Senin, 01 Agustus 2016

Pengalaman (buruk) gue di Way Kambas

Setelah jadi pawang Komodo kini gue jadi Pawang Gajah, haha. Abis dari Taman nasional komodo sekarang gue berkunjung ke taman nasional way kambas yang isinya gajah semua. haha. What a life, dari ketemu komodo sekarang ketemu gajah, asal jangan ketemu gajah nyebrang sama si komo lewat di Jakarta aja sih, soalnya nanti malah jadi macet. 


Way Kambas ini adanya di daerah Lampung, di ujung pulau Sumatera. Gajah bukan cuma terkenal karena dijadiin lagu ama Tulus, tapi juga emang katanya binatang yang gede banget ini udah ada dari jaman purbakala, dan akhirnya berevolusi jadi gajah yang ada sekarang, tau ga lo kalo gajah itu tuh raja hutan yang sebenernya (tonton aja tarzan :p) 


Nah kemaren ini gue sempet ke Way Kambas barengan tim #JurnalIndonesiaKaya buat ngeliput disana, karena emang lagi ngeliput di daerah Lampung, dan gue berkunjung ke Way Kambas. Ternyata dari Bandar lampung ga terlalu jauh buat kesini, cuma sekitar 2-3 jam aja naek mobil, jalannya kesana pun ga jelek, jadi aman-aman aja, nah sayang banget gue ga tau gimana caranya kesana naek angkutan umum, karena kemaren gue nyewa mobil di Lampung. Gue agak sedikit kecewa sama Way kambas, ternyata ga sebagus yang gue bayangin, walaupun gue seneng banget bisa liat gajah hidup (terlihat) bebas dari deket, tapi beberapa gajah ada yang di rantai, kata pelatihnya sih gajahnya masih liar belum jinak jadi harus dirantai, ada gajah yang kecil dan ada juga gajah yang gede disini, dan setiap pelatih katanya cuma ngurusin seekor gajah, biar ada chemistry-nya. 


Gue dateng pas weekdays, agak susah buat minta izin shooting di lokasi ini, gue bingung sih, gue dateng buat ngeliput dan bahkan harusnya mereka seneng, tempat ini dipromosiin secara gratis, tapi gue sempet dimintain duit di depan loket sama orang disitu (padahal udah bayar karcis reguler) , harus pake mobil dia dan dimintain duit shooting (duit shooting? really? You messed up with the wrong person) Sorry banget ya kalo emang harus bayar lokasi dan duitnya jelas kemana, gue gapapa deh. Tapi ini? ini harus gue share karena gue itu bukan dateng buat ngerusak tempat ini, tapi bahkan mempromosikan tempat ini, namanya taman nasional tapi kok ada oknum kaya gitu yang bikin tempat ini kaya taman penyimpan orang yang suka melakukan hal bodoh, termasuk mempersulit izin buat shooting. Ciri-ciri bapak itu udah cukup tua dengan rambut warna putih semua. Gue berharap ada yang baca dan share ini, supaya kegiatan pungli ini ga berlanjut dan bikin orang yang datang pun nyaman.



Nah singkat cerita akhirnya gue bisa masuk tanpa harus bayar biaya tambahan selain tiket masuk karena supir gue saat itu yang ngomong gimana apa entah lah ya, dan di dalem gue ketemu dengan para pelatih gajah dan beberapa gajah yang lagi dimandiin di sebuah kolam yang cukup besar, kalo para pelatihnya baik dan keliatan kalau mereka sayang sama gajahnya, kenapa petugas di depan tadi mau ngelakuin pungli (pungutan liar) ya, ironis. Gue akhirnya bisa shooting, karena para pelatih gajah setempat bilang shooting aja asal ga ngeganggu gajahnya. Disini gue bisa liat ya, mana orang yang beneran sayang sama orang yang emang otaknya duit doang. Gue sangat sedih dengan orang yang kaya bapak rambut putih itu, karena di dunia ini ga selamanya tentang uang, karena uang ga bisa beli kebahagiaan kok, bahagia itu sederhana dan ga melulu tentang uang. 



Gajah bisa hidup lebih dari 70 tahun, dan bisa diajarin, karena termasuk salah satu hewan yang pinter, Way kambas itu ga jauh dari pusat kota Bandar Lampung, dan gue juga diajarin buat sabar dan ngeliat dengan mata kepala sendiri kebejat-an orang lapangan di Way Kambas (ya bapak rambut beruban itu). Lagi-lagi gue diingetin buat kembali bersyukur karena gue bukan orang yang money oriented dan cari-cari kesempatan dalam kesempitan, gue percaya wisatawan itu bukan atm berjalan kaya tulisan yang pernah gue bikin pas gue ke India, disana orang-orang lokal hampir semua kaya gitu, tapi gue berharap di Indonesia gak gitu, karena lagi-lagi bahagia itu sederhana, dan turis asing atau lokal itu bukan mesin atm berjalan.


Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!

Cheers,



Febrian

1 komentar:

  1. Mas, mau tanya selama eksplor way kambas harus pakai kendaraan pribadi atau ada fasilitas dr taman nasional ya?

    BalasHapus