Selasa, 10 Oktober 2017

Dimana tempat pertama kali David Bechkam sama Victoria first date?

Jalan-jalan udah jadi keseharian gue yang gue lakuin setiap saat, nah kali ini gue mau cerita pengalaman gue jalan-jalan ke Inggris, ga pernah kebayang sebelumnya gue bakal ada kesempatan buat ke tempat dimana asal bahasa yang dipake seluruh dunia ini. Selain bahasanya, negara ini juga terkenal sama sepak bolanya, banyak klub bola yang banyak orang tau, kaya Manchester United misalnya, tapi kali ini gue ga akan bahas tentang itu, tapi sisi lain dari Inggris, di tulisan gue pertama ini akan gue bahas kota pertama yang gue datengin yaitu Manchester.
Taxi di Manchester
Pemandangan dari jendela kamar hotel gue, bukan big ben ya.

Perjalanan dari Jakarta ke Manchester

Perjalanan dimulai dari Jakarta udah pasti naek pesawat, ga mungkin naek sepeda kan, apalagi naek becak, well naek kapal laut mungkin bisa tapi butuh waktu yang sangat lama pastinya, lebih lama dari nungguin dia putus ama pacarnya kali, huft. Pesawat ke Manchester itu mungkin sekitar 15 jam in total, tapi transit dulu di Abu Dhabi 5 jam, jadi total perjalanan sekitar 20 jam lah, lumayan ya, tapi ga kerasa sih, apalagi naek pesawat nyaman dan temen perjalanannya juga asik. 


Waktu transit di Abu Dhabi.

Ada apa aja sih di Manchester selain bola? 

Jawabannya adalah banyak macem-macem, tapi ternyata Kota Manchester ini banyak yang bisa ditelusurin bukan cuma bolanya aja, pas gue dateng bulan September akhir jadi udah mulai masuk musim autumn, cuacanya juga jadi udah mulai dingin tapi ga sedingin winter sih, jadi pas enak banget. Gue bakal share nih kemana aja gue pas di Manchester:

1. Radisson Blu Edwardian Hotel Manchester

 Radisson Blu Edwardian Manchester dulunya itu bukan hotel, hotel ini baru dibikin tahun 2004, dan legendaris banget soalnya dulu  Sex Pistols pernah manggung disini, kece deh, dari kamar hotel juga bisa keliatan Manchester Townhall Clock yang mirip Big Ben, kece sih, kalo mau nginep sini per malemnya sekitar  £149 -  £200 lah.


Kece kan pemandangan dari kamar gue.

2. Manchester Townhall clock
Gue suka banget sih gedungnya, kaya ngasih liat arsitektur yang masih ada dari jaman dulu tapi masih terjaga sampe sekarang, katanya sih beberapa film juga pernah shooting disini, hmm, kalo dari kamar hotel gue sih keliatan kaya big ben tapi bukan, kece deh buat foto udah pasti instagramable. 
Kadek kaya lagi di Hogwarts ya

Ini dia nih si jali jali

3. Midland hotel 
Disini adalah hotel dimana David Bechkam ama Victoria dulu pertama kali nge-date, cie, napak tilah seru nih kayanya, kali kali dapet first date juga disini, sayangnya gue sih ga nemu, gapapa lah yang penting gue first time nih ke Manchester (gak nyambung, biarin).
Bagus kan Midland hotel ini

4. Manchester Central Library
Woy, gue kan ga suka baca buku, karena gue orangnya lebih visual, well disini lengkap banget buku-bukunya tapi ada sectionnya gitu dan ada tentang musik sendiri, mantap deh, ada satu ruangan yang ga boleh berisik sama sekali, gue coba masuk, dan hening tak ada suara sama sekali, gimana ya kalo tiba-tiba ada yang kentut? itu sih pemikiran gue, pasti tersiksa nahan kentut, haha. Tapi tempat ini must visit kalo ke Manchester. 
Lantainya aja kece banget

Belajar dulu ya biar kaya anak pinter

5. Northern Quarter Manchester
Disini lo pasti suka deh, gue juga soalnya banyak toko-toko termasuk primark untuk kita rakyat jelata yang suka belanja murah tapi mau dapet banyak, dan tempat ini ngingetin gue sama fitzroy Melbourne sih, jadi emang hipster banget, daerah sini ada satu jalan yang dulunya sih katanya records label dan tempat jualan yang berbau-bau musik gitu lah, dan nama jalannya adalah Oldham street, sampe sekarang sih masih ada toko-toko yang jualan vinyl. 


nih si Anggey foto depan record storenya.

Kalo gue foto di sebrangnya, haha.
Nah itu yang di kotanya ya, pas gue mau ke Liverpool gue visit Castleton dulu, sekitar 1,5 jam lah naek mobil dari Manchester, keren sih tempat ini, gue sih loff banget karena emang banyak savana dan juga alam banget deh, sepi enak gitu, yang bikin menarik adalah disini lagi ada sebuah instalasi musik dan art yang dipamerin di alam, termasuk gua dan juga padang rumput, lebih menarik lagi karena ada instalasi dari anak ISI yang dipamerin di dalem gue, katanya sih terinspirasi dari sarang lebah ceunah, kece sih, nih recap video pas gue di Castleton bisa diliat disini

Di Castleton bareng si Kadek.

Ini dia nih artist dari Indonesia yang bikin instalasi gamelan.


Manchester tuh ternayata menarik banget loh dan spot-spot bersejarah serta instagramable juga banyak banget, not to mention tempat-tempat buat nongkrong juga ya, jadi menurut gue kalo lo ke Inggris coba mampir ke Manchester juga deh, karena emang seru. Jadi di Manchester tuh ga melulu tentang sepak bola ya, karena kaya gue, kang soleh ataupun si Adit, ga ada yang ngerti bola, tapi bisa tetep nikmatin kota ini dari point of view yang berbeda, karena sebenernya sih menurut gue ya, kemanapun kita pergi, yang bikin jadi seru tuh ya sama siapanya itu lho, abis ini gue bakal lanjutin tulisan tentang Liverpool ya, sabar ya, lagi banyak kerjaan nih, riweuh. Eh satu lagi lambang kota Manchester tuh lebah, inspirasinya lebah itu rajin bekerja, ya mirip lah kaya gue, kerja-in orang, lol.


See you in Liverpool, people!


Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!

Cheers, 


Febrian

2 komentar:

  1. Terimakasih oleh2 wallpaper and ceritanya.. ditunggu cerita liverpoolnya.. 😍

    BalasHapus
  2. Paling suka sama editan fotonya. Kece!!!

    BalasHapus