Rabu, 27 Juni 2018

Social media detox, perlu gak sih?

Hola, it's been a while since the last time I posted something on my social media, setelah kurang lebih sekitar 1 minggu gue coba untuk off sementara dari dunia maya, akhirnya gue kembali buat ceritain apa sih yang gue dapet selama kurang lebih 1 minggu ga nyalain internet dan HP cuma jadi media buat denger musik dan foto aja, gimana rasanya? Gue berasa seperti abis di charge lagi, dapet excitement yang baru, lebih semangat dan appreciate lingkungan sekitar dimana kita berada daripada ngelakuin sesuatu yang kurang berfaedah kaya nyinyirin postingan orang misalnya. 
Hello from the other side!
Setelah gue posting di instagram tentang keinginan gue di instagram buat "off" sementara dan beristirahat, banyak mengundang pro dan kontra dari warga net, tapi lebih banyak yang pro dan pengen tau rasanya, sebagian juga ada yang bilang udah pernah cobain dan share perasaannya setelah ngelakuin kegiatan ini, kenapa gue ngelakuin ini? Gue pengen tau aja sih, gimana rasanya hidup tanpa jaringan internet dan rasanya ternyata enak banget, bisa lebih aware sama lingkungan sekitar, temen dan keluarga, terlebih lagi Tuhan. 

Berdoa apa ketiduran, you decide.
Selama seminggu ini gue selalu bangun pagi, olahraga dan lebih banyak berkomunikasi sama orang yang ada di sekitar, ternyata yang bilang internet itu mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang deket itu bener adanya, selama ini kadang gue lebih fokus buat mencoba balesin semua komen di instagram atau twitter dan melewatkan banyak hal di sekitar yang sebenernya mungkin lebih penting karena itu real time dan ga mungkin keulang, tapi apa yang terjadi di internet itu bisa ditunggu untuk nanti dibales atau dilakukan ketika sedang sendiri di kamar atau lagi ga ada kegiatan apapun. 
Waktu lagi olahraga pagi!
Setiap pagi gue mencoba memulai hari dengan bersyukur, baca Alkitab dan berdoa, kegiatan yang keliatannya sepele tapi ternyata berimpact sangat besar dalam kehidupan kita semua, apa yang gue punya dan alami sekarang, ga akan ada tanpa pertolongan Yang Maha Kuasa. Yang susah di jaman sekarang adalah untuk stay positif dan mencoba untuk menghargai pendapat orang, orang posting foto pake bikini dikit dinyinyirin, orang gendutan dikit dikomentarin, orang iteman dikit dianggap dekil, orang pake baju apa dijadiin bahan julid ama temen, yang gue perhatiin ini semua bikin orang jadi insecure dan ga pede sama dirinya sendiri, padahal seharusnya kita bersyukur masih sehat, bisa bangun pagi dan kalo pengen kencing bisa sendiri tanpa harus bersusah payah. 
Jangan lupa buat bersyukur.
Banyak orang di luar sana yang kurang beruntung dari kita, banyak yang ga punya anggota tubuh yang lengkap, yang setiap hari masih harus mikir mau makan apa, kenapa kita masih komplain dengan hidup kita yang udah jauh lebih dari cukup. Setiap manusia punya kekurangan dan kesusahan masing-masing tapi kita ga pernah tau kesusahan mereka apa, mencoba melihat sesuatu dari perspektif yang lebih baik, let's always see the brightside in everything. 
Sunrise di Desa Pinggan.
Gue jadi inget ada seorang perempuan yang pernah gue temuin di sebuah acara dan dia ternyata udah cancer stadium 4 beberapa tahun yang lalu, waktu itu divonis dia hidupnya tinggal beberapa bulan lagi, dan dia bilang ke gue tadinya dia udah ga semangat buat hidup tapi nemu akun gue di instagram dan ngikutin perjalanan gue akhirnya melalui instagram dan blog gue, dia bilang dia jadi semangat buat hidup lagi dan walaupun kabarnya sekarang dia udah bersama Allah Bapa di Surga, tapi kata kata dia ke gue yang bilang "Terima kasih ka, aku jadi semangat hidup lagi dan berasa ikut perjalanan kaka ngeliat dunia yang indah" jadi kalimat terakhir perjumpaan gue ama dia, bikin gue sadar yang kita lakuin itu sebaiknya positif dan bisa bermanfaat buat orang lain. 

Misool aja punya hati, masa kamu enggak?
Saran gue adalah coba lebih aware sama sekitar kita dan gue ga menyuruh untuk ga pake social media atau internet, tapi coba lebih fokus ama sekitar dan lebih ngerti bahwa berapapun followers lo, banyak atau sedikit itu bukan jadi yang utama, tapi waktu kita di dunia ini cuma sesaat dan lakuin sesuatu yang bermanfaat bukan buat diri sendiri, tapi juga bermanfaat buat orang lain, siapapun itu kita ga pernah tau, jadi pakai social media secara bijak dan baik, social media detox sesekali bisa dilakuin untuk bikin kita lebih sadar bahwa ga cuma yang jauh yang penting, tapi yang deket juga penting, bisa dilakuin di rumah atau lo pergi ke suatu tempat kaya gue, yang ga ada sinyal sama sekali, cobain deh!
My everything!
Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!

Cheers, 


Febrian

10 komentar:

  1. Love this post very much!!! And you do remind me to BACA ALKITAB TIAP HARI. Ini bener2 deh langsung ‘deg’. Keep spreading the good words ya, Febrian!

    BalasHapus
  2. jadi geologist bikin gue kadang dapet dines di lokasi yang ga ada TV ga ada sinyal, sebulanan, tapi kek kata lo bang.. kita jadi interaksi sana sini, hal hal receh bisa bikin ketawa, dan kita ngehargainn banget apa yang depan mata kita. nice post bang.

    BalasHapus
  3. Detox Internet yang paling cocok buat gue yaitu pas bulan Ramadhan, Asli deh kemaren tuh gue bener-bener mengurangi penggunaan internet. Pas maen sosmed lagi abis ramadhan followers turun drastis wkwk.

    BalasHapus
  4. Tulisan dan perjalanan ka febrian yang selalu aku tunggu. Gak pernah bosen ngikutin meskipun story udah kaya titik titik hahha. But by your story, aku ngerasa kaya ada di dalam nya. Terimakasih sudah berbagi cerita.

    Btw bicara soal social media detox, kemarin aku sempet mengurangi jadi cuma WA (buat komunikasi ke orangtua dan hal hal yang memang penting). Disitu kaya aku disadari betapa banyak waktu yang aku habiskan di dunia maya tp ga penting penting amat sampai lupa sama dunia nyata. Well, harus cek lagi management waktu untuk dunia nyata dan maya.

    Tuhan Yesus memberkati ka Febrian. Terus jadi berkat buat banyak orang :)

    BalasHapus
  5. Inspiratif! :)
    Selalu senang baca blog ini; bicaranya ringkas dan 'nyampe'.
    Sukses, Kak Feb!

    BalasHapus
  6. Two thumbs up bro! Dulu gw jg pas lagi job training di komodo, ga ada sinyal hampir 1 bulan. Hampir ngelamun dan ngomong sendiri di Loh Buaya, Rinca tiap sore. Dan sewaktu gw plg ke kota, gw lbh bs bersyukur atas apa yg udh gw punya. Ga banyak ngeluh dan bener bgt jadi nge re-charge segala hal dlm diri. Keep writing

    BalasHapus