Minggu, 31 Juli 2016

Palembang part 2

Pempek udah, Pulau kemaro udah, apalagi yang belum ya, ya actually banyak sih yang belum dibahas, kira-kira kemana lagi gue disini. Ya salah duanya adalah ke Jakabaring sport city yang nantinya bakal dipake buat salah satu lokasi Asean games mendatang. Nah Jakabaring ini macem-macem banget olahraga yang bisa dilakuin disini atau sambil cari pokemon juga banyak lho disini, hahaha. Tapi yang menarik perhatian gue adalah Aquatic stadium dan Gelora Sriwijaya Stadiumnya.



Di Aquatic stadium ini kolam renangnya udah proper banget buat dipake Asean games atau lomba renang sih, terus ada papan dari 5 meter sampe 10 meter buat lompat indahnya juga, ada indoor dan outdoor, gue pribadi sih pengen banget buat nyebur tapi sayang banget ga bawa celana renang, sedih. 


Padahal pengen banget nyebur, nah gue kan kesini ga sendiri tapi ada beberapa orang lainnya juga yang diundang sama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumatera Selatan, ada Kang @motulz yang ahli sketching juga bareng dan dia gambar bagus banget pake cat air, duh mupeng banget pengen bisa gambar kaya Kang @motulz, keren banget hasil gambarnya, jadi dia gambar Aquatic Stadium ini dari luar dan hasilnya ciamik nih, kece parah.


Abis itu kita diajak buat stadion tur di Gelora Sriwijaya, keren banget deh stadion ini, gue ngerasa lagi stadium tour di lapangannya Barcelona, tapi versi Indonesia. Ada mas Anto yang dengan sabar dan jelas banget ngejelasin masing-masing tempat, dari ruangan press conference, ruang ganti, tempat duduk VIP, press dan sampe ke lapangannya, katanya sih dalam waktu dekat mau dijadiin salah satu tujuan wisata, wah keren juga, gue setuju banget deh, mudah-mudahan segera terlaksana, AMIN.




Selain ada Pulau Kemaro di area Sungai Musi, ada juga yang gue kunjungin pas kemaren ke Palembang ini, yaitu adalah Kampung Arab Al-Munawar yang lokasinya ada di salah satu pinggir Sungai Musi. Gue suka banget sama bangunan-bangunan yang ada disini, dan katanya udah berumur ratusan tahun lho, wow dan masih terjaga gitu bangunannya, dan gue pribadi sih ngerasa gue berasa di Arab, karena muka-muka orang disana masih sangat terjaga keturunan Arabnya. 






Pas kemaren kesana, itu pas lagi ada arak-arakan pengantin, sayang banget sangat padet, jadi gue cuma bisa liat dari luar aja, dan yang menarik adalah kita semua pas kesana disuguhin nasi minyak, dan rasanya enak banget sih, semacem nasi kebuli gitu, dan dimakan rame-rame sepiring gede, duh enak baget jadi pengen lagi, gue sih menyarankan buat ngebuat kampung ini jadi salah satu destinasi wisata nantinya, karena emang unik banget dan kalo kesini kita bisa liat budaya yang beda juga.


Nah malemnya adalah pembukaan Festival Sriwijaya XXV yang berlangsung pada 18—24 Juli 2016, di Benteng Kuto Besak, Palembang. Kegiatan ini sekaligus dimeriahin juga sama Festival Kuliner Tradisional, parade budaya, lomba teatrikal cerita rakyat, lomba tari kreasi daerah, lomba blog dan Instagram, serta acara menarik lainnya. Nah yang paling menarik adalah ada tarian daerah yang dikrerasiin juga ada drama musikal yang ditampilin gue ampe nganga liatnya, bagus banget deh, terus ada choir juga yang bawain lagu-lagu daerah Sumatera Selatan, acara ini juga dihadirin sama Gubernur Sumatera Selatan Pak Alex Noerdin.





Gue seneng banget bisa dateng ke pembukaan acara Festival Sriwijaya XXV dan bisa nge-eksplor sisi lain dari Palembang yang belum pernah gue tau sebelumnya, mudah-mudahan kegiatan positif ini bisa ada terus sampe tahun-tahun mendatang, dan ngejaga cerita Sriwijaya ini tetep ada dan menggaung kemana-mana, kata orang belum ke Palembang kalau belum makan pempek, tapi buat gue belum ke Palembang kalo belum tau cerita tentang Kerajaan Sriwijaya!




Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!



Cheers,




Febrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar