Kamis, 27 Juli 2017

Setitik di Nusa penida!

Beberapa waktu lalu gue baru aja pulang dari Australia, dan sesuatu terjadi disana, seperti keilangan laptop, keilangan paspor bahkan ketinggalan charger kamera di tempat gue nginep. Puji Tuhan laptop sama paspor gue bisa kembali tepat waktu pas beberapa hari sebelum gue pulang dari Australia, tapi charger kamera gue ga sempet balik jadi akhirnya pas kebetulan ada temen gue terbang ke Bali dari Melbourne , sekalian dibawain. Hal ini ngajarin gue buat lebih ati-ati lagi jaga barang pas traveling and every problem comes with a solution, jadi jangan panik kalo ada hal buruk terjadi, pasti itu udah seijin Tuhan juga sih dan always see the bright side of everything.
mirip Trex ya

Ampir bersin

So karena ada temen gue terbang dari Melbourne dan dia pengen ke Nusa Penida, akhirnya gue ke Nusa Penida, dan gue mau share ke lo tentang experience gue selama di Nusa Penida. so let's start with how to get there. It's actually really easy to go to Penida, bisa tinggal naek speed boat aja dari Sanur sekitar 30 menit aja, gue saranin sih pagi aja sebelum jam 8 udah sampe di Sanur jadi bisa dapet kapal, karena lumayan rame. Tapi kemaren ini gue agak kesiangan bangun, jadi mau ga mau naek kapal siang, ada sih siang tapi jauh dari Pelabuhan Tribuana dan dari Seminyak ke Tribuana itu sekitar 1,5 jam. Jadi I don't suggest you to take that boat, mendingan dari Sanur aja, kalo dari Sanur ada juga yang sore, tapi enakan pagi karena ombaknya juga masih ga terlalu gede.

I wanna live here

Di Penida lo bisa sewa motor dengan range 70 - 100rb per hari, jangan sedih karena bensin juga gampang ditemuin, atau bisa sewa mobil juga sih, kalo ramean mending naek mobil, tapi kalo cuma berdua ya naek motor aja mendingan, oh iya bawa jaket ya karena kalo naek motor ya emang dingin anginnya kenceng, ama banyakin tolak angin ama neurobion deh, minum tiap malem biar tetep seger besokan paginya.

Kelingking beach
Bisa kemana aja sih di Penida? Banyak banget, tapi karena gue cuma punya waktu 2 hari, jadi gue cuma ke sedikit tempat, I dfntly will come back and stay there a lil bit longer tho. Gue kemaren cuma ke:

1. Kelingking beach / Karang Dawa

Kelingking beach ini ditempuh pake motor sekitar sejam lah dari daerah buyuk tempat dimana gue tinggal, cuma gue salah jalan dikit so sekitar 1,5 jam baru sampe sini, jalanannya udah 3/4 bagus jadi ga terlalu jelek. Kelingking beach ini terkenal banget sama bentuk bukit yang menyerupai T-rex, pertama kali pas gue liat gue nganga sih, bagus banget man, parah. So I recommend you to go to this place because it's amazingly beautiful. Lalu lo bisa juga turun ke bawah sih, tp I don't recommend you to go down to the beach, karena jalanannya masih susah banget kurang safe juga, jadi think twice, curam banget jg jadi agak susah, kalo emang niat mau ke bawah, gue turun sih, pake alas kaki yang proper kaya sendal gunung atau sepatu tracking. perjalanan turun 30 menit - 1 jam tergantung kepinteran lo tracking, naeknya sih yang pe-er banget, but apparently it's harder  to go down than to go up, seriously. Di bawah bagus banget, airnya dingin dan ombaknya lumayan gede, jadi harus ati-ati. Oh iya kalo emang niat mau turun jangan lupa bawa makanan / minuman ya, karena perjalanannya sangat membuat capek, tapi inget jangan tinggalin apapun kecuali foot steps. 
Indah ya

Turunnya susah banget, tapi bagus sih

Sampe bawah kebayar

Bagus kan


2. Angel's Billabong

Beberapa waktu lalu katanya ada couple bule yang berenang di natural infinity pool ini dan karena sudden huge waves, mereka kebawa dan yang cowoknya meninggal. So katanya sih ga dibolehin lagi buat berenang disini, tapi kalo emang mau ya harus ati-ati banget, karena kita ga pernah bisa ngeduga kapan ombak bakal dateng, jadi kemaren pas gue kesini, gue cuma ke bawah bentar buat nyelupin kaki sambil deg-deg an takut ada ombak gede, haha. Terus ya abis itu naek buru-buru. Bagus banget sih tempat ini kaya airnya jernih banget dan dikelilingin batu karang dan langsung ke laut lepas.
Deg deg an takut ada ombak gede

3. Broken beach

Broken beach ini searea sama Angel's Billabong, jadi kalo bawa kendaraan parkirnya akan sama. Perjalanan kesini bener-bener perjuangan deh, karena rusak banget, kata orang local you have to pass through the broken road to get to the broken beach, and it's true, jalanannya rusak banget, tapi katanya sih mereka lagi ngebenerin jalannya dan akan selesai dalam 2 bulan lagi (hopefully). Jadi lo bakal liat kaya terowongan gede banget langsung ke laut lepas, bagus banget dan masih natural banget, so I love it.
Muridnya Sinto gendeng

Gimana, pengen kesini gak?

4. Snorkeling trip

Nah ini dia salah satu yang paling terkenal di Nusa penida, berenang bareng manta, ga pake n ya, kalo berenang bareng mantan sih ati-ati CLBK gak sih? haha. Nah gue bayar 350rb buat ke 4 spot naek kapal keliling Nusa Penida start dari jam 8 pagi sampe 12 siang udah termasuk lunch, dan gue berhasil berenang bareng mantan, oops I mean manta, I was so happy to swim with them, banyaak banget manta nya, dan berhenti di beberapa spot lain juga, arusnya kenceng banget jadi ati-ati banget, dan pas gue kesana airnya dingin juga, tapi yeah gue berenang bareng manta, itu yang paling penting.
Manta ga pake n

Gue ga pegang manta nya ya. keliatannya doang
Arusnya kenceng banget, gue ampir kebawa arus gara-gara mereka haha
Hello there!
Nusa Penida jadi tempat favorit gue di Indonesia setelah Flores, it's very close to Bali and this island has so much to offer, penginapannya pun murah-murah, I recommend you to stay in Gepah Garden cottage or The Mel's both are a very good place to stay, harganya cuma 300-400rb per malem udah include breakfast. Karena waktu gue terbatas banget disini, jadi gue ga terlalu bisa ke banyak tempat, I dfnlty will come back to this amazing island, kalo ada yang mau ditanyain bisa langsung tulis komen aja di bawah, sebisa mungkin akan gue bales. Nusa Penida memang indah, lebih indah dari Ida (siapa pula itu Ida,lol).

Kita namain sapi ini si Ida deh ya, haha.

Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!

Cheers,



Febrian

22 komentar:

  1. Kak hasil fotonya selalu kereeen, pake kamera apasih kak? Dan 350 rb itu udah ke angel bilabong, broken beach, + fastboat kakk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu 350rb cuma buat bayar kapal snorkeling trip aja, pas di nusa oenidanya kan kemana mana naek motor

      Hapus
  2. Kak feb, utk ke broken beach apakah masih capable jika ditempuh naik mobil dengan kondisi jalan rusak parah kayak yg kak feb ceritain? Apa mending pindah naik motor aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok, jd aman jalannya tapi ya emang rusak aja hehe

      Hapus
  3. Kok keren2 sih boss potonya.. Ahhh jadi pengin kaan.. Hhehe
    Sukses nih nyebarin virus travellingnya.. :D

    BalasHapus
  4. Wah kapan ya bisa berpapasan, itu kalo penginapan disana yg rekomend?

    BalasHapus
  5. Halo Kak! Apakah semua tempat yg kk ceritain itu terjangkau pake mobil?

    BalasHapus
  6. Iyah terjangkau kok semuanya dengan mobil

    BalasHapus
  7. Hi kak Feb. Overall Budget brp? Termasuk ktmu mantan eh Manta

    BalasHapus
  8. Kak feb
    Kalau ditotal pengeluaran berapa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dr bali sekitar 1 jt an lah buat 3 hari 2 malem

      Hapus
  9. Halo Ka Feb,jadwal kapal dari Sanur hanya pagi&sore ya?
    Thank's before udah bikin ngiler liburan haha

    BalasHapus
  10. Oiya 1 lagi,budget kapal/speedboat dari Sanur ke spot brp ya?

    BalasHapus
  11. Kak, punya kontak local guide di Nusa Penida?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab, atas nama bapak kadek 08133777769. kebetulan 2minggu lalu gue kesana ketemu beliau di dermaga pas mau balik ke sanur. Btw beliau yg jual tiket boat buat balik ke sanur. Sewa motor only 75k/day dan kemarin sih sempet ditawarin misal balik ke penida lagi bisa contact beliau trus nawarin paket 600k/orang udah bisa keliling 4 tempat di pulau penida itu, semoga bermafaaat :)

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. hi kak Febrian, aku Manda.
    Mau tanya dong, ada kontak person nya nggak ya buat snorkeling di Nusa Penida?
    thanks.
    Nice blog anyway :)

    BalasHapus