Sabtu, 20 Agustus 2016

Larantuka with Kopernik

Biasa gue cuma denger tentang Larantuka itu dari orang-orang yang abis ngeliat dan ngikutin perayaan paskah disana soalnya ada semana santa sama kaya di Spanyol kalo paskah. Nah emang itu yang jadi daya tarik wisatawan buat dateng. Tapi kali ini gue ke Larantuka bukan buat semana santa, tapi buat jadi volunteer bareng kopernik


Apa sih kopernikkopernik itu NGO atau yayasan yang bergerak dibidang pengadaan dan pendistribusian teknologi tepat guna ke daerah terpencil di Indonesia buat ngeberantas kemiskinan, mulia? Iya karena banyak banget daerah di Indonesia yang masih di bawah garis kemiskinan. Kali ini gue jadi volunteer buat program Ibu Inspirasi, program ini bertujuan buat ngajak ibu-ibu yang jadi inspirasi di daerahnya buat jadi sarana buat ngedistribusiin teknologi tepat guna ke masyarakat. Menurut gue ini program yang sangat bagus, karena emang biasanya yang jadi kepala keluarga memang Ayah dalam sebuah keluarga, tapi yang atur rumah tangga pake kompor apa, lampunya apa, saringan air bersihnya apa, atau dengan kata lain urusan dapur yang urus ya ibu. Apa sih teknologi tepat guna yang dikenalin ke masyarakat di remote area? Ada Kompor kayu api/kulit kemiri, Nazava (tempat air minum yang ada filter air bersihnya tanpa harus dimasak), dan lampu tenaga surya.

mama mia, mama merry, mama yoh dan mama kris
Larantuka itu adanya di Flores timur, dan sumber air bersih agak susah, dan masih ada desa-desa yang masih susah untuk listrik. Pemikiran dari kopernik ini menurut gue keren banget, karena memang energi matahari ada setiap hari tapi mereka yang di remote area, ga ngerti cara makenya gimana. Tapi kopernik yang berhasil buat ngasi tau mereka dan ngajak mereka buat hemat. Gue selama di Larantuka tinggal dengan salah satu ibu inspirasi, namanya Mama Merry. Mama Merry seorang ibu rumah tangga yang dulunya adalah bidan, tapi udah pensiun karena sekarang usianya sudah 60tahun. Selama disana gue ikutin kegiatan Mama sehari-hari, dari mulai ke pasar, di dapur sampe ke desa-desa buat tech fair (pengenalan teknologi tepat guna ke desa-desa), sambil sembari gue bagi-bagi buku pengetahuan umum buat anak-anak yang gue temuin di desa-desa.

mama merry dan cucunya
Waktu jelasin teknologi tepat guna di sebuah desa
pas tech fair
sembari tech fair kasi buku ke anak yang ada 
bantu mama di dapur

Mama Merry menurut gue memang keren, dimana gue nginep selama beberapa hari di rumahnya, dia cerita gimana dia harus stand by 24 jam buat ngelayanin masyarakat yang ngebutuhin, dari sejak muda. Berpuluh-puluh tahun berdedikasi buat ngelayanin masyarakat, siap siaga kapanpun dibutuhin, bahkan yang bikin gue amazed dimana dia bilang kadang-kadang ga dibayar pake uang, tapi cuma pake beras atau ayam, tapi itu ga ngurangin sedikitpun kesiapan dia buat ngelayanin masyarakat, karena ga semua itu harus dihargain sama uang. Mama Merry bener-bener inspiratif ya, dan gue juga jadi belajar banyak hal sama Mama Merry dan keluarganya.


Kegiatan ibu inspirasi ini memang bagus banget ya menurut gue, dimana orang-orang di daerah terpencil bisa lebih hemat dan ngemaksimalin energi yang udah ada dan didistribusiin sama yang emang ngatur dapur di rumah, jadi ya ngena banget kan. Abis dari Larantuka gue lanjut ke Desa Beutaran buat live in disana, beda sama Larantuka, desa ini belum ada listrik, air bersih harus beli dan signal HP pun ga ada, penasaran? Tunggu tulisan berikutnya ya.


Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!

Cheers, 



Febrian

1 komentar:

  1. Baru perhatiin banget, dan dengan keuntungan pikiran yang masih fresh... Ternyata kita pernah berpapasan bang waktu di Bali yang pas mau nyebrang ke Lombok hehehhe

    BalasHapus