Rabu, 09 Januari 2019

India jorok? Apa iya?

Namaste, Selamat taun baru 2019. Gimana awal taun ini? Semoga sehat dan bahagia, kan baru abis liburan akhir taun. Udah lumayan lama gue ga nulis blog ya, mungkin ada ratusan purnama lamanya? Wow lebay anda Febrian. Haha. Ngomong2 liburan akhir taun kemaren, gue sempet ke beberapa tempat, salah satunya adalah India. Nah gue mau share pengalaman di India kemaren ini. Udah pasti pada tau kan kalo ini bukan pertama kali gue ke India, jadi kali ini gue cuma akan bahas mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum lo liburan ke India. 

The beautiful Taj Mahal 

Bener gak sih India itu jorok banget?
Ada benernya ada enggaknya, bisa dibilang ya tergantung dimananya. Contoh deh Jakarta, kan kalo kita ke tempat yang jorok, ya jorok, kalo ke mall ya bersih2 aja yakan. Cuma kan ya kalo ke India mau cobain kearifan lokalnya yakan? Jadi ya jorok mah relatif, tapi kalo dateng pas bulan2 Desember mah enak lah, dingin kalo daerah Agra - Delhi - Jaipur (Rute yang gue datengin kemaren) sekitaran 7°C - 21°C lah ya jadi masih aman ga usah pake heat tech yah. 

Jorok atau gak sih relatif, yang penting happy aja.

Kalo solo traveling ke India tuh aman gak sih?
Saran gue sih jangan sendiri, mending ajak temen well at least kalo kenapa2 (amit2 sih) ada temennya yang sepenanggungan, kan sedih ya kalo lagi seneng tapi ga ada temen berbagi tawa *menatap nanar* lalu masalah security, kalo perempuan (bukan gue ga support gender equality) lebih rawan karena biasanya cowok2 India yang terlihat di TV cuma bisanya joged2 di pohon doang, ya lumayan suka cunihin kalo kata orang sunda mah, kalo ga ngerti, DM gue di instagram yah. Haha. Intinya ya kalo lebih enak opentrip kaya gue kemaren itu lho (promosi dikit, nyesel deh yang ga ikutan, lol. Makanya next time kalo gue buka opentrip ikutan ya!) Kenapa opentrip lebih disaranin? Soalnya security aman terjaga (ada guide lokal) semua udah diaturin, makan, nginep, transportasi, tiket masuk ke tempat wisata, aman deh, oh iya dokumentasi juga ciamik (apalagi kalo ada gue dan Ayub, haha). Jadi ya disaranin jangan sendiri.

Opentrip ke India bareng gue kemaren. Kalo mau kepo foto mereka cek aja hashtag #indiakan di instagram.

Apakah bener ke India bebas visa?
Salah, ke India kita (pemegang paspor Indonesia) harus tetep bikin visa online. Nih link resminya klik disini. Siapin aja scan-an dan paspor. Jadi ke India ga bebas visa, tapi biaya e-visanya gratis, begitu yah. 
Bayar visa India gratis, gue juga gratis, mau gak?
Apa aja sih yang harus didatengin di India?
Sama kaya tempat lain, biasanya ada destinasi populer yang ikonik banget, misalnya Indonesia dengan Borobudur dan Bali. Kalo ke India, saran gue sih coba kalo pertama datengin New Delhi - Agra - Jaipur. Ya 5 hari 4 malem cukup lah. Kalo mau nambah ya coba ke Varanasi dan Jaisalmer, kalo transportasi umum sih kaya kereta atau bus, gue jarang coba, karena gue berapa kali ke India itu ga pernah sendiri, jadi ya ada yang sewa bus / mobil atau naek pesawat domestik. Harganya masih reasonable banget kok, cuma ya repot aja kalo mau naek kendaraan umum kaya bus atau kereta, jadi ya gue pilih pesawat kalo jauh mah kaya ke Varanasi misalnya. Gue pengen banget ke daerah pegunungan es nya, Manali atau Leh, semoga next time bisa kesana, amin. Ikut yuk!

Sunset di Jaipur yang menghipnotis!

Amber fort experience ini seru banget, mirip mobil Mr. Bean ya! :p

Gal taji, Jaipur.

Taj Mahal
Agra fort

Makanan India se-nggak enak itu?
Well kembali lagi ke masalah selera, gue pribadi ga ada masalah sebenernya dengan makanan apapun, tapi karena menurut gue makanan India itu rempahnya kenceng banget rasanya, jadi ya kalo suruh makan curry tiap hari, gue lambai tangan ke kamera deh, ga kuat. Haha. Kalo sesekali ya gapapa. Kalo masalah jorok atau gak makanannya, ya pilih tempat aja, kalo kita makan pecel lele pinggir jalan yang minyaknya udah dipake 2 juta kali ngegoreng lele, ya gitu lah kira-kira. Jadi ya pinter-pinter milih tempat makan, mending agak mahal sedikit tapi bersih daripada mau murah malah masuk rumah sakit kan? Haha.
Ini sih enak, tapi kalo tiap hari dikasih makan ini, aku nyerah.
Kenapa sih lo bolak balik terus ke India?
I have a hate and love relationship with this country. Kaya pacaran yah, padahal pacaran aja udah lama enggak, ya terakhir setaun lalu lah. Hmm. Eh 2 taun lalu apa yah? Lupa juga. Kayanya gue tuh cape aja kalo diselingkuhin, dengan alesan gue pergi mulu. Ya padahal kan yang penting komunikasi yakan. Eh maap jadi curhat, mamah dedeh kali ah. Gue tuh suka banget sama detail di bangunan yang ada di India, orang-orangnya yang “beda”, ke “gandeng” an-nya yang pabalieut tapi alus tea geuning, tapi ya balik lagi, gue kalo kelamaan di India juga penat, karena ga suka curry, itu aja sih. Bau cucunguk, haha. Itu mah perasaan gue doang sih, sebenernya ada yang enak juga da, kadang-kadang. Jadi kalo ke India, bawa mie, rendang, sambel, trust me it will help you to survive! haha. 
Siapa mau ikut opentrip ke India lagi? Tulis di kolom komentar ya!
Pengalaman opentrip kemaren tuh seru banget ketemu temen2 baru, ketawa2, foto2, rame lah pokoknya mah. Semoga bisa balik lagi ke India sama orang2 baru yah. Walaupun gue udah bolak-balik ke India berkali-kali, dan ke tempat yang sama, tapi gue ga pernah ngerasa bosen sama sekali, karena prinsip gue sih, meskipun destinasinya sama, pengalamannya pasti beda. Pasti ada cerita baru di setiap perjalanan walaupun tempat yang didatengin itu sama. Menurut gue if you’ve been to India, you can survive any countries in the world. (Duileuh sok inggris, nanti dikomen lagi ama guru bahasa inggris online yang ada dimana-mana, lol). Udah ya, sampe jumpa di tulisan berikutnya! 

Kacamata Rayban ini beli di Optik Seis

Selamat jalan-jalan, semoga kita berpapasan!

Cheers, 


Febrian

18 komentar:

  1. Iya nih, apapun cerita org, tp aku penasaran to the max sm India, da pngn ikutan open trip demi aman dan nyaman. Tp kalo bs info open trip jauh2 bulan (gak sekedar jauh2 hari) dong kak, jd bs atur jdwl cuti dan nabung. Makasih kak..:)

    BalasHapus
  2. Nabung nabung nabunggggg Buat kesana

    BalasHapus
  3. Temen yang pernah ke India bilang kalau temen ceweknya dipegang2 sama cowok lokal selama si bus. Di beberapa forum travel internasional juga banyak traveler cewek yg dpt pengalaman horrible dg cowok2 India, kayak digedor2 pintu kamar hotelnya saat tengah malam eventhough dia sekamar ama pacarnya. Atau penjaga hotel dan hostel yg trying to rape her. Dan yg di'serang' bukan bule doang tp orang Asia juga. Jd cewek2 memang kudu ekstra hati2 dan bawa rombongan/ pasangan kl mo travel ke India.

    Thanks buat artikelnya, saya jd pingin ke India meski serem jg.

    theislandgirladventures.wordpress.com

    BalasHapus
  4. Artikelnya bagus banget,enak bacanya jadi pengen ke India,semoga klu ada open trip ke India bisa ikutan hehe.

    BalasHapus
  5. Pengennnnn.. kapan buka open trip kesana lagi a?

    BalasHapus
  6. Mau ikutan kalo ada open trip ke Leh-Ladakh Kak

    BalasHapus
  7. oke gw bakal nabung buat ikut open trip, entah kenapa dari sekian negara yang banyak yang bagus gw tertarik buat traveling ke india, kalo ke korea gw berani solo traveling, kalo ke India gw nyerah deh. Kira2 taun ini open trip ga ?

    BalasHapus
  8. Yesss!! Sepertinya saya bakalan nabung deh buat ikutan open trip yaa kak.

    BalasHapus
  9. wahh seru juga perjalanannya mas broo
    asekk nih, kumpulin modal dulu buat makan di India. haha

    BalasHapus
  10. Gila sih kalau dipikir. Taj Mahal bisa berdiri segagah itu di antara lingkungan yang kata orang “menyebalkan”. Semoga bisa kesini deh🔥

    BalasHapus
  11. Oh jadi biaya bikin visanya gratis. jadi pengen banget ke sana haha. duh apakah mesti akhir taun ini

    BalasHapus
  12. keren, cara dapat endorsed gimana ya caranya?

    BalasHapus
  13. Hi Feb, can you share the hotel recommendation?

    Thank you :)

    Regards,
    Yessica

    BalasHapus
  14. Hii Feb, salam kenal.. Udah lama jg ni pengen trip ke INDIA, terutama Ladakh.. Semoga bs ikut opentrip bareng yap ✨❤️

    BalasHapus
  15. ARTIKELNYA SANGAT BAGUS DAN DAN SANGAT BERMANFAAT.....

    AYO GABUNG DI POKER899X.CO !
    AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA DAN TERBAIK
    BANYAK BONUSNYA :
    Bonus NE MEMBER 10.000 - 20.000
    BONUS REFERRAL 10%
    BONUS MINGGUAN 0.3 - 0.5 %
    BONUS NEXT DEPOSIT 5%
    BONUS BULANAN
    TUNGGU APA LAGI ? BURUAN BERGABUNG DI POKER899.VIP , AGEN JUDI POKER TERPERCAYA DAN AGEN RESMI POKER IDN , SIAP MELAYANI ANDA PECINTA POKER !
    DAN KAMI JUGA MENERIMA PEMBAYARAN VIA PULSA, OVO, DAN GO-PAY

    JANGAN TUNGGU LAGI LANGSUNG DAFTAR DAN BUKTIAN ..!!

    POKER899X.CO !! RAIH KEMENANGANMU SEKARANG JUGA !!
    UNTUK INFO DAN PENDAFTARAN :
    LIVE CHAT : http://POKER899X.CO
    WHATSAPP : +855884660017
    LINE : POKER899


    BONUS NEW MEMBER TERBESAR
    AGEN POKER TERBAIK
    POKER ONLINE UANG ASLI
    AGEN IDN POKER ONLINE TERPERCAYA INDONESIA
    POKER ONLINE
    POKER ONLINE INDONESIA
    POKER ONLINE TERPERCAYA
    AGEN POKER DOMINO TERPERCAYA

    BalasHapus
  16. Baru nemu blogs ini, pengen ke india ngajak in temen2 tp ga ada yang mao, ginilah gitulah.. pelisssss klo bikin opentrip ke india, aku bisa liat infonya dimana ? pengen banget ikut

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama ni kak, lg cari-cari info juga mau kesana huhu

      Hapus
  17. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    BalasHapus