Selasa, 05 Januari 2016

India vs Nepal

Sebelum ada yang salah kira bahwa gue akan membandingkan dan memburuk-burukan sebuah negara, gue perjelas bahwa disini gue mau share pengalaman gue kemaren liburan ke India dan Nepal, berdasarkan pengalaman gue ya, berikut gue share tempat (kota) yang gue kunjungin.



INDIA : Kolkata - Varanasi - Agra - New Delhi
NEPAL : Kathmandu - Lumbini - Pokhara

Gue akan share itinerary nya di tulisan gue berikutnya ya, sekarang gue akan bandingkan melalui beberapa hal diantara kedua negara yang gue kunjungin ini ya.

1. Culture 

INDIA : Bisa gue bilang kalo tradisi dan budaya di Varanasi sangat kentel dan sarat cerita sejarah tentang Hindu, gue sangat suka berada di Varanasi, walaupun kadang-kadang orang2 pedagang suka maksa kalo nawarin barangnya, ya ga jauh beda lah ya dimana aja kalo tourist di area manapun dianggap seperti walking ATM, jadi harus berani buat galak dan bilang enggak kalo ditawarin sesuatu, baik barang maupun jasa. Agra, Kolkata sama Delhi ga terlalu gue perhatiin karena cuma sebentar disana, tapi yang pasti sama ya itu tadi, mereka anggap tourists itu a walking ATM.



NEPAL: Menurut pengalaman gue disini, budaya di Nepal ga sekentel di India, tapi orang2nya lebih ramah dan ga terlalu menganggap bahwa tourists adalah walking ATM. Orang2 disini lebih mudah untuk ditanya tentang arah kemana dan informasi dibandingkan dengan India, tapi ya memang untuk tradisi dan budaya, ga sekentel di India, bisa dibilang lebih urban sedikit, dan jauh lebih ramah dibandingkan dengan orang India.



2. Sceneries

INDIA : Karena gue ga terlalu suka untuk foto human interests, jadi menurut gue pemandangan di kota-kota yang gue datengin itu biasa aja, jauh lebih bagus di Indonesia bahkan, tapi lagi-lagi gue tekenin kalo ini berdasarkan pengalaman gue kemaren ya. 



NEPAL : Lagi-lagi kalo dibandingin sama alam di Indonesia ya jauh berbeda, tapi yang bikin unik adalah pemandangan di Pokhara HIMALAYANS, juara. top dah, gue aja pas liat ampe merinding, berharap suatu hari nanti bisa tracking kesana. (ada amin, saudara?)



3. Currency (Dec 2015)

INDIA : 1 Indian rupee = sekitar Rp 200, dan value makanan disana sekali makan sekitar 100 - 400 rupees lah, tergantung makan apa dan dimana. Penginapan 1000 - 2000 rupees, barang-barang lain valuenya mirip2 di Indonesia.



NEPAL : 1 Nepali rupee = sekitar Rp 120, dan value makanan disana sekali makan sekitar 200 - 500 rupees lah, jadi jauh lebih murah makan di Nepal dibandingkan di India, beda sedikit sih. Tapi kalo souvenir, lebih murah di India dibandingkan Nepal. 



4. Food

INDIA : Terlalu banyak menggunakan rempah-rempah, hampir semua ada massala nya, dikit-dikit massala, kebanyakan massala lama-lama jadi banyak masalah buat perut gue. Nah jadi gue pribadi kurang suka dengan makanan di India, tapi ga bikin sakit perut kok buat gue, kalo ga suka curry masih bisa pesen nasi goreng di resto-resto tertentu.



NEPAL : Makanan Nepal beberapa ada yang mirip sama India, ada curry juga, ya sebetulnya daerah mereka juga kan sebelahan yakan, tapi bisa gue simpulin kalo makanan  di Nepal lebih plain dan ga banyak bumbu kaya makanan India, dan lagi-lagi kurang cocok dengan lidah gue yang udah terlalu Indonesia.



Jadi kesimpulannya adalah bahwa Nepal dan India, mempunyai keunggulan di beberapa tempat menurut pengalaman selama gue pergi kemaren adalah bahwa India culturenya rich banget sedangkan Nepal pemandangannya breathtaking banget. Gimana, mau ke Nepal atau India? atau semuanya? Coba kalo ada yang udah pernah kesana juga, boleh lho buat share pengalamannya di komen yah.



Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!

Cheers,


Febrian











5 komentar:

  1. Kalau boleh tahu selain penasaran hal dasar apa yang bikin CF bertandang ke kedua negara ini ... Selain culture dan landscape aduhai si himalaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alasan lain adalah karena penasaran dengan makanan India yang katanya ga sesuai dengan perut orang kita, dan ternyata betul adanya. haha.

      Hapus
  2. Aaah..itu snack pinggir jalan campuran mi, kacang, cabe, bawang, lemon itu namanya apa ya?

    BalasHapus
  3. Wah, Kalo ke India syerem juga ya? Belum belum mereka sudah anggep turis walking ATM. Alamak, bisa mahal semua dijalan. Btw, aku juga pengen tracking ke himalaya, but I cant #sadardiri

    BalasHapus
  4. Halo kak Febrian. Aku Ulta, rencana akan ke Nepal, bolehkah aku tanya beberapa pengalaman kak Febrian?
    Mohon email aku ke: ulevenia@gmail.com

    Terimakasih
    Salam.

    BalasHapus