Sabtu, 25 Juni 2016

Living On Board Komodo Day 3

Setelah makan malem di kapal di hari kedua di area Pulau Padar, kapal langsung mengarah ke arah yang gue ga tau mau kemana, tapi ya karena di hari ketiga rencananya mau langsung ke Pulau Mawan katanya itu pulau kecil ga berpenghuni gitu, karena udah ngerasa cukup untuk explore Pulau Padar, tapi ya udah gue dan yang lain langsung tidur aja malem itu, pagi-pagi bangun entah udah ada dimana entah.



Pagi di hari ketiga gue mules akhirnya, dan langsung lari ke WC dan liat pemandangan pas tarik tirai jendela, bagus banget, tapi gue tetep ga tau itu dimana sih, yang pasti ya masih di kawasan Komodo National Park. hahaha. Lalu abis itu gue amazed banget dengan viewnya, sumpah itu pertama kali gue ke WC dengan view sebagus itu. LOL.



Setelah sarapan, kapal bergerak dan 15menit kemudian sampe lah di lokasi pertama di hari terakhir gue LOB ini, yaitu di Pulau Mawan. Pulau ini berpasir pink dan kosong, cocok banget kayanya buat kemping asik disini, tapi memang arusnya agak kenceng sih di daerah ini, gue sempet snorkeling dan gue ketemu ikan pari kecil disini, keren banget deh, terus santai-santai sedikit, sempet naek ke atas pulau, ada gundukan kecil gitu, viewnya asik juga disini buat chill aja.





Abis itu gue berpindah menuju sebuah tempat yang sangat ikonik disini yaitu Pulau Rinca, disini selain terkenal sama view nya yang bagus banget, Pulau Rinca ini disebut juga Loh Buaya, nah disini ada 2 jenis buaya (gitu kata ranger yang nemenin gue) buaya darat / komodo dan buaya air, ya buaya beneran, maap ya jangan tersinggung karena memang buaya darat ternyata bukan kita doang, hahaha. Gue ketemu sama beberapa komodo, agak deg2an sih karena komodonya emang dilepas disini, kaya di jurassic park deh. Banyak komodonya disini, dan gue berkesempatan liat komodo yang lagi makan, juga poto bareng komodo dengan muka yang deg2an parah, ya gimana enggak sih coba. haha. Disini lo bisa milih mau long track, medium atau short buat tracking keliling pulaunya. Biaya masuk sini ga mahal kok, ga sampe 100rb per orang kok. Gara-gara kesini gue jadi tau sekarang bahwa populasi komodo di kawasan Komodo National Park ada sekitar 2000an, dan di data tiap taunnya. Kesini deh, banyak info menarik yang di dapet.







Lanjut ke lokasi terakhir sebelum pulang ke Labuan bajo, yaitu ke Pulau Kelor, Pulau ini tinggal berjarak sekitar 1 jam dari Labuan Bajo, ada sebuah bukit yang bisa didaki sekitar 10-15 menit an doang ke atas, dan viewnya beuuuuh, edyaaan bagus pisan, one of my fave view so far, disini juga bisa snorkeling, berbagai ikan dan koral banyak, oh iya harus ati-ati, banyak lion fish yang beracun, gue aja pas snorkeling ketemu 2 lion fish.







Indonesia tuh beneran indah banget, 3 hari gue LOB dan yang gue dapet banyak banget, experience, liat macem-macem, tempat baru, dan lain-lain. Shout out to @travacello yang udah arrange trip LOB kali ini, ternyata mudah banget dan ga repot, tinggal bawa badan ama angan-angan aja, @travacello yang arrange, mereka ga cuma punya trip LOB Komodo doang, tapi trip dari Sabang ampe Merauke, terdekat gue mau ikutan trip bareng @travacello kalo ga ada aral melintang ke Togean di Agustus, ikutan yuk? Biar sekali-sekali kita liburan bareng, let's travel to know ourselves better! Kesimpulan dari trip LOB gue adalah bahwa Komodo National Park itu indah banget, ga nyesel gue kesini, karena actually gue pengen banget kesini dari dulu, dan akhirnya bisa kesini, buat gue Flores lebih indah dari Raja Ampat, tapi ya itu menurut gue, kalo menurut lo ga tau deh, cobain aja sendiri.



Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!


Cheers,


Febrian

1 komentar:

  1. Paling juara pas tidur, trus kerasa goyangan kapalnhya..hehe

    BalasHapus