Jumat, 12 Juni 2015

Pengalaman sasaat di Pulau Moyo

Agak jarang buat orang yang ga tau daerah moyo. Pulau Moyo ini letaknya ada di daerah Nusa Tenggara barat, sekitar 2 jam naek kapal dari Sumbawa besar. Pulau moyo ini sangat terkenal sama air terjunnya dan penginapan yang lumayan mahal, bahkan sangat mahal menurut gue, yakali ada penginapan semalem 15juta. Iya 15 juta duit semua bukan daun, haha.



HOW TO GET THERE
Waktu itu gue kesini naek kapal sampe pelabuhan Pototano dari Lombok, dan lanjut naek bus (25rb) ke Sumbawa besar sekitar 2jam dan lanjut naek kapal 2jam sampe pulau moyo. Oh iya kapal ga setiap hari berangkat, biasanya cuma senin dan kamis, numpang kapal penduduk dengan biaya 50ribu rupiah sekali jalan, jadi buat kapal PP itu 100rb.



ADA APA DISANA
Sebenarnya ada banyak yang bisa diexplore di pulau moyo, tapi karena waktu gue ga banyak jadi cuma beberapa tempat yang sempet gue kunjungi pas gue disana, yaitu:

1. Air terjun Mata jitu

Katanya air terjun ini pernah dikunjungi sama Lady Diana pas dia nginep di penginapan mahal itu, haha. Pas gue kesini harus jalan kaki sekitar 1 jam jalan kaki lewat hutan, ada signage yang cukup jelas sih jadi ga mungkin kesasar. Sebenernya sih dipaksa sama penduduk sekitar buat naek ojeg, tapi lumayan mahal sih sekitar 100rb per orang, jadi gue lebih milih jalan kaki. Seru deh pas perjalanan pulang ketemu beberapa babi hutan, gak sih lebih ke deg-deg an. haha. Nah disini air terjunnya bagus, buat berenang-berenang, gelantungan di akar, dan foto-foto.











2. Air terjun Diwu Mbai

Air terjun ini cukup deket dari pemukiman, cuma sekitar 15 menit. Di air terjun ini keren deh ada 1 akar yang cukup gede buat lo gelantungan gitu. Terus pas kesana gue ketemu anak2 kecil yang akhirnya ikut berenang-berenang bareng gue disana.






3. Berenang di dermaga

Karena gue keabisan uang cash dan ga ada atm di pulau moyo, akhirnya gue ga bisa sewa kapal buat ke lokasi snorkeling yang katanya bagus banget, ya udah akhirnya gue menunggu sunset sambil berenang bersama anak-anak pulau di daerah dermaga, GUE KETEMU CLOWN FISH, udah sering sih tapi selalu seneng kalo ketemu clown fish. haha.








Jadi kalo mau kesini lo bisa nginep di rumah penduduk dan bayar per hari 50rb bukan per malem ya, terus lo bisa dapetin madu asli sumbawa dengan harga 100rb per botol berkapasitas 600ml. Asli madunya enak banget, gue nyesel cuma beli sebotol, gue berharap gue bisa balik lagi ke pulau moyo yang agak susah signal ini, tapi indah banget.

Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan.

Cheers,



Febrian

2 komentar: