jadi misalnya 600km bisa ditempuh cuma dengan 2 jam, gimana rasanya? Cobain aja sendiri, lol. So kalo lo mau ke Osaka atau Kyoto dari Tokyo, mending beli JR Pass buat naek Shinkansen ini, apa sih JR Pass? Jadi ini JR atau Japan Railway adalah grup dari 4 perusahaan kereta di Jepang, kalo beli satuan atau ketengan tu bisa mahal banget misal nih ya kalo mau ke Osaka dari Tokyo sekali jalan bisa 1,5jt sendiri, tapi kalo beli JR Pass bisa dipake buat 1 minggu misalnya buat kemana aja sampe ke Sapporo bahkan, seharga 3jt an aja, ada juga paket-paket yang lain bisa lo cek disini, pake Klook harga udah pasti paling bersahabat dibanding beli di tempat lain, pengiriman tiketnya pun ga ribet.


2. Makan ikan fugu, ikan yang kalo salah potong bisa menyebabkan kematian, wadaw. 
Ikan fugu lebih dikenal dengan ikan kembung kali yah kalo di Indonesia, ga sembarangan orang bisa jualan atau masak ikan fugu butuh lisensi tersendiri, kenapa? Soalnya kalo salah potong, bisa beracun dan kalo salah potong dimakan ya beracun dan mati deh, agak deg2an sih tapi penasaran banget harus coba karena based on my experience beneran ni ikan dimasak apa, rasanya beda, tergantung dari cara masaknya, aneh tapi nyata alias unik, cobain deh karena emang enak banget rasanya dan menantang, experience ini juga bisa dilakuin ga cuma di Osaka aja, tapi juga di Tokyo dan Kyoto, jadi lo bisa milih deh mau cobain dimana.





3. Naek ke atas Tokyo tower dan nikmatin senja disitu.
Sunset atau matahari terbenam udah biasa kita liat dimana mana, tapi untuk cobain sunset berbeda lagi di hidup lo, cobain liat matahari terbenam di atas Tokyo tower, bisa ngeliat perubahan langit dari terang ke gelap dan juga liat Tokyo dari atas tuh gimana sih, harus deh pokoknya, selama di Tokyo gue pake 72 hour Tokyo Subway Card yang bisa lo purchase disini. Karena gue beli tiketnya via Klook, jadi sampe sana tinggal tunjukin QR code aja di hp terus naek deh ga perlu antri.


4. Pake Kimono jalan-jalan di Kyoto
Kyoto biasanya jadi favorit orang-orang yang baru pertama kali ke Jepang karena lebih kecil dan ga busy kaya Tokyo dan Osaka, banyak orang seliweran pake kimono dimana mana, rata-rata turis sih, cuma kan emang nambah tempat ini jadi lebih Jepang dibanding tempat lainnya yakan, bisa ke Fushimi Inari, Arashiyama bamboo grove dan tempat lainnya di Kyoto, menurut gue sih lo harus banget nyobain pake Kimono di Kyoto karena experience nya tuh kaya seru gitu, semacam menjadi warlok alias warga lokal (bisa booking in advance di Klook), ada banyak paket termasuk cewe-cewe bisa sekalian pesen yang buat pake hair do juga, ke Kyoto lo bisa naek Shinkansen yang udah dicover sama JR Pass.


5. Liat Aquarium tergede di Osaka
Di Osaka selain bisa ke Dontonburi tempat orang-orang cari makanan dan belanjaan, bisa juga ke Aquarium Osaka Kaiyukan, karena menarik tempat ini bisa liat macem-macem jenis ikan dan sea creatures lainnya, tempat ini juga dikemas sedemikian rupa jadi menarik dan nyaman banget buat orang yang dateng kesini.


6. Cobain Onsen alias mandi telanjang
Onsen udah jadi bahan pembicaraan semua orang yang mau pergi ke Jepang, karena penasaran kan udah gede kaya kita sekarang ini mandi bareng sama orang banyak tapi harus naked alias telanjang, gue juga awalnya ngerasa aneh, tapi pas udah cobain ternyata ga malu sih, biasa aja, malah enak karena rendeman di kolam air panas alami yang bersih, karena sebelum kita masuk kolamnya diwajibkan untuk mandi dulu sampe bersih baru deh boleh rendeman di kolamnya, terus masalah tattoo sebenernya kalo tattoo kita ga gede gede sebadan gitu, ga masalah kok, kalo kaya gue cuma kecil kecil doang mah gapapa. Cobain sendiri deh, seru!


7. Liat Gunung Fuji sambil daydreaming
Gunung Fuji merupakan salah satu gunung cantik yang atasnya kalo diliat dari jauh itu kaya ada es meleleh di puncaknya, impian gue banget buat liat Gunung cantik ini, dan akhirnya bisa kesini liat juga, walaupun dari jauh, caranya gampang banget, naek kereta JR sampe stasiun Otsuki (Tercover oleh JR Pass), lanjut naek kereta lokal (tidak tercover JR Pass, jadi bayar lagi) sampe stasiun kawaguchi, dan bus keliling kawaguchi deh, saran gue mata lo harus awas dan berhenti pas ngeliat posisi gunung yang pas buat foto, karena gue juga ga inget berhenti dimana, pas liat bagus, minta berhenti aja terus turun deh duduk-duduk, foto-foto aja sambil nikmatin keindahan Gunung Fuji di pinggir danau.





8. Nonton pertunjukan robot
Jepang terkenal juga sebagai negara pembuat robot, nah ada yang seru yang bisa dicobain, yaitu nonton pertunjukan robot, seru banget bisa sambil ngemil-ngemil juga, liat kearifan lokal yang dibalut dalam kesan modern pake robot-robot, harus banget cobain ini di Tokyo, lo bisa beli tiketnya duluan sebelum kesana di Klook. 


9. Seseruan di Universal Studios Japan (USJ)
Harry potter, Minions, you name it, semuanya ada di Universal Studios Japan. Universal Studios Japan ini emang udah jadi tujuan banyak banget orang yang ke Jepang, setiap orang yang ke Jepang pasti pengen ke Universal Studios Japan termasuk gue, banyak banget list yang udah ada di benak gue sebelum ngunjungin Universal Studios Japan, pengen naek wahana ini itu, makan ini itu, pokoknya banyak banget, karena gue udah denger cerita orang tentang Universal Studios Japan ini emang banyak banget. Pertama gue saranin lo buat beli tiket yang express ya karena ngebantu banget supaya ga banyak kebuang waktunya buat antri, bisa lo purchase in advance disini, dari semua wahana yang gue cobain kemaren pas di Universal Studios Japan, favorit gue adalah  The Flying dinosaur, agilabanget seru abis, yang lain juga ga kalah seru sih, termasuk nyobain butter beer (fyi butter beer itu ga beralkohol, ada yang hot sama cold, khusus summer ada yang frozen) di Area Harry Potter, dan makan burger bentuk minion yang gemes banget, saran gue sih ga usah dateng terlalu pagi karena semua orang pasti dateng pagi, ya after lunch aja cukup asal tiketnya yang express ya, dan lo harus sampe malem disini, karena night parade nya seru banget, tiba-tiba Universal Studios Japan berubah suasananya jadi super keren dengan parade dari karakter-karakter Minions, Harry Potter dan sebagainya parade dengan lampu-lampu keren yang bikin kita nganga, keren banget!
Yang ini photo credit dari Universal Studios Japan











Kayanya kira-kira itu beberapa hal yang bisa dilakuin di Jepang buat first timer yang mau ke Jepang, semua activity dan JR Pass dan semuanya lo purchase in advance supaya ga repot di Klook, kaya gue kemaren pas di Jepang semuanya udah pesen dulu di Klook  jadi ga repot, semua ada kok coba aja sendiri dan nikmatin kegampangannya, Apa sih Klook? Aplikasi yang mempermudah macem-macem deh buat atraksi dan activities juga tiket-tiket kalo lo mau pergi ke sebuah tempat, dalam hal ini gue ke Jepang, dan liburan ke Jepang gue jadi lebih gampang dan ga ribet karena dipermudah dengan Klook, Jepang selalu jadi destinasi favorit gue sampe sekarang, mudah-mudahan segera bisa balik lagi ke Jepang, kalo lo ada yang mau ditanyain, sok tanyain aja di kolom komentar di bawah, dan mudah-mudahan juga informasi ini bisa membantu ya.


Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!

Cheers,


Febrian

2 komentar:

  1. thankyou for sharing kak Febrian! jd nambah insight gue untuk trip ke Jepang bbrp bln kedepan. God bless

    vnssachn.blogspot.com

    BalasHapus
  2. keep posting mas feb!!! you are such a great man. saya suka banget cara penyampaian nya mas feb. ngga terlalu formal, dan yang penting banget bisa dengan sangat mudah dipahami. congratulations for your great page!!!

    BalasHapus