Minggu, 05 Februari 2017

Berkeliling di Inle Lake yang biru!

Setelah gue mewek di Bagan liat balon udara, saatnya gue berpindah ke kota terakhir sebelum gue bertolak kembali ke tanah airku Indonesia yang tak pernah kulupakan sepanjang masa. Dari Bagan gue bertolak ke Inle Lake, tetap menggunakan bus malam, dan kalo mau tau berapaan gimana cara booking tiket busnya gampang banget, bisa liat di tulisan gue sebelumnya tentang Bagan ya.

Bagus kan? 
Waktu itu sekitar jam 4.30 am gue sampe di daerah Inle Lake, turun bus langsung banyak yang nawarin naek tuk-tuk, harga tuk-tuk per orang sampe hotel yang udah gue booking adalah 2000 kyats per orang atau 20rb rupiah lah. Sesampainya di hotel gue langsung ke resepsionis dan Puji Tuhan banget gue dikasih early check in yang seharusnya jam 12 siang kan, tapi gue bisa cek in sekitar jam 5 pagian, tanpa dikenakan biaya tambahan sama sekali, lalu istirahat bentar sampe jam 8 pagian dan siap buat eksplor Inle lake pake boat.

Burung ini berterbangan dimana mana
Jadi kalo di Inle lake ini memang untuk eksplore the areanya itu harus pake boat, jadi ya mau ga mau harus sewa boat harganya sekitar 15.000 - 25.000 kyats setara 150rb - 250rb rupiah, dan bisa share sampe 5 orang, dan gue kemaren ini share ber-4 jadi lumayan ngirit banget, gue dapet harga 22.000 kyats buat dari jam 8 pagi sampe sunset, ya not bad lah yah, dibagi 4 seorang cuma 55rb perak. Siapin uang kecil yah, pemberhentian pertama adalah berhenti di tengah danau, ada nelayan yang atraksi dan pose, 1000 kyats cukup lah, hehe.

Satu-satunya alat transportasi di Inle Lake ya cuma boat ini
Because sharing is caring and cheaper, lol.
Ini dia nih yang gue bilang, kece kan mereka.
Saran gue tetep bawa jaket ya karena keangin-angin jadi bakal dingin juga walaupun ada matahari, terus nanti akan berhenti di tempat tenun, kayan women (wanita leher panjang) dan udah pasti visit pagoda / temples juga, jadi ya mending pake sendal aja daripada sepatu, banyak yang nanya ke gue bisa berenang gak di danaunya, well penduduk asli disana sih mereka mandi, cuci baju di sungai, tapi airnya ya ada area yang airnya ijo ada yang coklat, kalo lo mau sih coba aja, tapi gue sih ga nyoba yah, soalnya pertama dingin kedua gue ga bawa baju ganti, tapi sebenernya kalo masalah kotor mah ya biasa ya, penasaran juga sebenernya, hahaha. Pokoknya sebenernya lo ga perlu mikir buat kemana kalo udah sewa boat, nanti supir boatnya akan berhenti di tempat-tempat yang emang penting buat diberhentiin, well walaupun ga bisa ditolak buat mampir ke tempat-tempat jualan souvenir, karena emang udah pasti berhenti disitu. Yang paling gue suka pas di Inle lake adalah langit yang biru dengan burung berterbangan banyaaak banget, jadi yang biru bukan airnya tapi langitnya!

Temples hoping
Ibu sedang menenun dari terarai, keren deh, tapi mahal harganya.
Kayan Woman
Taken by Lumix GX8
isn't it magical?

COMMON QUESTIONS

Q: Disana dingin atau panas? 
A: Pas gue lagi kesana sih dingin (bulan januari)

Q: Hotel disana mahal atau murah?
A: Bisa dicek di situs online yah, dari yang mahal sampe yang murah juga ada, saran gue cari hotel yang deket lake ya, soalnya gue salah booking hotel, jadi ke lake harus jalan kaki dulu 15 menit

Q: Susah gak cari makanan halal disana? 
A: Di semua tempat makan yang decent, ada pilihan mau makan daging ayam atau daging lain, jadi ga susah, cek trip advisor aja, makanan disana masih bisa kemakan sih buat gue, ga kaya waktu ke India. 

Q: Budget berapa buat liburan ke Myanmar?
A: Kayanya buat seminggu sekitar 7jutaan 

Q: Mending pake Koper atau Carrier?
A: Dfnlty gue saranin buat pake Carrier, biar gampang pindah dari satu tempat ke tempat lainnya, soalnya naek bus kan pindah kotanya.

Q: Kak minta itinerary Myanmar dong!
A: Saran gue mending beli tiket berangkat ke Yangon dan pulang dari Mandalay, karena biar gampang jadi rutenya adalah : Jakarta - Yangon - Bagan - Inle lake - Mandalay - Jakarta di tiap kota sebenernya 1 hari cukup, tapi bikin aja seminggu. 

mirip Flores gak sih?
Jadi kira-kira begitulah perjalanan gue di Myanmar, cerita Myanmar gue memang harus disudahi, mudah-mudahan informasinya bisa sedikit banyak membantu buat yang lagi mau liburan kesana. Trip gue ke Myanmar ini memang ga di-plan dulu sebelumnya jadi banyak un-expected cost yang keluar, jadi intinya mending kalo mau lebih murah, semua harus di plan dulu semuanya dari awal, jadi akan lebih murah. Tapi sesekali seru juga lho berangkat kemana gitu cuma beli tiket berangkat tanpa beli tiket pulang, karena sesuatu yang ga direncanakan itu emang biasanya surprising dan Myanmar is surprisingly surprising. I learned lots of things there and of course I found myself better when I travel. Jadi saran gue, nabung, pergi ke tempat yang lo belum pernah sebelumnya dan dapetin pengalaman yang lo ga bakal lupa sampe kapanpun. 

Moment paling bikin gue nganga.
Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!


Cheers, 


Febrian

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Makasiiih tulisan Myanmarnya ya Mas Feb! Makasih pisan, jadi panduan buat akhir taun rencana mau kesana dan mau mewek juga liat balon udara :'D Ditunggu cerita jalan-jalan selanjutnya

    BalasHapus