Selasa, 02 Januari 2018

Air terjun Aling - aling bikin gue memar!

Bali tuh emang ga pernah ada abisnya buat dieksplor, dari mulai pantai, gunung, makanan, budaya, sampe air terjunnya. Hari ini tanggal 2 Januari 2018, gue baru aja abis berkunjung dan berkegiatan seru di salah satu area air terjun yang ada di Bali, yaitu Air terjun Aling-Aling. Air terjun ini ada di daerah Sambangan, Singaraja. Udah lama banget gue pengen kesini tapi ga kesampean melulu, soalnya sempet ditutup area ini karena ada insiden yang lumayan ngehebohin pas taun 2007 - 2008 kalo ga salah. Tapi akhirnya sekarang udah dibuka lagi dan akhirnya gue punya waktu buat dateng langsung ke air terjun yang banyak diomongin orang ini. Jadi searea Air terjun Aling-aling ada air terjun lain, yaitu Air terjun Kroya, Air terjun Kembar dan Air terjun Pucuk. 
Taken by @commadiya, Air terjun Aling-aling
Tiket masuk buat ke area ini sebenernya cuma 10.000 rupiah, tapi ya cuma bisa liat air terjunnya aja, dan ga bisa ngelakuin kegiatan lain, kalo mau ngelakuin kegiatan lain dan pake guide bayarnya 125.000 rupiah per orang buat short track (gue coba yang ini) ada yang medium dan long track juga dengan harga dan waktu yang lebih lama pastinya. Gue sih saranin buat ambil yang 125.000 rupiah karena kita bisa sliding di air terjun, loncat dan ada guide yang nemenin dan mastiin kita safe, karena bisa gue bilang area ini cukup licin dan berbahaya. Apakah kids friendly? Yes, karena ada guide yang nemenin. Cara kesini juga cukup gampang, buka aja google maps dan cari Air Terjun Aling-aling, ketemu deh pasti langsung. Dari area parkir buat nyampe ke kawasan waterfall-nya jalan kaki sekitar 20 menit lah, dan udah ada tangga yang proper and again karena ada guide yang nemenin jadi aman banget. 
Air terjun Kroya

BISA NGAPAIN AJA SIH DISINI?

1. Berenang 

Udah pasti bisa berenang, airnya seger banget dan jernih, gue sih suka banget, ada kamar ganti juga di deket air terjun pertama yang didatengin yaitu air terjun Kroya.

Berenang di Air terjun Pucuk

2. Cliff Jumping

Ini adalah salah satu kegiatan terseru di area ini, jadi ada 3 jumping cliff yang bisa kita cobain di 3 air terjun yang berbeda. Ada yang 5m di Air terjun Kroya, 10m di Air terjun Kembar, dan 15m di Air terjun Pucuk, dan gue cobain semuanya. It was terrifying seriously, haha. Yang 5m OK lah ya aman, 10m gue bener-bener deg-deg an banget sampe ngomong OH MY GOD dan ampir ga loncat, tapi akhirnya loncat juga, dan yang 15m OH MY GOD bener-bener antara hidup dan mati rasanya, haha. Tapi berhasil juga dan that was fun, walaupun ada yang sempet salah landing dan bikin gue jadi agak memar-memar dikit. Saran gue ikutin apa yang dikasih tau sama guide-nya dan kaki ama tangan jangan dibuka, kumpulin keberanian dan loncat deh, seruuuu banget parah. haha. 

@hamzolo terjun di Air terjun kembar ketinggian 10m
Ini pas gue loncat di ketinggian 5m di Air terjun Kroya

3. Waterfall Sliding

At first gue ngerasa kok kayanya gak safe ya sliding di air terjun alami yang ga ada pengaman sama sekali kecuali life jacket, but hey ternyata aman-aman aja dan gue cobain berkali-kali, kegiatan ini bisa dilakuin di Air terjun Kroya yang pertama yang bisa loncat 5m itu, seru banget sih, ikutin aja apa yang dikasih tau guidenya then you're gonna be safe. 
seru banget kaya naek wahana tapi alami

4. Foto dan nikmatin bagusnya air terjun

Bener-bener deh pemandangannya baguuuuuuus banget, semua air terjunnya bagus banget, dan gongnya adalah setelah ngelakuin semua aktivitas seru, dibawalah ke Air Terjun utamanya yaitu Air terjun Aling-aling, dari Air terjun Kroya sekitar 5 menit lah jalan kaki, dan sampe lah ke area yang pemandangannya bener-bener bikin nganga dan terkagum-kagum. Ini salah satu air terjun terbagus yang pernah gue datengin, di Aling-aling ga dibolehin buat berenang atau ke area bawah air terjunnya persis, jadi cuma bisa liat dari kejauhan, well ga jauh-jauh banget sih, konon katanya emang banyak insiden yang terjadi jadi ya memang dijagain banget jangan sampe (amit-amit) kejadian lagi. 

Air terjun aling - aling
Cuma bisa nikmatin sedeket ini, ga bisa turun ke bawah.
Gue rasa ini adalah pengalaman ke air terjun terseru selama hidup gue deh, bisa liat pemandangan yang bagus banget, ngelakuin kegiatan yang ekstrim dan memacu adrenalin banget bangetan, walaupun emang agak jauh dari Kuta dan sekitarnya yah, makanya gue saranin kalo mau kesini berangkat pagian aja, gue aja berangkat sekitar jam 6an dari daerah Canggu jadi balik lagi kesini nya ga kemaleman, kecuali emang lo mau nginep di daerah sana ya. Setiap perjalanan pasti banyak pengalaman seru yang didapet, kaya ke Aling-aling ini banyak banget pengalaman seru yang bisa gue share ke lo semua kan, penasaran pengen nyobain juga? Gih kesana sendiri, jadi nambah lagi deh list tempat yang bisa dikunjungin kalo ke Bali, ga cuma ke Kuta ama Ubud doang yakan? lol. Ya paling kalo kesini kaya gue dapet oleh-oleh memar dikit, tapi seru banget sih!
Hamzah at Kroya waterfall

Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!


Cheers, 


Febrian

3 komentar:

  1. Kerennn kak, dan sangat rekomended bgt buat di kunjungi entar, kak febri coba sekalian ke Sekumpul di Buleleng juga bagus

    BalasHapus
  2. Sungguh aku pengen banget nyoba cliff jumping kak wkwk

    BalasHapus