Jumat, 29 Desember 2017

Abis dari Wakayama, tali persahabatan makin erat, kenapa?

Gue sering banget bilang kalo Jepang itu salah satu negara favorit gue dari puluhan negara yang pernah gue datengin, ini ketiga kalinya gue berkesempatan buat ke Jepang, kali ini gue ke banyak banget tempat tapi di blog ini gue mau ceritain area pertama yang gue datengin di Jepang yaitu Wakayama.
Masih baru banget landing di KIX atau Kansai International Airport, Osaka.
Wakayama itu letaknya ada di deket Osaka, jadi masih di daerah selatan lah yah kalo di Jepang karena kalo utara mah Hokkaido. Pas pertama googling tentang Wakayama yang keluar tuh foto air terjun yang ada pagodanya, menarik banget since gue emang suka banget nature and culture, langsung aja lah kesini mumpung liburan kali ini ke Jepang.

Naek Shinkansen selalu kemana-mana karena punya JR pass jadi lebih irit
Transportasi di Wakayama bisa naek kereta lokal atau bus, kalo emang niat mau kesini bisa cek website Visit Wakayama ada yang berbahasa Indonesianya juga, disini. Kemaren ini selama disana gue ditemenin Mas Yuki dari Visit Wakayama, well dia orang Jepang sih, gapapa lah gue panggil mas aja ya, kan gue ngomongnya ga bahasa Jepang, bisa sih sedikit bahasanya, semacem itadakimasu mah apal lah ya, lol. Jadi gue dianterin naek mobil mereka jadi transportasinya pribadi.

Aw namanya juga onsen ya harus telanjang, mohon maaf disensor.
Bisa kemana aja sih di Wakayama? Banyak yang bisa didatengin apalagi kalo lo suka nature dan culture kaya gue. Berikut highlights beberapa tempat yang gue datengin di Wakayama:

1. Kuroshio fish market

Pasar ini sebenernya bukan pasar tradisional kaya di Indonesia tapi pasar seafood fresh yang rapi tertata dan bersih, jadi bisa pilih seafood yang masih fresh terus makan disini juga, yang paling terkenal dari tempat ini itu adalah cutting tuna show-nya, menarik banget sih liat Tuna yang segede dosa itu dipotong, jadi tau caranya gimana motong tuna yang biasa kita makan jadi sashimi itu. Eh iya karena gue udah sering makan sashimi dan sushi yang mentah, jadi gue sih suka banget fresh, pake soyu dan jadilah hidangan sehat mentah tapi ga anyir. Nah tapi jangan sedih kecewa atau merasa minder karena lo ga bisa makan ini, dulu pertama kali pas dateng Jakarta diajakin makan sushi ama temen kampus dan saya muntah, karena geuleuh (sok googling artinya apa) dan ga biasa, tapi akhirnya lama-lama malah jadi suka banget, jadi ati-ati kalo geuleuh sama orang, bisa aja nantinya jadi suka banget, lol.

Bisa beli di pasar dan grill sendiri

Ini dia nih pemotongan Tuna itu

2. Nachi waterfalls

Ini dia si jali-jali, tempat yang pertama kali gue liat di google image pas googling tentang Wakayama. Hey pemirsa, gila sih ini adalah satu tempat di Wakayama yang harus banget lo datengin, mengapa? Karena begitu indah memanjakan mata pemandangan si air terjun dan pagoda diliat secara bersamaan, katanya sih bagus banget pas lagi spring karena ada sakura dan autumn karena daun jadi pada merah dan kuning. Huft karena kesini lagi winter dan di Wakayama mah jarang turun salju, jadi wae tetep bagus. haha. Intinya kapanpun dateng kesini, akan tetep bagus kok.

So proud to take this picture with Lumix GX8 with 42,5mm f1.2 lens

Nachi falls

pila pila pila

Aris, Yuki san and me
Terfoto depan air terjun

3. Onsen hoping

Di kawasan Wakayama juga terkenal banget sama pemandian air panas alaminya atau kalo bahasa Jepangnya mah disebut onsen. Kalo lo pernah baca tulisan gue yang dulu tentang Jepang atau pernah ke Jepang dan nyobain sendiri, pasti tau kalo onsen itu harus telanjang, ingat yah harus telanjang bulat tanpa sehelai kain pun menempel di tubuh, awalnya sih dulu deg deg an, malu kan yah bubuligiran depan orang banyak, terus pas cobain semua orang juga cuek, ya udah aja gue juga jadi cuek, orang dipisah juga perempuan sama lelaki, jadi santai. Jadi biasanya kalo onsen tuh ya kita harus mandi dulu, jadi ada showernya gitu sekat-sekat sama jojodog buat nyeuseuh (kursi kecil) dan udah tersedia sabun shampo juga, jadi emang kalo mau masuk onsen tuh harus bersih dulu, katanya sih ga boleh pake sehelai kain pun karena supaya kolamnya tuh tetep bersih, makanya harus mandi dulu. Nah kali ini gue nyobain beberapa onsen yang ga biasa alias unik diatara lain : Onsen di pantai di Shirahama, onsen di sungai di Kawayu Onsen, Onsen di gua di hotel Urashima dan di hotel hotel yang gue inepin selama di Wakayama. Sayang banget ga semua onsen gue foto (sebenernya ga boleh foto sama sekali, tapi karena Mas Yuki, jadi ada beberapa yang sempet gue foto sendiri dan si Aris juga) Oh iya gue ke Jepang kemaren sama temen gue @kabutipis itu jadi tingkat pertemanan kita udah level "telanjang" karena udah sering onsen selama di Jepang, haha. Kalo ke Wakayama harus cobain banget Onsen di tempat yang unik-unik ini pokoknya. Jadi bisa dibilang pulang dari Wakayama, tali persahabatan akan makin erat karena lo udah tau seluk belum temen lo sampe dalem-dalemnya, lol.

Foto onsen pinggir sungai di kawasan Kawayu Onsen


Saki no yu Onsen, Shirahama beach



Onsen di Sungai di kawasan Kawayu Onsen


4. Makan Kumano beef di Kushimoto

Sebenernya banyak yang gue cobain selama di Wakayama dan semuanya enak-enak tapi yang nempel di hati cuman Kumano beef ini, ya astaga kenapa ini beef nempel di hati, karena murah meriah dan pas masuk mulut itu daging meleleh mantap, katanya sih kobe beef, hida beef, dan beef-beef lainnya enak juga, tapi ya kalo di Wakayama ayana eta si Kumano beef, cobain sendiri, dan rasakan sensasi bakar-bakar dan langsung masukan ke mulut anda lalu dia akan meleleh di lidah, masuk ke kerongkongan dan anda kenyang, haha.

Enak banget gila.

5. Cobain strawberry terenak di dunia (menurut gue sih)

Pemirsa, strawberry kan biasanya rada haseum yah, ini mah wow, pernah makan strawberry di eropa gak? belum? di Amerika? belum juga? Kalo gitu sama, hahaha. Nah kali ini gue dibawa ke sebuah tempat bernama Ricolina farm buat nyobain experience metik strawberry sendiri terus dimakan langsung, harganya 30 menit bayar 1800 yen all you can eat, mabok mabok deh anda. Jadi kaya di dalem rumah kaca gitu kebun strawberry nya, bersih dan terawat, metiknya juga diajarin dulu, jadi ga boleh rewog sia teh yah, harus berkelas, haha. Gede-gede banget kaya rejeki kita semua dan rasanya maniiiiiiis pisan, kayanya gue kalo ga diberhentiin ama tetehnya, gue abisin sekebon deh, haha. Bener-bener strawberry terenak di dunia menurut gue.

Manis banget ga ngerti lagi

Ricolina farm
'

6. Oyunahara, Tori gate terbesar di Jepang.

Di Jepang itu ada yang terkenal banget dengan banyaknya tori gate merah banyak banget yaitu di Fushimi inari, Kyoto. Tapi ternyata ada yang paling gede di Wakayama, tepatnya di Oyunahara, nah jadi ini ada searea sama shrine tempat orang sini pada sembahyang, disini tuh adalah satu kuil yang didatengin buat berdoa untuk masa yang akan datang atau masa depan, jadi ada 3 kuil gede yang biasa didatengin orang-orang disini dari jaman dulu banget, sebelum ada kendaraan orang-orang dari Kyoto naek kuda bisa berminggu-minggu ceunah, meni watir takut kelaparan gak yah, atau kedinginan, kan cuma pake kimono doang, gue sempet cobain pake baju-nya di sebuah tea house Daimonzaka chaya, nyaman sih cuma ya dingin aja ya kalo lagi musim dingin begini mah, sok cobain sendiri geura. Nah jadi ada 3 kuil gede yang biasa didatengin perjalanan orang-orang yang naek kuda dari dulu itu, kuil buat berdoa tentang masa yang udah lewat, buat masa sekarang dan masa yang akan datang, itu kepercayaan mereka, menarik yah.

Biasanya ga boleh foto dalem sini, thanks to VisitWakayama

Cocok ga?

Ini dia nih Tori gate terbesar di Jepang



7. Cycling around Kushimoto


Kushimoto adalah salah satu kota yang ada di daerah Wakayama prefecture, dan uniknya daerah ini dipengaruhi sama kebudayaan Turki, soalnya katanya jaman dulu ada kapal turki yang pernah tenggelam dan dibantuin sama penduduk sekitar, dan mereka hidup berdampingan, jadi makanan di daearah sini pun ada sedikit pengaruh Turki-nya. Coba deh ke Cape Shionomisaki Tourist tower, disini ada burger yang terkenal banget dan bisa liat pemandangan Kushimoto dari atas. Penyewaan sepeda pun tersedia dan ga mahal kok. 
sup bud?

hola Kushimoto

Sebenernya masih banyak yang bisa didatengin di Wakayama tapi karena waktu gue terbatas jadi ga sempet ke semua tempat di Wakayama, jadi gue kasih pilihan lagi nih buat lo yang berencana ke Jepang, jangan cuma Tokyo Osaka Kyoto doang yah, abis ini nanti gue tulis tentang tempat lain yang gue datengin di liburan akhir tahun 2017 ini ya, mudah-mudahan tulisan ini bisa menghibur dan bermanfaat, kalo ada yang mau ditanyain boleh DM gue di instagram, email atau komen aja di tulisan ini ya, sampe jumpa lagi.

Hashiguiiwa rocks, Kushimoto.
Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!

Cheers,


Febrian.

12 komentar:

  1. Kemanjahan yang tiada tara liburannya ya bro. Kacida raosna!

    BalasHapus
  2. Air terjunya keren banget kak

    BalasHapus
  3. Kenapa banyak lawakannya sih hahahaha lucu pisaaaan jd makin seru cerita perjalanannya 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf yah kalo lawakan aku rada garing lol, makasih udah mamoir kesini!

      Hapus
  4. wehhh, yg pertemanannya udah di level telanjangan.. hahaa
    salam dari kejauhan. . semoga kita berpapasan.

    BalasHapus
  5. jepang emang gak ada abisnya ya ka, sama kaya Indonesia ahahaa. next trip kemana nih? kali aja berpapasan 😀

    BalasHapus
  6. Salah satu impian saya bisa ke jepang, semoga suatu hari 🙏

    BalasHapus
  7. Kaka febrian, trip ke wakayama Ini berapa hari kak? Terimakasih kak
    Semoga kalau saya balik lagi ke Jepang bisa berjumpa dengan kakak ya 🙏🏿

    BalasHapus
  8. Hi.. kalo blh tau.. kalau mau motret pagoda dan air terjun nya harus ke tempat apa ya?

    BalasHapus