Selasa, 31 Januari 2017

Belajar berbagi tapi awas sakit perut di Yangon!

Min Gā Lar Ba, gitu ucapan hello dalam bahasa Myanmar. Seperti gue bilang di tulisan gue sebelumnya, perjalanan gue dari Chiang Mai dilanjutkan ke Myanmar / Burma karena ada panggilan dari temen gue si Ingrid yang udah 1,5 tahun pindah ke Yangon yang dulunya ibukota Myanmar. Kali ini gue mau kasih tau tentang Yangon dulu yah, baru nanti gue sambung di tulisan selanjutnya tentang tempat lain di Myanmar yang gue kunjungin. 




Yangon merupakan sebuah kota besar di Myanmar, sesampainya di Bandara Yangon, gue naek taksi ke penginapan gue di daerah downtown Yangon. Harga taksi ke city sekitar 7000 - 8000 kyats / tinggal tambah 0 satu di belakang buat ke rupiah-in. Nah kalo naek taksi disini harus dipastiin yah, tentuin harga dari awal sama drivernya, dan pastiin mobilnya pake AC, karena kalo gak, dia akan seenak jidat. 





Sesampenya gue di Yangon, gue langsung diajak makan sama temen gue yang tinggal udah 1.5 tahun disini ke sebuah restoran yang nyediain makanan Shan state. Disini gue dikasih tau untuk ga nyobain sama sekali street food-nya, dan kalo mau makan harus di restoran yang decent, soalnya disini itu lumayan jorok, air cuci piring / gelas ga jelas kalo yang di pinggir jalan. Semua temen dia yang ke Yangon dan cobain street food, semua kena food poisoning dan sakit perut, jadi gue sih mending menghindari walau street food is always tempting. 





Di Yangon ini enak banget kemana-mana jalan kaki bisa, dan kotanya kaya kota tua gitu jadi gampang, dan tau gak di Yangon itu ga ada motor sama sekali lho, karena ga dibolehin kecuali polisi. Jadi enak deh ga semerawut, banyak temple / pagoda yang bisa didatengin, ada cathedral juga. Yang pasti harus didatengin itu Swedagon Pagoda, Pagoda terbesar di Yangon, harga tiket masuknya buat turis sekitar 8000 kyats, inget selalu pake baju sopan dan celana panjang ya, karena kalo masuk temple harus celana panjang kalo ga disuruh beli sarung seharga 5000 kyats. Mayan kan buat makan uangnya, haha. 






Oh iya ngomong-ngomong selain ga ada motor, adalagi yang menarik dari Yangon, hampir semua cowo disini kemana-mana pake sarung kaya di rumah ya, karena emang udah budaya mereka dari dulu gitu, bahkan kalo nikahan pun mereka pake sarung dan sendal jepit, jadi di Yangon ke kantor tuh pake sarung dan sendal jepit, enak banget ya kaya di rumah dan adem. Hahaha. 




Kalo ke Yangon, jangan lupa kunjungin downtown nya, karena menarik banget jalanannya, ngingetin gue ama India. Oh iya ada kebiasaan unik disini setiap pagi dari jam 5 pagi sampe 8 pagi-an semua biksu baris di jalan buat nunggu jatah dikasih makanan sama masyarakat sekitar, unik banget deh, di Yangon banyak banget biksu, kenapa? Karena penduduk Myanmar secara sukarela dalam hidupnya harus pernah jadi biksu, sama lah kaya di Thailand, kaya semacem wajib militer lah ya kalo di negara lain. 




Yangon sebuah kota tua yang cantik dan menarik buat dikunjungin, meskipun lebih mahal dari Thailand dan makanannya ga seenak Thailand, tetep aja menarik, 2 hari cukup buat ngabisin waktu di Yangon sebelum berpindah ke kota lain di Myanmar, abis dari Yangon gue ke Bagan, ada apa di Bagan? Emang menarik di Bagan? Jawabannya ada di tulisan gue berikutnya ya, kalo mau tanya tentang Yangon, silahkan langsung email atau komen di Instagram, sebisa mungkin akan gue bales kok. Mudah2an tulisan ini berfaedah buat yang penasaran sama Yangon. Sampai jumpa di tulisan berikutnya!

\



Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!





Cheers, 






Febrian


3 komentar:

  1. Wiww tulisan yang ditunggu-tunggu! Kak, disana gak ada angkutan umum? Ojek gitu?

    BalasHapus
  2. bang feb, selalu menginspirasi! i adore you!

    BalasHapus
  3. Soal AC di taksi apakah jadi "gaya" scam di sana mas? jadi jika mereka nggak nyalain AC dan kita minta nyalain, mereka akan minta biaya tambahan?



    BalasHapus