Selasa, 24 Oktober 2017

Dikagetin di Papagarang, wadaw!

Salam panas dari Manggarai, Flores ya bukan Manggarai yang di Jakarta. Kenapa salam panas? Karena disini panas banget, gue keringetan tiap hari kaya orang di iklan minuman berenergi, tapi ga sepanas keluarga Azhari sih. Labuan bajo itu termasuk area Manggarai dan Flores, ini bukan kali pertama gue ke Flores dan Labuan bajo, tapi bukan juga "Kali kedua, pada yang sama huoooo" jadi ini adalah kali ke sekian, ada yang berbeda, trip ini gue bukan cuma mau jalan-jalan, tapi juga mau berbagi, berbagi sepatu ke adik-adik di Pulau Papagarang yang menjadi bagian dari program #shoes4hope yang dibuat sama @travacello, pas si Jo (foundernya @travacello)  ngajakin program ini dulu ke Sumba, gue lagi ga bisa jadi ga ikutan, gue udah tertarik banget, karena basically gue suka banget traveling sambil ngelakuin suatu hal yang bisa berguna buat orang lain.

Padar island 

Program ini merupakan program ke-2 yang dibikin sama @travacello  bagi-bagi sepatu ke adik-adik kita yang membutuhkan, oh please, I'm more than happy to travel around remote areas in Indonesia buat bagiin sepatu ke anak-anak gemes disana, karena liat muka seneng mereka dan bisa maen bareng ama mereka itu priceless banget, ga bisa dinilai sama apapun, cobain deh sesekali ngelakuin hal ini, simple aja, misalnya sebelum ikutan program ini, gue suka bawa buku bacaan, buat anak-anak yang gue temuin pas traveling, itu mereka seneng banget, dan wawasan mereka juga jadi nambah kan. Gue ceritain nih ya pengalaman gue di Komodo National Park kemaren dalam program #shoes4hope ini.

Papagarang babes

Seperti biasanya sailing trip dimulai dengan naik ke kapal, ya betul kan pertama ya naik ke kapal, kan mau sailing, bukan mau panjat sosial pemirsa, lalu abis gitu beberapa hari akan disuguhi keindahan Komodo National Park yang tiada duanya, bagus banget pokoknya, cuma bulan-bulan mau masuk November gini cuaca unpredictable, jadi kemaren beruntung banget angin kadang gede kadang kecil kadang mendung kadang panas. Udah pasti nginep di kapal, makan di kapal (enak banget sih ini semua makanannya selama sailing), ke Pulau Padar, Gili lawa (masa pas lagi disini gue instastories salah lokasi jadi Gili Labak, terus netizen protes, maaf ya netizen, gue hanya manusia biasa yang tidak sempurna), snorkeling dimana-mana, Manta point, Pulau Kelor, dll, standar lah ya (cerita tentang ini bisa lo cek disini).

Pink beach
Pulau Kanawa
Gili lawa
Yang bikin ga biasa adalah di hari terakhir Sailing, kami berkunjung ke Pulau Papagarang yang panasnya panas banget tapi indah jadi termaafkan, buat berbagi sepatu ke anak-anak yang ada di pulau ini, ada 426 sepatu yang dibagiin sesuai data yang udah didapet dari tim advance. Jalan dari dermaga menuju sekolahan yang sederhana sekitar 5 menit lah di bawah terik matahari Flores yang ga ada diskon, you can imagine kan kenapa kulit gue bisa segelap malam tak berujung sekarang ini.  Sampe di sekolah, rasa panas langsung ilang seketika karena liat anak-anak gemes memandang aneh gue yang berambut pirang ini, haha.

Papagarang squad

Masuklah ke sebuah ruangan yang isinya bapak-bapak dan beberapa ibu guru, terus sambutan lah sedikit, terus si Jo minta tolong dikumpulin tuh ya perwakilan anak-anak itu di sebuah ruangan kelas yang cukup luas, dan setelah semua kumpul dan hati gue melting liat anak-anak ini punya yel-yel segala tentang Pulau Papagarang ini, tiba-tiba si Jo nyamperin gue bisikin, "jadi mau maen apa sama anak-anak, Feb?" I WAS LIKE, GUE? SEJAK KAPAN GUE ADA TITAH BUAT MEMANDU PERMAINAN BERSAMA ANAK-ANAK INI, tapi gue ga bisa nolak akhirnya ide pun muncul datang tiba-tiba seperti cinta datang tiba-tiba, cinta adalah anugrah yang kuasa kalo kata lagunya Marcell yang dulu kribo sekarang botak itu. Ide buat bikin ice breaking (mungkin ini ide dari malaikat, karena gue ga pernah kepikiran sebelumnya). Tiba-tiba juga gue memperkenalkan diri diantara ratusan anak-anak gemes ini dengan teriak "SELAMAT PAGI SEMUANYA, PERKENALKAN NAMA AKU FEBRIAN, KARENA LAHIR DI BULAN FEBRUARI, KALO LAHIR DI BULAN JULI NAMANYA MUNGKIN JULIANTO" Mohon maaf gue lebih garing dari kerupuk udang yang baru selesai digoreng, tapi it worked dan mereka ketawa tuh, blek. Terus abis itu gue bikin gerakan kaya di film jurassic terbaru yang si pemeran utamanya itu bikin gerakan tangan ke atas dan ke depan ke para dinosaurus mini itu buat ngontrol mereka, jadi kalo tangan gue diangkat ke atas anak-anak harus diem ga boleh ada yang ngomong, tapi kalo tangan gue ke depan mereka harus teriak sekenceng-kencengnya, dan YES, gue berhasil mengontrol kebisingan suara ratusan anak yang ada di ruangan kelas itu dan ajak mereka maen "sedang apa sekarang" bukan sedang apa dan dimana kaya sammy, oke bye. Gue bagi 2 kelompok dan gue minta tolong Mbak Agatha (salah seorang yang ikut trip juga) buat bantuin gue contohin cara nyanyi dan mainnya, juga masing-masing kelompok ada 1 guru yang mendampingi, seruuuu banget, semua berlomba-lomba mau menang dan ketawa-ketawa, sampe akhirnya ada yang kalah, selesailah permainan dan dilanjutkan kegiatan inti yaitu pembagian sepatu secara simbolis ke beberapa anak.

Terkaget saat ditunjuk suruh ajak main anak ratusan
mereka happy gue pun ikut happy
Untung mereka seneng dan ga takut
Pembagian sepatu secara simbolis ini berlangsung cepet dan mengharukan buat gue, karena gue bisa ngelakuin sesuatu yang langsung keliatan hasilnya, gue sedikit menangis bahagia karena gue ga tahan liat muka mereka yang sumringah banget dapet sepatu baru dan ngajarin gue buat kembali harus selalu bersyukur sama apa yang kita punya. Abis itu gue sedikit ngobrol sama anak-anak yang gue tanya satu per satu cita-citanya, cita-citanya ada yang mau jadi dokter, tentara, polisi, guru, macem-macem deh, dan gue bilang ke mereka "kalian kalo mau cita-citanya tercapai kuncinya gampang banget, rajin belajar, jangan ngelawan orang tua dan sayang sama keluarga dan Tuhan terlebih lagi alam sekitar dimana kalian tinggal" Ide darimana, ga tau tiba-tiba muncul gitu aja, mudah-mudahan bisa bermanfaat buat Dinda, Naya dan semua anak-anak disana yang ga bisa gue sebutin satu per satu dan mereka semua jadi pribadi yang bertumbuh jadi orang yang berguna, amin.

Pembagian sepatu secara simbolis
Mimpilah yang tinggi ya nak!
Sedih sih harus akhirnya berpisah sama anak-anak ini, tapi gue seneng udah bisa jadi bagian cerita dalam hidup mereka walaupun mungkin cuma sedikit, dan gue berharap program #shoes4hope ini bisa terus ada, bahkan ada program serupa lainnya yang makin bermunculan jadi kita ga cuma jalan-jalan, tapi juga bisa ngelakuin sesuatu buat tempat yang kita datengin. @travacello memang pelopor program ini, tapi jangan minder karena program kaya gini bisa dibikin sama siapa aja kalo ada kemauan. Kepulangan gue ke dermaga dianter sama anak-anak yang gue ajak ngobrol tadi dan mereka ajak gue berenang bareng, tapi ga bisa (SUPER SAD) karena waktunya ga cukup, tapi anak-anak lucu ini minta difoto sambil pake kacamata gue, gemes banget ah, ga kuat, hahaha. Akhirnya waktu memisahkan gue ama mereka, tapi mudah-mudahan apa yang gue share disitu bisa stay dan mereka aplikasiin di kehidupan sehari-hari, amin. @travacello masih akan bikin #shoes4hope chapter berikutnya, ikutan gih, gue juga berharap bisa ikutan lagi next chapternya, semoga waktunya cocok, amin!

Ayo mandi sama sama kak!
They're cool, aren't they?
Terima kasih semuanya, Febrian pamit dari Papagarang!

Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!

Cheers,



Febrian

1 komentar: