Jumat, 08 April 2016

Pianemo

Sebuah lokasi yang kedua populer setelah wayag ini adanya di kawasan kepulauan Raja Ampat. Kemaren pasti pada tau gue abis dari Raja Ampat, ni sambil nulis cerita ini, kulit gue masih kaya pantat kuali, item banget, tapi gapapa gue seneng kulit gue item, kalo bisa gue maunya item terus. hahaha. Penting.



Banyak yang bilang ini sama kaya wayag, tapi versi mini nya. Well, gue belum pernah ke wayag, jadi gue ga tau wayag kaya apaan. Tapi wayag itu dari resort gue nginep (waiwo dive resort) sekitar 3 - 4 jam, sementara ke pianemo cuma setengah jalannya dari jalan ke wayag, jadi cuma sekitar 1,5 - 2 jam lah, tergantung kecepatan kapal dan cuaca.



Yang bikin pianemo ini jadi sangat menarik yaitu bukit-bukit karst yang ga terlalu gede dan banyak, bahkan katanya kalo lo belum ke pianemo, belum ke raja ampat. Buat liat pemandangan yang indah ini, setelah speedboat berlabuh, kita masih harus naek tangga sekitar 300 anak tangga an, lebih tepatnya 318 anak tangga. Jadi siapin mental ya, tapi sampe atas kebayar kok.



Biasanya selalu ada anak-anak lokal yang suka ikut kita naek ke atas, mereka lucu-lucu banget, dan ga harus kasi uang, tapi gue sih kemaren banyak ngobrol dan foto ama mereka ya akhirnya, kasih serelanya. Gue bahkan ngasi baju yang gue pake. Terkadang apa yang menurut kita biasa aja, ternyata penting dan berguna buat orang lain.



Kaya biasa, hal yang selalu gue tanya tiap kalo ketemu anak kecil di daerah terpencil, cita-cita mau jadi apa, kelas berapa, dan sekolah dimana. Untungnya mereka semua bisa dibilang aman, karena sekolah dan pas kesana hari Sabtu jadi sekolah lagi libur, gue seneng kalo fasilitas pendidikan di daerah yang jauh dan susah terjamah, tapi memadai. Mudah-mudahan bisa akhirnya nanti gitu di setiap tempat, kota besar ataupun daerah terpencil.



Sesampenya gue di atas, gue cuma bisa bilang TERIMA KASIH TUHAN. Lah ya iya, orang bagus banget ini ciptaan Tuhan, emang ya Indonesia tuh kaya banget. Bukan cuma kekayaan alamnya, tapi juga budayanya. Nah gue disini itu sambil mengabadikan momen ini bareng tim Jurnal Indonesia Kaya, kalo lo kelewatan bisa nonton disini ya 9 episode yang udah tayang. Buat yang episode di Papua, tunggu ya.


Pemandangan yang di dapet di Pianemo ini memang bagus banget sih, dan emang kalo kata orang bule breathtaking ceunah, menuju ke pianemo yang mahal itu sewa kapalnya, ga murah, patungan 12 orang seorang sejuta deh kira-kira, bisa kesini. Tapi gapapalah mahal dikit, pemandangan indah banget plus kita juga bantu pembangunan daerah kepulauan Raja ampat.



Inget jangan buang sampah sembarangan ya, supaya pemandangan yang kita bisa nikmatin sekarang, bisa dinikmatin sampe anak cucu kita nanti.



Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!


Cheers,


Febrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar